Search
  • Linkz

Ikuti Cara Ini untuk Mengelola Stok Barang Anda Secara Efektif

Updated: Jul 9


Bagi pengusaha, stok barang adalah uang. Jika stok barang bergerak dengan lambat, maka arus kas dan keuangan perusahaan akan terganggu. Terutama jika faktor eksternal seperti banjir, politik daerah, bahkan pandemi seperti virus corona – akan berpengaruh kepada penjualan.


Persediaan stok langsung berkaitan dengan penjualan, maka pengelolaan stok sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Saat stok persediaan barang di gudang tidak sesuai dengan penjualan, maka akan berdampak pada kerugian, bisa dikarenakan kegagalan dan menjual ataupun persediaan yang tersedia di gudang terlalu banyak.


Berikut adalah cara yang harus Anda terapkan dalam bisnis Anda agar pengelolaan stok Anda efektif:


1. Persiapkan data seakurat mungkin


Jika Anda mencatat semua barang yang masuk dan yang keluar dengan rapi, maka Anda sudah menghemat 50% waktu Anda untuk menentukan target pemasaran dan ramalan penjualan pada periode berikutnya.


Namun, bukan hanya pencatatan saja. Anda harus melakukan stok opname secara berkala. Pentingnya stok opname agar Anda bisa selalu memantau kuantitas dan kualitas barang Anda. Jika kondisi barang Anda dapat mempengaruhi harga, stok opname juga dapat digunakan sebagai waktu untuk melakukan quality control (QC) agar masih tetap layak dijual;


2. Kelola dan organisir stok produk Anda



Pisahkan stok baru dan stok lama, saat melakukan pencatatan dan pengecekan stok barang. Jika memungkinkan, sediakan satu tempat khusus untuk stok baru agar menghindari tercampurnya stok barang yang baru dan yang lama.


Setelah itu, lakukan pengecekan stok barang. Dengan mengecek barang yang masuk, anda bisa mengetahui kecacatan, mis-produksi, sebelum memutuskan untuk menyimpannya di gudang. Setelah pengecekan barang Anda juga bisa memberikan kode agar Anda bisa gampang mengetahui stok barang meskipun ditumpuk.


3. Gunakan teknologi informasi agar tetap update



Setelah mengorganisir dan melakukan pengecekan, simpan data inventaris Anda dalam aplikasi yang selalu bisa diakses secara real-time. Pilihlah aplikasi berbasis cloud, agar data Anda selalu aman. Menggunakan aplikasi manajemen inventaris berbasis cloud akan memungkinkan Anda untuk mengecek pergerakan stok dan membuat keputusan bisnis tanpa harus ke kantor ataupun gudang.


[Baca juga: 5 Alasan Bisnis Anda Perlu Beralih ke Cloud: Server Tradisional Tidak Lagi Menjanjikan]


Ketiga cara diatas dapat Anda terapkan untuk mengelola stok barang secara efektif. Pastikan juga Anda telah menggunakan aplikasi manajemen inventaris berbasis cloud yang sesuai dengan bisnis Anda. Memiliki sebuat sistem IT yang memadai akan menjadi aset terbaik Anda untuk mengelola stok barang agar mendapatkan keuntungan secara maksimal. Linkz adalah sebuah aplikasi mobile yang berbasis cloud yang dapat membantu Anda mengelola stok barang.


Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Fitur-fitur lainnya, bisa Anda akses disini.



6 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies