• Linkz

Manfaat fitur 'Keuangan' Linkz Bagi Bisnis Anda

Updated: Feb 24



Selain penjualan, pembukuan ataupun akuntansi merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis. Akuntansi umumnya berarti pencatatan, pengelompokkan, dan pengelolaan transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Hal ini berguna supaya pebisnis dapat melihat keuntungan dan kerugian bisnis dan dapat mengambil keputusan selanjutnya.


Pentingnya Pencatatan Keuangan yang Efisien Bagi Bisnis

Sebelum era digital, pebisnis biasanya mencatat keuangan secara manual, yaitu melalui buku. Hal ini masih saja ditemui dibeberapa toko konvensional. Kelemahan dari metode ini adalah : salah mengolah data, data hilang maupun rusak, hingga perbedaan data. Namun zaman terus berkembang, dan akhirnya ditemukan cara untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Memiliki sistem pencatatan keuangan yang efisien akan memberikan dampak besar bagi bisnis Anda. Mari simak fitur keuangan dari Linkz ini :


1. Laporan Transaksi


Tentu saja, mengetahui jumlah transaksi perbulan sangatlah penting bagi bisnis Anda. Dalam aplikasi Linkz, selain dapat melihat :


a. Transaksi untuk dibayar

Ini dapat berfungsi jika Anda memesan produk dari supplier Anda. Disini akan terdapat transaksi untuk dibayar dan dapat disaring mulai dari : bayaran terawal, bayaran terbaru, penjual (A-Z), penjual (Z-A).


b. Transaksi untuk diterima

Ini dapat berfungsi jika pelanggan Anda memesan produk Anda. Disini akan terdapat transaksi untuk diterimadan dapat disaring mulai dari : bayaran terawal, bayaran terbaru, penjual (A-Z), penjual (Z-A).


c. Faktur

Faktur ini berisi rincian dokumen transaksi penjualan dan pengiriman, seperti daftar barang, harga barang, dan laporan lainnya yang termasuk dalam catatan penjualan. Faktur ini dapat disaring berdasarkan tanggal.


d. Laporan

Yang terakhir, adalah laporan keuangan. Disini terdapat 3 ringkasan yaitu : ringkasan dibayar, ringkasan diterima, dan komisi penjualan. Laporan tersebut dapat dilihat berdasarkan tanggal pembuatan pesanan hingga hari ini. Anda juga dapat mengatur tanggal sesuai dengan kebutuhan sehingga laporan yang diterima real time.



2. Terintegerasi dengan Dashboard


Pada dashboard (Beranda), Anda dapat melihat ringkasan keuangan yang sudah terintegerasi otomatis dari penjualan Anda. Anda juga dapat melihat laporan piutang dagang, yaitu status produk yang sudah dibayar dan yang belum dibayar hingga nilai harga pesanan yang telah dibuat pelanggan Anda. Untuk bagian ini, Anda tidak perlu mengotak-ngatiknya, karena laporan sudah akan otomatis muncul di dashboard Anda.



3. Mengelola Syarat Pembayaran dan Daftar Bank


Pelanggan Anda pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, salah satunya pada syarat pembayaran. Melalui Linkz, Anda dapat menambah syarat pembayaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Seperti : via cash, prepaid, maupun layanan keuangan digital lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan opsi bank yang digunakan pelanggan Anda, seperti : Mandiri, BCA, BRI, dan lainnya. Namun kabar baik, Linkz akan segera meluncurkan fitur pembayaran yang lebih mudah.



Tujuan dari bisnis yang baik adalah untuk menghasilkan keuntungan. Namun jika Anda belum memiliki sistem untuk mencatat penjualan dan mengelola keuangan Anda, ini tentu akan menjadi penghalang bagi kesuksesan bisnis. Melalui sistem keuangan yang sudah terintegerasi dengan pesanan produk, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengelola bisnis Anda. Tentunya, semua dapat dililhat kapan saja, tidak akan hilang maupun rusak, dan sudah terekam secara real time.



4 views0 comments