fbpx

Hilangkan Dead Stock: Solusi Stok yang Susah Terjual Perlu Anda Ketahui!

Hilangkan Dead Stock

Makna dead stock (stok yang tidak terjual) mungkin dapat berbeda-beda di setiap lini bisnis. Sebelum membaca lebih lanjut, definisikan terlebih dahulu produk mana yang tergolong sebagai dead stock di bisnis Anda. Apakah barang tersebut tergolong dead stock apabila tidak terjual 3 bulan? Atau 5 tahun?

Hilangkan Dead Stock: Solusi Stok yang Susah Terjual Perlu Anda Ketahui!

 

Apa itu Dead Stock & Slow Moving Inventory?

Dead stock adalah inventaris atau barang yang tidak lagi dapat dijual atau sering disebut stok mati. Slow moving inventory adalah barang yang dijual dalam jangka waktu yang lama. Lama disini relatif, tergantung dengan jenis produk yang Anda jual.

Dengan bisnis yang tidak menggunakan aplikasi manajemen inventaris, produk yang pergerakan penjualannya relatif lama dapat terlupakan dan menjadi tidak berguna – singkatnya, Anda akan merugi.

Jika Anda belum tahu mengenai aplikasi stok gudang dan kebingungan harus menggunakan aplikasi manajemen inventaris yang mana, lihat rekomendasi aplikasi stok barang di Android yang patut dicoba.

Jika Anda sudah mengidentifikasi barang yang tergolong slow-moving, Anda harus tau resiko yang dapat terjadi jika tidak segera menjual barang tersebut. Biaya penyimpanan barang di gudang bisa naik karena barang tidak terjual dan bisa juga berdampak pada kesehatan arus kas bisnis Anda.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kehabisan Stok Barang dan Solusinya

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan sekarang juga untuk menghilangkan dead stock:

Hilangkan Dead Stock

1. Gencarkan promosi untuk barang tersebut

Teknik marketing yang cukup membantu dalam mempercepat penjualan adalah memberikan diskon yang cukup menarik untuk pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjual barang dengan harga impas ataupun berikan diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak.

2. Bundling dead stock dengan barang yang top-selling

Cara lain untuk mempercepat penjualan barang dead stock adalah dengan melakukan bundling. Paketkan barang yang slow-moving dengan fast moving agar Anda bisa segera mendapatkan uang dari hasil penjualan.

3. Retur dead stock ke supplier

Opsi ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya sudah disetujui oleh supplier Anda. Jika belum, coba negosiasikan ketentuan retur produk yang tidak terjual, atau meminta potongan diskon apabila barang tidak terjual dalam waktu yang ditentukan (unreturnable).

Anda juga bisa menegosiasikan ketentuan perpanjangan jangka waktu pembayaran kredit jika barang Anda tidak terjual.

Untuk membantu mempercepat penjualan barang dead stock dan slow-moving inventory, Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengelola stok barang dengan efektif.

Setelah mengetahui cara menghabiskan dead stock, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa tips dan tricks ini untuk mencegah selalu terjadinya dead stock pada bisnis Anda untuk kedepannya. Simak tips dan tricks berikut:

  • Jangan asal beli – baca data untuk tren dan perilaku pasar agar dapat mencegah terjadinya oversupply.
  • Ingat untuk selalu menegosiasikan klausul retur jika memungkinkan. Anda juga bisa meminta support dana ataupun diskon jika produk tersebut unreturnable.
  • Paling penting, gunakan aplikasi yang memiliki fitur inventory management. Laporan inventaris dapat memungkinkan Anda untuk menghindari oversupply, membuat keputusan re-stock barang lebih cepat dan tepat, dan melihat sisa barang di gudang secara langung tanpa bertanya kepada pihak gudang.

Dari Zoho, dead stock adalah jenis masalah yang dapat terus berulang sepanjang waktu Anda menjalankan bisnis Anda.

Jika tidak dapat dihapuskan sepenuhnya, hal ini dapat dikurangi menjadi seminimal mungkin.

Daftar LINKZ

Tips Mengatasi Dead Stock

Jika Anda mengikuti taktik pemesanan yang tepat, menggunakan titik pemesanan ulang, EOQ, dan rasio perputaran persediaan, maka Anda dapat mengatasi masalah kelebihan stok barang di gudang atau toko Anda.

Jika kondisi pasar goyah atau produk Anda tidak mendapatkan perhatian sebanyak yang Anda harapkan, cobalah strategi penjualan seperti bundling, penjualan diskon, dan saluran penjualan yang berbeda seperti pasar online.

Terakhir, jika strategi pemesanan dan penjualan Anda berada di jalur yang benar dan Anda masih menyimpan stok mati, maka inilah saatnya untuk menetapkan standar kualitas untuk produk Anda guna mengurangi kemungkinan memiliki barang cacat di inventaris Anda.

5 Aplikasi Stok Barang di Android yang Patut Dicoba

Inventaris Anda adalah uang Anda. Jika tidak dikelola dengan tepat, maka akan berdampak pada arus kas dan kesehatan keuangan bisnis Anda. LINKZ menyediakan solusi tepat bagi Anda yang belum memiliki manajemen inventaris yang efektif dalam bisnis Anda.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Lakukan sekarang juga sebelum terlambat, karena akan ada banyak kerugian jika hal ini tidak ditangani dengan cepat. Mulai kelola gudang atau manajemen inventaris untuk segera menghindari terjadinya dead stock pada bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *