fbpx

5 Aplikasi Pembukuan Untuk Laporan Keuangan Bisnis Anda

Selain penjualan, aplikasi pembukuan keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis.

Pencatatan bisa saja dilakukan secara manual dengan menggunakan buku besar. Namun, apakah itu sangat efektif dan efisien untuk saat ini?

Selain Anda akan mengurangi kesalahan manusia, Anda juga tinggal mengganti kesalahan dengan mudah, tidak perlu memakai tipe-x lagi.

 

Akuntansi umumnya berarti pencatatan, pengelompokkan, dan pengelolaan transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Hal ini berguna supaya pebisnis dapat melihat keuntungan dan kerugian bisnis dan dapat mengambil keputusan selanjutnya.

Laporan keuangan penting karena Anda dapat mengetahui kondisi bisnis Anda dan dapat membuat keputusan yang bijak berdasarkan data tersebut sehingga bisnis Anda dapat menjadi lebih baik.

Arus kas keuangan bisnis yang sehat adalah penggunaan keuangan yang efektif dan efisien. Tanpa adanya laporan keuangan yang baik, Anda akan kesulitan untuk melakukan evaluasi bisnis.

Manfaat Aplikasi Pembukuan Untuk Laporan Keuangan Bisnis Anda

Laporan keuangan dapat membantu Anda memantau pengeluaran, laba dan rugi, hingga perencanaan keuangan.

Aplikasi pembukuan berguna untuk membantu Anda untuk membuat laporan keuangan bisnis Anda, fungsinya adalah untuk mempercepat proses pencatatan transaksi keuangan usaha atau bisnis Anda dengan lebih cepat, akurat, aman dan mudah.

Pembukuan keuangan berkaitan dengan informasi mengenai modal, keuntungan, harta, dan lainnya. Aplikasi pembukuan dibutuhkan agar Anda mengetahui apakah keuangan bisnis Anda sehat atau tidak.

Biasanya, aplikasi pembukuan memuat laporan keuangan, laporan biaya yang dikeluarkan, maupun laporan penjualan dan pembelian atau laba dan rugi.

Namun, perlu diingat bahwa setiap aplikasi menyediakan fitur yang berbeda meskipun tujuan dan manfaatnya sama. Berikut adalah 3 alasan utama mengapa Anda perlu aplikasi akuntansi untuk bisnis Anda:

1. Aplikasi pembukuan memudahkan pembuatan laporan keuangan bisnis

Aplikasi pembukuan dengan berbagai fitur di dalamnya membantu Anda untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda. Sehingga, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah dan lengkap agar Anda dapat membuat keputusan yang terbaik bagi bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi pada bisnis Anda. Bisnis Anda akan menjadi selangkah lebih maju dibandingkan yang tidak atau belum memakai aplikasi pembukuan bisnis.

2. Kondisi keuangan dapat diawasi dengan aplikasi pembukuan

Mengawasi kesehatan arus kas bisnis Anda sangatlah penting agar Anda dapat segera mengetahui apa yang harus dilakukan dan segera mengatasinya. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan, pengawasan kondisi keuangan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. 

3. Data lebih akurat dan minim kesalahan dengan aplikasi pembukuan

Adanya sistem teknologi yang canggih membuat laporan disediakan dengan cermat dan tepat secara otomatis. Menggunakan aplikasi pembukuan dapat meminimalisir kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error.

Kesalahan manusia dapat dibilang menjadi salah satu hal yang fatal. Berbeda satu angka saja dapat menimbulkan kekacauan yang signifikan. 

Contohnya, 100.000.000 ditulis menjadi 10.000.000. Mau rugi ataupun untung, kedua angka ini membuat bisnis menjadi kacau. Contoh lainnya adalah jika orang tersebut lupa untuk memasukkan data transaksi. Fatal sekali bukan?

Jika Anda tidak tahu atau masih bingung bagaimana cara memilih aplikasi pembukuan yang tepat, berikut adalah kriteria yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi pembukuan yang berguna untuk laporan keuangan bisnis Anda. Namun, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bisnis Anda. Jangan sampai aplikasi tersebut memiliki fitur yang kurang lengkap atau justru kelebihan fitur yang bisa membuat Anda pusing.

Misalnya, aplikasi yang Anda inginkan membutuhkan fitur premium agar Anda dapat menggunakannya, dimana Anda harus membayar untuk menggunakan aplikasi tersebut. Apakah Anda mempunyai dana khusus untuk membayar sebuah alat pendukung seperti aplikasi?

2. Kredibilitas dan keamanan aplikasi

Anda harus mencari tahu soal aplikasi yang akan Anda gunakan terlebih dahulu. Apakah aplikasi tersebut memiliki banyak pengguna dengan penilaian yang baik, atau apakah aplikasi tersebut adalah aplikasi penipuan dengan pembocoran data dan sebagainya?

Kondisi keuangan pada suatu bisnis adalah hal yang sangat vital dan sensitif bagi sebuah perusahaan. Data keuangan bersifat sangat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pihak yang berwenang saja. Data ini tidak dapat dilihat oleh sembarang orang, termasuk staf internal perusahaan yang tidak berkepentingan.

3. Aksesibilitas aplikasi

Bicara soal aplikasi, Anda pasti selalu menggenggam handphone Anda. Jawaban untuk akses dimana pun dan kapan pun sudah jelas untuk persoalan ini. Hanya satu pertanyaan untuk ini, yaitu apakah aplikasi tersebut bekerja secara online atau offline? Jika online, yang Anda butuhkan adalah jaringan internet.

Jika aplikasi bekerja secara online, sudah dipastikan data tersimpan dalam cloud. Data Anda tidak akan terhapus meskipun aplikasinya sudah tidak ada di handphone Anda. Jika Anda mengunduhnya kembali, data masih ada sampai terakhir kali Anda mengaturnya. Data akan terhapus jika Anda memilih opsi untuk menghapus akun.

Masalah yang paling umum terjadi pada aksesibilitas adalah satu akun hanya dapat digunakan pada satu perangkat. Apakah setiap orang harus membuat akun baru? Jika ya, apakah laporan dapat diakses tersebut kosong dan harus diisi dari awal?

Kebanyakan aplikasi tidak dapat membuka akses kepada pengguna lain dan juga tidak terintegrasi dengan bisnis yang dijalani. 

Namun dengan LINKZ, fitur pembukuan dan laporan keuangan sudah ada di dalam aplikasi bisnis all-in-one ini sudah terintegrasi dengan pihak lainnya seperti pihak gudang.

Adanya integrasi bisnis pada sebuah aplikasi sangat membantu dan memudahkan Anda untuk menjalankan dan menumbuhkan bisnis Anda dengan lebih baik.

Lalu, apa bedanya aplikasi pembukuan excel dengan aplikasi pembukuan bisnis?

Aplikasi pembukuan excel dikhususkan untuk pembukuan keuangan saja, namun aplikasi pembukuan bisnis diperuntukkan bagi perusahaan yang menjalankan bisnis dan laporan yang tersedia sudah terintegrasi dan relevan dengan apa yang dibutuhkan.

Berikut adalah keuntungan aplikasi pembukuan bisnis dibandingkan aplikasi pembukuan biasa:

  • Transaksi keuangan tersusun berdasarkan kebutuhan bisnis
  • Mudah membuat perubahan dan penambahan laporan karena otomatis
  • Laporan dapat diekspor dengan rapi dan mudah

Mengapa perlu menggunakan sebuah aplikasi? Karena sekarang semua bisnis menggunakan bantuan teknologi agar bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah, cepat, dan lancar.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Ternyata, mengatur keuangan Anda sangatlah penting bagi bisnis Anda, bukan? Maka itu, yuk simak 7 aplikasi pembukuan untuk membantu laporan keuangan bisnis Anda!

1. LINKZ – Fitur Keuangan Bisnis

LINKZ adalah aplikasi bisnis lengkap terintegrasi yang dapat membantu bisnis Anda agar lebih cepat dan mudah. Berikut adalah manfaat fitur keuangan LINKZ bagi bisnis Anda:

a. Laporan Transaksi

Tentu saja, mengetahui jumlah transaksi per bulan sangatlah penting bagi bisnis Anda. Maka itu, laporan otomatis online secara real-time dibutuhkan untuk memaksimalkan bisnis online. Dalam aplikasi LINKZ, Anda bisa melihat:

– Transaksi untuk dibayar

Ini dapat berfungsi jika Anda memesan produk dari supplier Anda. Disini akan terdapat transaksi untuk dibayar dan dapat disaring mulai dari: bayaran terawal, bayaran terbaru, penjual (A-Z), penjual (Z-A).

– Transaksi untuk diterima

Ini dapat berfungsi jika pelanggan Anda memesan produk Anda. Disini akan terdapat transaksi untuk diterimadan dapat disaring mulai dari: bayaran terawal, bayaran terbaru, penjual (A-Z), penjual (Z-A).

– Faktur

Faktur ini berisi rincian dokumen transaksi penjualan dan pengiriman, seperti daftar barang, harga barang, dan laporan lainnya yang termasuk dalam catatan penjualan. Faktur ini dapat disaring berdasarkan tanggal.

– Laporan

Pada bagian laporan terdapat 3 ringkasan yaitu: ringkasan dibayar, ringkasan diterima, dan komisi penjualan. Laporan tersebut dapat dilihat berdasarkan tanggal pembuatan pesanan hingga hari ini. Anda juga dapat mengatur tanggal sesuai dengan kebutuhan sehingga laporan yang diterima real time.

b. Keuangan Terintegrasi dengan Dashboard

Pada dashboard (beranda), Anda dapat melihat ringkasan keuangan yang sudah terintegerasi otomatis dari penjualan Anda.

Anda juga dapat melihat laporan piutang dagang, yaitu status produk yang sudah dibayar dan yang belum dibayar hingga nilai harga pesanan yang telah dibuat pelanggan Anda.

Untuk bagian ini, Anda tidak perlu mengotak-ngatiknya, karena laporan sudah akan otomatis muncul di dashboard Anda.

c. Mengelola Syarat Pembayaran dalam Keuangan

Pelanggan Anda pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, salah satunya pada syarat pembayaran.

Melalui LINKZ, Anda dapat menambah syarat pembayaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan seperti via cash, prepaid, maupun layanan keuangan digital lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan opsi bank yang digunakan pelanggan Anda, seperti Mandiri, BCA, BRI, dan lainnya.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Anda bisa download di Android.

2. BukuKas

BukuKas adalah aplikasi keuangan usaha gratis yang telah digunakan lebih dari 5 juta pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang memudahkan pencatatan transaksi keuangan usaha sehari-hari.

BukuKas membantu pengusaha untuk memonitor dan mengatur arus kas. Dalam satu aplikasi, komplit untuk berbagai macam keperluan transaksi. Mulai dari catat penjualan/pengeluaran, kelola stok barang, terima dan kirim uang gratis biaya antar bank, sampai download laporan keuangan otomatis.

Dengan mempunyai catatan keuangan harian digital dan aplikasi keuangan bisnis di smartphone, Anda bisa kelola catatan keuangan harian, akuntansi, penjualan, pengeluaran, kasbon, catatan hutang piutang, dan keuntungan bisnis Anda.

Anda juga bisa jadi pengatur catatan keuangan usaha yang lebih baik agar keuntungan semakin meningkat dan bebas kredit macet. Semua catatan keuangan harian dan hutang piutang usaha akan dihitung otomatis. BukuKas sempat menggunakan artis Ruben Onsu.

Anda bisa download di Android dan AppStore.

3. BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi gratis yang memudahkan pebisnis mulai dari utang piutang, kelola stok barang, pembukuan usaha. Dibuat untuk pemilik bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

BukuWarung menyediakan pembukuan dan memfasilitasi pembayaran, layanan keuangan, dan perdagangan. Aplikasi keuangan ini lengkap untuk pengembangan bisnis, pencatatan keuangan, dan pembayaran digital. 

Anda bisa melakukan aktivitas akuntansi keuangan, seperti mencatat pembelian, pengeluaran, hutang dan piutang, stok produk, bahkan kasir online dari smartphone Anda. Catatan keuangan Anda menjadi lebih rapi, dan Anda dapat langsung memantau keuntungan penjualan Anda.

Anda bisa download di Android.

4. Jurnal oleh Mekari

Pembukuan perusahaan di akhir bulan tidak lagi repot dengan bantuan aplikasi pembukuan usaha online Jurnal. Catatan transaksi semua otomatis terintegrasi ke laporan keuangan, lengkap dengan data neraca, laba rugi dan arus kas.

Jurnal membantu pebisnis untuk mengelola keuangan secara lebih efektif, lebih optimal, dan juga lebih efisien.

Anda dapat melacak, membandingkan dan menganalisa pembukuan usaha Anda yang tercatat dengan rapi lewat program pembukuan otomatis dan teliti, sehingga mengurangi kesalahan dalam penyimpanan semua data laporan agar lebih akurat dan terpercaya.

Anda bisa download di Android dan AppStore.

5. Teman Bisnis

Aplikasi Teman Bisnis benar-benar menjadi teman bisnis Anda, tak perlu khawatir jika Anda awam soal keuangan atau akuntansi.

Aplikasi ini dapat membantu pembuatan catatan dan laporan keuangan usaha yang cocok untuk pebisnis pemula meskipun tanpa memiliki pemahaman tentang akuntansi. Laporan keuangan disediakan dalam bentuk jurnal laba rugi dan arus kas tanpa harus mempekerjakan seorang akuntan.

Teman bisnis dirancang khusus bagi pengusaha UKM Indonesia untuk mencatat transaksi hingga mengevaluasi dan memiliki laporan keuangan hanya dalam hitungan menit.

Anda bisa download di Android.

Itulah daftar 5 aplikasi untuk laporan keuangan bisnis Anda yang direkomendasikan oleh LINKZ. Baca juga 5 aplikasi stok barang dan 7 tipe aplikasi penghasil uang untuk bisnis jangka panjang yang direkomendasikan oleh LINKZ.

5 Aplikasi Stok Barang di Android yang Patut Dicoba

7 Tipe Aplikasi Penghasil Uang Untuk Bisnis Jangka Panjang

Sebelum memutuskan, tentukan mana yang paling sesuai kebutuhan bisnis Anda ya! Terapkan sekarang dan semoga berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *