fbpx

5 Rahasia Sukses Jalani Bisnis Online Rumahan

Menjalankan bisnis online rumahan bisa menambah pendapatan paling tidak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, menjalankan usaha online rumahan adalah hal yang sedang populer dan peluang bisnisnya akan terus berkembang. Selain mencari pendapatan, usaha online dilakukan sebagai antisipasi agar finansial dapat tetap stabil dan terjaga.

Dilansir dari The Asian Parent, sejumlah orang bermimpi ingin punya bisnis sendiri, termasuk membangun usaha rumahan online.

5 Rahasia Sukses Jalani Bisnis Online Rumahan

Bisnis online dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, mahasiswa/i, bahkan orang yang sudah bekerja. Jika ada kesempatan dan peluang untuk menambah penghasilan, kenapa tidak? Terutama di zaman yang erat dengan dunia teknologi dan digital.

Bagi pemula, Anda harus mengetahui keuntungan menjalankan bisnis online dan bagaimana cara untuk memulainya.

Namun yang paling penting adalah manajemen keuangan.

Pada berbagai bisnis, baik yang dilakukan secara online maupun offline tentu memerlukan manajemen keuangan yang tepat. Buatlah rencana anggaran yang baik saat memulai bisnis online, termasuk yang digunakan untuk modal awal dan perkiraan biaya operasional.

Perencanaan anggaran ini berfungsi untuk mengetahui jumlah nominal modal yang harus disiapkan. Anggaran ini juga digunakan sebagai acuan perhitungan selanjutnya yang menyangkut pengeluaran dan jumlah keuntungan yang akan diperoleh.

Segala transaksi yang ada harus dilakukan pencatatan dengan tepat sehingga Anda bisa mengetahui keadaan bisnis secara detail, apakah mengalami rugi atau untung.

Salah satu hal penting dalam manajemen keuangan adalah membuat laporan keuangan. Kini Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software atau aplikasi.

Daftar LINKZ

Keuntungan bisnis online rumahan

Keuntungan bisnis online rumahan

Ternyata, menjalankan usaha online di rumah dapat sangat menguntungkan loh! Tidak hanya dari segi cuan atau hasilnya, namun juga prosesnya seperti:

  • Modal yang dibutuhkan tidak banyak
  • Bebas menentukan jam kerja (fleksibel)
  • Hemat ongkos kendaraan, biaya sewa, dan biaya lainnya
  • Mudah mengontrol usaha yang dijalankan
  • Membuka dan memperluas lapangan kerja

Masih banyak keuntungan bisnis online rumahan lainnya yang tentunya akan terus berkembang seiring berkembangnya zaman.

Ternyata, menjalankan bisnis online tidak hanya baik untuk Anda, namun juga memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bertumbuh!

5 Rahasia Sukses Jalani Bisnis Online Rumahan

Untuk memulai sesuatu, diperlukan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Bersungguh-sungguh dalam bertindak akan membuahkan hasil yang berkali lipat. Terkadang, menjalankan bisnis online diremehkan.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu bisnis online apa yang ingin Anda jalankan, cari tahu ide-ide usaha apa yang sedang populer dan diminati oleh masyarakat. Usaha yang cemerlang dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

Jika dijalankan dengan benar, bisnis online dapat menjadi sumber pendapatan yang besar. Namun, hal ini tentu tidak mudah. Maka itu, berikut adalah tips sukses berbisnis online rumahan:

5 Rahasia Sukses Jalani Bisnis Online Rumahan

1. Jalankan Bisnis Online Rumahan yang Sesuai dengan Minat Anda

Menjalankan kegiatan apapun yang sesuai dengan minat Anda akan membuat Anda terus bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Anda dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik, tenang, dan fokus.

Tentukan produk apa yang ingin Anda jual? Apakah itu produk fisik atau jasa? Setelah itu, Anda dapat mengetahui media yang tepat untuk mempromosikannya.

Aktivitas bisnis meliputi kegiatan jual beli produk atau barang secara online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa ditemukan di internet dalam berbagai bidang industri.

Apapun pilihannya, Anda perlu memiliki Unique Selling Point (USP). USP adalah hal yang penting dalam bisnis agar produk Anda dapat dibedakan dari yang lain, sehingga produk Anda terlihat istimewa.

Dalam bisnis online, terdapat dua jenis barang yang diperdagangkan. Pertama adalah commoditized product, yaitu produk populer dan paling banyak dibeli konsumen.

Mengingat pentingnya barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Kedua adalah niche product, produk yang tersegmen pada konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Namun jangan salah, justru produk inilah yang mulai banyak dilirik pebisnis online.

Contohnya jual beli kamera atau perlengkapan fotografi untuk para fotografer. Ini merupakan kesempatan bagi bisnis online yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda tertarik di dunia anak, mungkin Anda bisa memulai bisnis baju anak.

Dengan menjalankan bisnis sesuai passion, Anda akan lebih memahami produk Anda dan juga konsumen. Sehingga, ketika mereka bertanya, Anda bisa menjawab dan memberikan solusi yang tentunya memuaskan bagi mereka.

Selain memberikan kualitas produk yang baik, Anda juga harus memiliki servis pelanggan yang baik.

2. Maksimalkan Peran Teknologi dan Online

Untuk membantu proses berjalannya bisnis online agar lancar, tentunya Anda membutuhkan bantuan teknologi seperti aplikasi. Dalam menjalankan bisnis, aplikasi stok adalah aplikasi yang populer dan sangat berguna.

Dilansir dari Okezone, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terutama dalam hal pemasaran digital agar bisnis tetap dapat berjalan.

Teknologi internet membuat segalanya terasa lebih praktis dan mudah. Oleh karena itu, bisnis online bisa menjadi pilihan banyak masyarakat (detik.com).

LINKZ merekomendasikan 5 aplikasi stok barang di Android, baca di sini.

Selain itu, penyediaan data dan laporan menjadi lebih rapi dan otomatis, dan tentunya menghasilkan data yang akurat. Hal ini bisa didapat dari LINKZ. Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Di zaman teknologi seperti saat ini menggunakan strategi pemasaran digital sangat memengaruhi bisnis untuk lebih banyak dikenal orang lain. Perkembangan pesat dunia internet termasuk sosial media di dalamnya membuka banyak peluang untuk berbisnis.

Cara memulai bisnis online bisa dipelajari oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan bisnis online adalah tak terikat ruang maupun waktu, sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

LINKZ memberikan tips dan cara meningkatkan penjualan bisnis dengan teknologi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin bersaing di dunia bisnis online!

Baca juga: 5 Alasan Bisnis Anda perlu Beralih ke Sistem Cloud

3. Temukan Permintaan dan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk apa yang sedang diminati pasar? Jumlah permintaan yang tinggi akan menjadi peluang bagi bisnis online rumahan Anda. Media sosial adalah pilihan yang tepat untuk mengetahui tren dan minat pasar apa yang sedang tinggi.

Jika Anda bisa memecahkan masalah yang dialami masyarakat, produk Anda akan dicari-cari bahkan sampai Anda kehabisan stok barang!

Menurut penelitian CBS Insight, 42 persen perusahaan rintisan bangkrut karena gagal mengidentifikasi kebutuhan pasar.

Mengapa demikian? Karena produk yang ditawarkan tidak diminati atau tidak dapat menyelesaikan masalah.

Masalah bukan selalu dalam hal yang negatif seperti barang rusak lalu membeli kembali.

Memilih warna dan motif pakaian juga dapat menjadi masalah, misalnya seorang wanita menyukai warna merah dan ingin membeli baju warna merah agar senada dengan warna lipsticknya yang berwarna merah.

Hal-hal yang tak terpikirkan oleh Anda dapat menjadi masalah. Jika ada pelanggan yang bertanya “Warna ini tidak ada ya? Motif itu tidak ada ya?”, itu dapat menjadi inspirasi buat Anda untuk berinovasi dan membuat produk yang dapat mencapai keinginan masyarakat.

Anda juga perlu untuk melakukan riset. Klik disini untuk membaca mengenai riset.

Melakukan riset tentang bisnis Anda, riset keadaan pasar, dan riset kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan bagaimana persona mereka.

4. Buat brand dan jual produk dengan jelas agar terpercaya

Saat ini, banyak bisnis yang bergerak secara online. Misalnya di daerah Anda ada 100 toko, lalu diantaranya ada 20 toko yang menjual produk di kategori yang sama dengan Anda.

Bagaimana agar Anda dapat memenangkan persaingan dengan 20 toko, 100 toko, ribuan toko dan seluruh toko?

Peran brand sangat membantu reputasi toko dan meningkatkan kualitas produk secara tidak sadar. Ketertarikan dan kepercayaan pembeli adalah hal yang sulit untuk didapat.

Maka itu, brand dan produk harus dipersiapkan dengan matang. Hal itu dapat dibentuk dari branding (logo, nama toko), fotografi produk, desain, maupun penggunaan dan aktivitas media.

5. Bergabung dengan komunitas dan forum

Masyarakat biasanya punya komunitas dan forum yang sesuai dengan kategori produk yang Anda tawarkan.

Contohnya forum ibu rumah tangga yang suka memasak di Facebook, dimana para ibu akan saling berbagi resep masakkan masing-masing agar tidak bosan dengan masakkan sendiri.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui apa yang sedang populer di kalangan target Anda sehingga ini dapat menjadi peluang bagi bisnis Anda untuk mendominasi pasar.

Lalu, Anda dapat menyebarkan informasi produk untuk memecahkan masalah yang dihadapi komunitas atau forum tersebut.

Anda juga dapat melakukan survei untuk menumbuhkan bisnis online rumahan Anda agar terus dapat berinovasi untuk memenuhi permintaan pasar dan membantu menyelesaikan masalah.

Anda juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan yang dapat menjadi pelanggan tetap (loyal dan berlangganan).

Bagi Anda yang menjalani bisnis online rumahan, pastikan kamu menyiapkan mental yang kuat.

Selesaikan masalah dan kesulitan, lewati tantangan yang dihadapi. Dengan begitu, kamu bisa menjadi pebisnis yang konsisten dan tidak mudah patah semangat jika berada di situasi kritis.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *