• Linkz

5 Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda dengan Teknologi

Updated: 5 days ago


Masih belum percaya bahwa teknologi dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan sangat signifikan?


Bahkan jika bisnis Anda hampir tidak ada hubungannya dengan teknologi, melibatkan teknologi sedikit saja dapat menghasilkan keajaiban dalam meningkatkan penjualan Anda.


Menurut survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada 2018 terdapat 171,17 juta jiwa yang menggunakan internet, naik 10.12% dari tahun sebelumnya. 96% darinya pernah menggunakan internet untuk mencari produk/jasa online (Sumber: UKM Indonesia).


Teknologi tidak selalu rumit, pada akhirnya banyak yang bisnisnya terbantu dan dimudahkan dengan teknologi seperti aplikasi.


---

Konten


Peran Media Sosial Untuk Membangun Hubungan Dengan Pelanggan Anda

Peran Pembayaran Elektronik Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Peran Teknologi Dalam Efisiensi Sumber Daya Bisnis

Peran Teknologi Memberikan Eksklusivitas ke Pelanggan

Peran Situs Web (Website) untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda


Peran Teknologi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Lalu, bagaimana teknologi dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda? Berikut adalah beberapa peran penting teknologi agar bisnis Anda dapat bertumbuh.



1. Peran Media Sosial Untuk Membangun Hubungan Dengan Pelanggan Anda


Media sosial adalah kunci untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda secara personal, sehingga mereka dapat menjadi lebih percaya atas informasi yang Anda sebarkan dan meningkatkan nilai interaksi dengan pelanggan Anda.


Dengan teknologi, pemasaran dapat dilakukan dengan komunikasi dua arah. Anda dapat membagikan informasi kapan pun dan dapat langsung menjawab pertanyaan yang masuk.


Berbeda dengan cara lama, dimana kegiatan pemasaran seperti brosur dan televisi merupakan komunikasi satu arah.



2. Peran Pembayaran Elektronik Untuk Meningkatkan Penjualan Anda


Anda mungkin belum memperbarui metode pembayaran Anda yang menggunakan teknologi, atau bahkan menjalankannya hanya dengan uang tunai.


Gaya hidup saat ini dimudahkan oleh peran teknologi, termasuk metode pembayaran yang cepat tanpa repot hanya dengan smartphone kapan pun dan dimana pun.


Beberapa proses manual dapat terlewatkan sehingga lebih menghemat banyak waktu dan dapat lebih fokus mengurusi aspek bisnis yang lebih penting.


Contohnya jika ada transaksi dalam jumlah yang banyak, Anda tidak perlu menghitung uang tunai lembar per lembar. Dengan menggunakan teknologi, kesalahan dapat diminimalisir.


Selain itu, teknologi dapat menyimpan ruang kerja Anda.


Tidak perlu sewa kantor yang besar hanya untuk menaruh ribuan dokumen dengan rapi, teknologi dapat menyimpan semua dokumen Anda dalam satu tempat tanpa takut hilang karena sekarang sudah banyak yang menggunakan sistem cloud.


Mengapa bisnis Anda perlu beralih ke sistem cloud? Karena server tradisional tidak lagi menjanjikan. Maka itu, LINKZ hadir sebagai aplikasi UMKM berbasis cloud yang menganut sistem ERP untuk membantu menaikkan penjualan bisnis terutama masyarakat Indonesia.


Dikutip dari BusinessTech HashMicro, "Keuntungan utama yang diberikan sistem ERP berbasis cloud kepada UKM yakni membantu mereka dalam memenuhi permintaan klien dan menjawab pertanyaan mereka dengan data real-time".


Jika Anda tidak menerapkan pembayaran elektronik, apakah Anda akan menolak pembelian pelanggan Anda yang tidak membawa tunai dan ingin melakukan pembayaran dengan teknologi?



Baca juga: Langkah Mudah untuk Mengelola Laporan Keuangan & Transaksi Bisnis Anda



Sadar atau tidak, bagaimana pun bentuk pembayaran elektronik yang disediakan akan meningkatkan penjualan, baik itu membeli produk secara online, berlangganan (subscription), atau mengisi ulang kartu saldo yang dimilikinya, dan mengaktifkan pembayaran elektronik.


Hal tersebut akan membuat lebih banyak peluang pembelian spontan atau mempercepat keputusan pembelian, menerima pembayaran cepat daripada berurusan dengan sistem penagihan atau faktur.


Peran Teknologi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis 1-2

Dengan aplikasi usaha online LINKZ, Anda dapat melakukan pembayaran elektronik dengan berbagai metode.


Anda juga akan memudahkan pelanggan dalam mengajukan kredit pinjaman yang aman tanpa memberikan resiko, sehingga arus kas bisnis Anda dapat tetap terjaga dan dapat meningkatkan penjualan dan profit Anda tanpa batas.



3. Peran Teknologi Dalam Efisiensi Sumber Daya Bisnis


Melibatkan teknologi ke dalam bisnis memberikan lebih banyak produktivitas, efisiensi, serta menghemat biaya, waktu, dan tenaga.


Hal ini juga sangat membantu untuk meningkatkan efisiensi kerja karyawan sehingga penjualan Anda akan meningkat, namun dibutuhkan trik yang jitu untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda dalam bisnis.


Contohnya, Anda mempunyai 10 karyawan. Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk membayar gaji karyawan? Seberapa luas tempat yang dibutuhkan agar semua karyawan Anda dapat bekerja? Teknologi dapat membantu Anda untuk lebih berhemat.


Karyawan yang dapat menyediakan stok inventaris, informasi produk, dan status pesanan dengan cepat dan mudah tampak lebih berpengetahuan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.


Kinerja dan penjualan sebuah bisnis akan sangat meningkat jika mereka dilengkapi dengan elektronik yang dapat membantu mereka dalam proses berbisnis terutama dalam hal manajemen produk atau inventaris yang akurat.




4. Peran Teknologi Memberikan Eksklusivitas ke Pelanggan


Sistem eksklusivitas berbasis teknologi merupakan salah satu cara untuk membuat pelanggan Anda dapat menjadi pelanggan tetap (loyal customer) bagi bisnis Anda.


Siapa yang tidak senang dengan voucher, kupon, atau kode promo dan diskon?


Pelanggan pasti sangat senang bila segala sesuatu dibuat khusus untuknya karena mereka merasa lebih istimewa, dihargai, dan diperhatikan. Sehingga, mereka ingin kembali lagi dan lagi dan mengakibatkan meningkatnya penjualan bisnis Anda.


Lalu, bagaimana bila Anda bukan dari perusahaan yang besar? Bagaimana bila Anda bukan seseorang yang mudah untuk membuat sistem ini sendiri dari awal?



Baca juga: Pahami Manajemen Penjualan: Pengertian, Proses, & Sumber Daya



Jika Anda menggunakan aplikasi stok LINKZ, Anda dapat mengaktifkan sistem eksklusivitas dengan mudah dan gratis.


Anda dapat memberikan harga yang berbeda, promo yang berbeda, dan notifikasi yang berbeda kepada masing-masing pelanggan Anda sesuai kebutuhan.


Misalnya, Anda memberikan harga telur pada pembeli umum sebesar Rp25.000,- per satu kilogram. Untuk para distributor, Anda memberikan harga sebesar Rp22.000,- per satu kilogram untuk mereka.


Namun ada satu distributor Anda yang sudah bekerja sama selama 10 tahun, Anda memberikan harga sebesar Rp19.000,- untuknya. Hal ini semua dapat dilakukan otomatis dengan aplikasi inventory LINKZ tanpa repot.



Ketahui fitur-fitur pada aplikasi bisnis LINKZ lebih lanjut:


5. Peran Situs Web (Website) untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda


Situs web pada dasarnya adalah kebutuhan untuk membuat bisnis menjadi lebih baik hingga menjadi sukses. Semakin canggih kemajuan teknologi, semakin cerdas dan cermat manusia akan menjadi.


Dilansir dari Berita Satu, salah satu sumber informasi terbesar di Indonesia, membangun keberadaan online melalui website adalah hal yang penting saat ini karena potensi traffic dan transaksi online dalam jumlah besar dapat dijangkau melalui website.


Saat ini, calon pelanggan pasti akan memeriksa keberadaan perusahaan terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan, bisa dilihat dari adanya situs web, memeriksa ulasan, atau melihat ada penawaran khusus.


Berinvestasi di situs web dapat meningkatkan penjualan Anda. Anda harus memastikan situs Anda optimal untuk digunakan di desktop dan smartphone, karena para pelanggan menghabiskan banyak waktu mereka di smartphone mereka.


Selain mendapatkan informasi tentang perusahaan, sekarang masyarakat terutama Indonesia menyukai dan lebih nyaman berbelanja online. Adanya situs web juga menambah kepercayaan dari calon pelanggan.


Peran Teknologi untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis 3-4-5

Sudahkah Anda melibatkan teknologi pada bisnis Anda dan melihat perkembangan bisnis serta meningkatnya penjualan bisnis Anda sebagai hasil dari bantuan teknologi?


Saat ini, banyak teknologi yang menyediakan software atau aplikasi yang gratis dan mudah digunakan, seperti aplikasi usaha gratis, LINKZ.


Jadi, tidak ada ruginya menggunakan teknologi, karena hasilnya akan nyata bagi pertumbuhan bisnis Anda.


Yuk, tingkatkan penjualan bisnis Anda sekarang! Klik disini untuk hubungi kami agar kami dapat membantu bisnis Anda lebih lanjut. Mari kita #saLINKZmembangun untuk perkembangan bisnis Anda supaya lebih baik lagi.



17 views0 comments

Recent Posts

See All