• Linkz

Tips Memulai Bisnis Bahan Bangunan yang Wajib Anda Ketahui!

Updated: Jan 25



Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang. Maka itu, proses pembangunan gedung, perumahan, dan bangunan lainnya akan terus berjalan. Hal ini pun dapat menjadi peluang pebisnis untuk membuka usaha toko bangunan. Namun seperti yang diketahui, memulai usaha bahan bangunan tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mencapai kesuksesan usaha toko bahan bangunan. Yuk intip tips berikut ini :


Persiapkan Modal

Tentu saja, dalam membuka usaha apapun Anda harus mempersiapkan modal. Modal untuk membuka usaha bahan bangunan pun tidak sedikit, bisa mulai dari ratusan juta hingga milyaran tergantung dengan seberapa besar toko yang akan Anda buka. Modal ini pun harus dipersiapkan dengan matang sesuai dengan jumlah produk yang akan dijual, biaya gedung, pajak, hingga hal-hal penting lainnya.



Tentukan Lokasi yang Strategis

Berbeda dengan bisnis yang lain, bahan bangunan harus mempunyai toko fisik serta lokasi toko yang strategis. Toko untuk bahan bangunan disarankan untuk memiliki lahan parkir yang luas guna untuk bongkar muat bahan bangunan hingga sekedar untuk lahan parkir bagi pelanggan. Toko bahan bangunan pun harus luas supaya dapat menyimpan semua produk bahan bangunan dari besi, beton, hingga aksesoris bangunan lainnya. Lokasi yang strategis juga berarti menentukan toko di jalan besar yang mudah untuk diakses warga dan tidak terlalu jauh dari pemukiman.


Tentukan Supplier yang tepat

Setelah menentukan perkiraan modal dan lokasi strategis, Anda harus menentukan supplier yang tepat untuk pasokan produk bahan bangunan Anda. Usaha bahan bangunan memang menguntungkan, namun persaingan di usaha bangunan juga ketat. Hal yang paling penting dalam menentukan supplier adalah supplier yang menyediakan produk berkualitas dan mempunyai reputasi yang baik. Anda juga dapat menemukan supplier yang tepat bagi Anda melalui aplikasi Linkz.


Berikutlah 3 hal penting yang wajib Anda ketahui jika ingin membuka usaha toko bangunan. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan strategi bisnis untuk mempertahankan bisnis Anda.