• Linkz

5 Strategi Bisnis yang Perlu Dilakukan Agar Penjualan Meningkat, Khususnya untuk Pelaku UKM

Updated: Nov 23

Sekarang, persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat. Sebelum meninjau lebih dalam ke tahap perbedaan merek atau produk secara khusus, dimulai terlebih dahulu dari dasarnya, yaitu strategi bisnis dasar yang perlu dilakukan di setiap bisnis.



Lalu, bagaimana cara dasar untuk meningkatkan penjualan? Berikut adalah strategi bisnis yang perlu dilakukan agar penjualan meningkat, khususnya untuk pelaku UKM:



1. Strategi Mengeluarkan Biaya Rendah untuk Kinerja Bisnis yang Maksimal Agar Penjualan Meningkat


Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19, terutama di bidang perekonomian. Pengurangan biaya hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dilakukan untuk dapat bertahan pada bisnisnya.


Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga yang sampai gulung tikar. Untuk pengurangan biaya yang dilakukan, bisa ditinjau kembali dari segi efektifitasnya dan pengaruhnya terhadap bisnis Anda sehingga bisnis dapat tetap berjalan.


LINKZ dapat menjadi jawaban Anda untuk mendapatkan sistem bisnis yang terintegrasi. Dalam satu aplikasi, semua laporan penjualan, pembelian, stok gudang, hingga surat jalan dapat dibuat dan dilacak dengan mudah dan cepat secara akurat.



2. Strategi Menyesuaikan Diri dengan Teknologi Untuk Meningkatkan Penjualan


Dunia ini pasti semakin canggih, teknologi terus dan terus akan berkembang. Seiring waktu, teknologi akan menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia.


Meskipun begitu, sekarang masih banyak pelaku UKM yang belum handal menggunakan teknologi dan mendata secara manual dengan kertas. Para pesaing dapat menggunakan teknologi pada bisnis mereka dengan baik.


Banyak keuntungannya dengan menggunakan teknologi, seperti data yang tersimpan dengan aman menjadi satu rangkap tanpa membutuhkan berkas dimana-mana. Jika ada yang hilang, tidak perlu mencari repot-repot karena sudah tersimpan dengan baik berkat teknologi.


LINKZ dapat menjadi jawaban Anda untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah dan cepat tanpa harus menggunakan kertas lagi. Teknologi akan memberikan hasil data yang lebih akurat dibanding manual.


Gunakan teknologi agar pelaku UKM selangkah lebih maju. Kami yakin bersama Linkz dan penerapan teknologi, pelaku UKM tidak hanya lebih mampu bersaing namun juga mampu berkembang lebih jauh.


Baca juga: Perbandingan E-commerce Solution dengan Software Akuntansi & Enterprise Resource Planning



3. Strategi Mengembangkan Relasi Agar Penjualan Meningkat


Mengikuti acara seperti webinar dan kolaborasi dapat menjadi salah satu cara untuk menjangkau banyak orang tanpa biaya yang tinggi, terutama mengikuti dalam bidang yang relevan.


Selain itu, Anda dapat mengenal kompetitor dan vendor lain, bahkan orang-orang yang kemungkinan akan menjadi pelanggan.


Meskipun dalam bisnis memang bersaing (secara sehat), Anda tetap dapat berteman dengan para pelaku UKM lainnya agar diri dapat berkembang dan mempunyai pikiran yang luas. Namun, kita perlu pintar dalam memilih untuk berelasi.



4. Strategi Tingkatkan Kemampuan Sumber Daya


Pilihlah sumber daya yang kriterianya paling cocok dengan visi dan misi bisnis Anda. Sikap mau terus belajar dan penuh semangat adalah kriteria dasar yang pada umumnya dibutuhkan, namun untuk kandidat yang bisa menggunakan teknologi adalah nilai tambah untuknya.


Jangan ragu untuk membuka lowongan kerja dan menyeleksi para pekerja yang mempunyai kemampuan dan berkompeten untuk memajukan bisnis Anda.




5. Strategi Mengelola Bisnis dengan Baik Agar Penjualan Meningkat


Sebagai pelaku usaha, mengelola proses bisnis yang akurat adalah salah satu elemen penting dalam bisnis. Banyak hal yang perlu dikelola, yaitu data transaksi yang lengkap hingga ketersediaan stok yang akurat.


LINKZ dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis dengan baik, cepat, mudah, akurat, dan tentunya aman karena memiliki sistem payment gateway yang terjamin. Anda dapat mengelola laporan penjualan, pembelian, stok gudang, hingga surat jalan.



Baca juga: Ingin Bisnis Anda Meningkat di Masa Pandemi?



Terima kasih sudah membaca blog ini. Kami berharap strategi-strategi bisnis ini dapat memberi ilmu untuk Anda. Semoga bisnis Anda dapat berkembang dan penjualannya dapat meningkat. Konsultasi bisnis Anda sekarang juga hanya dengan klik disini.

6 views0 comments