fbpx

Jangan Tunda Pengelolaan Inventaris, Terutama Saat Ini!

Salah satu pendorong bisnis untuk menghasilkan profit yang lebih optimal yaitu dengan mempunyai pengelolaan inventaris yang baik.

Oleh karenanya, tugas mengelola inventaris ini tidak boleh ditinggalkan seberapa lelahnya pun Anda mengurus hal lain dalam bisnis.

Cek aplikasi stok barang rekomendasi kami disini.

Jangan Tunda Pengelolaan Inventaris (Terutama Saat Ini)

 

LINKZ menemukan banyak sekali bisnis yang sudah dikelola sejak lama, dipindah-tangankan ke anak cucu, bahkan banyak yang tidak tahu jumlah stok barang di gudang!

Hal ini merupakan red flag dalam bisnis Anda. Jika Anda masih menunda untuk melakukan stok opname, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengurus inventaris Anda.

Adapun berikut alasan utama mengapa Anda tidak boleh menunda pengelolaan inventaris yaitu:

Mengapa Anda Tidak Boleh Menunda Pengelolaan Inventaris

1. Mengurangi Penyusutan Inventaris

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penyusutan inventaris, baik yang disebabkan oleh proses alami ataupun kesalahan manusia.

Penyusutan inventaris adalah perbedaan antara stok yang ada dengan apa yang Anda catat dalam catatan inventaris Anda.

Dengan pengelolaan inventaris yang baik dan terintegrasi, masalah penyusutan ini akan dikelola lebih mudah dan cepat. Anda pun dapat mengantisipasi penyusutan inventaris Anda lebih dini sehingga meminimalisasi kerugian.

2. Membantu Optimalisasi Tata Letak Gudang

Perbedaan dalam produk yang mempunyai volume, berat, bentuk, batas waktu pemakaian, serta perbedaan lainnya mengakibatkan produk-produk tersebut harus diletakkan di tempat yang berbeda sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Untuk itu, perlu adanya pengelolaan inventaris yang baik dan Anda akan lebih mengenal produk Anda secara keseluruhan sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi untuk mengoptimalkan tata letak gudang.

3. Mengukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Poin ini adalah yang paling penting untuk dikelola karena mencerminkan seberapa sering stok barang Anda dijual dan diganti dalam periode waktu tertentu.

Cara menghitungnya adalah dengan membagi penjualan bersih dengan stok rata-rata Anda.

Angka yang dihasilkan membantu Anda mengukur seberapa cepat Anda menjual stok produk.

Kemudian bandingkan rata-rata yang Anda dapatkan dengan rata-rata industri pada umumnya.

Data yang didapatkan dapat dijadikan bahan evaluasi, apa yang harus dipertahankan, diperbaiki atau bahkan diubah.

Dengan pengelolaan inventaris yang baik, angka yang Anda dapatkan lebih akurat, sehingga mempercepat pengembangan bisnis Anda.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Jika Anda mengatasi penyusutan inventaris, gunakan aplikasi seperti LINKZ yang dapat membantu Anda mengelola penjualan dan pembelian yang terhubung dengan inventaris Anda.

Seperti yang dijalankan oleh Google dan Facebook, LINKZ juga menerapkan pengelolaan inventaris dalam bentuk aplikasi.

Dengan mengintegrasi penjualan, pembelian, dan gudang, Anda dapat mengurangi tingkat stock loss hingga 0% dan juga dapat mengatasi dead stock.

Anda juga bisa menjaga kinerja pengelolaan inventaris Anda dengan dashboard yang bisa Anda akses secara real-time, dan notifikasi yang akan muncul ketika stok berada dibawah safety level.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Optimalkan pengelolaan inventaris Anda akan memampukan peningkatan penjualan melalui solusi pemesanan dan pelacakan inventaris yang akan selalu terhubung untuk Anda.

Jangan bingung lagi untuk memulai mengelola inventaris bisnis. Konsultasikan dengan kami yang selalu siap membantu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *