fbpx

Perbandingan E-commerce Solution dengan Software Akuntansi & ERP

Perbedaan E-commerce Solution dengan Software Akuntansi seperti Jurnal, Accurate, dan sebagainya

E-commerce solution berfokus untuk membantu Anda meningkatkan penjualan dan meningkatkan kolaborasi dengan pelanggan.

Kolaborasi yang dimaksud disini adalah sebuah ekosistem bisnis dimana Anda dan pelanggan Anda memiliki platform untuk dapat berbisnis secara mudah karena sistem stok yang terintegrasi (dan privat) serta terkoneksi dengan semua pelanggan.

Perbandingan E-commerce Solution dengan Software Akuntansi & ERP

Jika Anda ingin menjaga hubungan pelanggan yang lebih baik, gunakan e-commerce solution seperti LINKZ. Akuntansi hanya berguna jika Anda dengan sengaja ingin “memisahkan” pelanggan Anda dengan proses bisnis Anda.

Dengan aplikasi penjualan yang terintegrasi dengan keuangan, Anda tidak perlu mengupdate penjualan dan keuangan secara terpisah.

Untuk itu, e-commerce solution lebih cocok untuk Anda yang ingin mempersingkat proses bisnis agar dapat berjalan lebih cepat dan tertata.

Kekurangan dari Proses Manual dan Sistem Akuntansi

Memiliki proses orderan yang manual meskipun memiliki sistem akuntansi akan menyebabkan beberapa celah untuk kecurangan terjadi dalam bisnis Anda.

Untuk itu, penting bagi bisnis untuk memliki sebuah solusi end-to-end yang simpel dan mudah digunakan oleh karyawan, pemilik bisnis hingga pelanggan, sehingga proses bisnis menjadi lebih mudah. Pelanggan tinggal melakukan pemesanan baik melalui:

Katalog publik atau katalog pribadi (harga khusus pelanggan tertentu) > pesanan masuk ke aplikasi > pemilik atau karyawan menyetujui pesanan > kepala gudang menerima dan memproses detail pesanan > pesanan sampai ketangan pelanggan.

Dengan tiga langkah mudah, pelanggan Anda bisa melakukan pemesanan tanpa harus menunggu sales atau admin Anda untuk menerima pesanan.

Baca selengkapnya di sini.

Detail harga dan pemesanan juga tidak bisa dirubah oleh karyawan yang tidak memiliki akses, bisnis Anda aman dari potensi terjadinya kesalahan ataupun kecurangan hanya dengan memakai aplikasi e-commerce solution seperti LINKZ.

Memiliki Sistem Akuntansi dan E-commerce Solution Bersamaan

Sangat disarankan kepada pelaku usaha untuk memisahkan penjualan (dengan e-commerce solution) dari fungsi akuntansi jika bisnis Anda perlu untuk memisahkan keuangan perusahaan untuk pelaporan pajak.

Beberapa pebisnis lebih memilih untuk memisahkan sistem akuntansi dan juga detail dari penjualannya, untuk alasan kerahasiaan bisnis.

Hal ini bisa sangat dilakukan dengan memisahkan detail dari stok barang dan perhitungan keuntungan yang terlihat dalam sistem akuntansi dengan menggunakan e-commerce solution.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Perbedaan E-commerce Solution dengan Enterprise Resource Planning (ERP)

E-commerce solution seperti LINKZ merupakan sistem yang jauh lebih simpel dan dapat melakukan banyak hal yang dapat dilakukan Enterprise Resourse Planning (ERP) yang mumpuni, seperti penjualan, persediaan, piutang dagang.

Namun, untuk perusahaan berskala besar dan memiliki jumlah karyawan diatas 500 orang, memakai Enterprise Resource Planning (ERP) memang jauh lebih mencukupi lingkup yang kompleks.

Jika bisnis Anda masih dalam skala UMKM, memakai ERP hanya akan menambah proses yang tidak diperlukan karena data yang dimiliki tidak banyak.

Kekurangan dari Enterprise Resource Planning untuk UKM

Dalam segi biaya, e-commerce solution jauh lebih hemat biaya dengan kisaran Rp.399.000,- sampai Rp.799.000,- setiap bulannya. Biaya ERP minimal 100 juta rupiah satu kali beli, kemudian perpanjangan lisensi 10 juta rupiah setiap tahun.

Banyak pebisnis di Indonesia lebih memilih untuk menambah jumlah karyawan dibandingkan menggunakan ERP karena harganya yang cukup mahal.

Masalah lainnya adalah ERP membutuhkan implementasi yang cukup lama sebelum bisa digunakan (mungkin 2-6 bulan tergantung kerumitannya) untuk menginstal, membuat konfigurasi, hingga melatih pekerja Anda.

Bukan hanya itu, Anda harus mempekerjakan orang IT yang sangat baik hanya untuk memelihara dan memprogram agar ERP Anda berjalan dengan baik. Tenaga kerja IT yang baik cukup sulit didapatkan dan tidak murah untuk UKM.

Memiliki bisnis UKM tentu saja memiliki sistem kerja yang jauh lebih simpel daripada perusahaan besar, mempermudah proses kerja dan mengefektifkan sumber daya dengan menggunakan solusi bisnis tentu saja akan meningkatkan penjualan Anda.

Namun, Anda juga harus tepat dalam memilih solusi yang cocok dengan proses bisnis Anda. Jika dalam skala UKM, menggunakan ERP bisa dirasa terlalu rumit dan beresiko memperlambat bisnis dengan proses input yang panjang.

Sementara itu, software akuntansi hanya menyelesaikan masalah di bagian keuangan bisnis, sisi penjualan & pembelian hingga stok barang membutuhkan solusi lain yang lebih sesuai.

Untuk itu, gunakan E-commerce Solution seperti LINKZ yang cocok dengan bisnis UKM, baik distribusi, grosir, maupun retail.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *