• Linkz

7 Tips Mendapatkan Supplier Tangan Pertama yang Tepat

Updated: Nov 23



Sebelum Anda mulai menjalankan sebuah usaha, Anda harus mencari stok barang terlebih dahulu untuk ditawarkan di pasar.


Hal tersebut merupakan tantangan awal bagi para pebisnis yang baru ingin terjun ke dunia bisnis yaitu bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama dan memiliki produk bagus yang sesuai dengan apa yang Anda ingin jual.


Jika Anda masih bingung, bagaimana cara mencari supplier tangan pertama di marketplace atau yang lainnya, simak tips yang ada di artikel kami ya.


Cara Mendapatkan Supplier Tangan Pertama


Anda bisa mendapatkan supplier melalui penjualan online maupun offline seperti mengunjungi acara-acara pameran atau bazar yang terdapat para produsen produk dan lainnya.


Jika hal itu Anda lakukan, maka Anda akan lebih mudah menemukan supplier tangan pertama yang tepat karena bertemu secara tatap muka atau langsung.


Tapi, selain itu ada 7 tips lainnya kalau Anda ingin mencari supplier tangan pertama yang lebih luas dan tepat untuk bisnis Anda


Baca juga: Persaingan Usaha Semakin Ketat, Apa yang Harus Dilakukan?



1. Carilah di Pasar Grosir


Cara untuk mendapatkan supplier tangan pertama yang Anda bisa coba pertama kali adalah dengan mengunjungi pasar grosir.


Pasar grosir merupakan tempat berkumpulnya para penjual yang menjajakan produk mereka dan harganya relatif lebih murah daripada di pasar retail.


Mungkin, yang berjualan di pasar grosir bukan hanya supplier tangan pertama, tetapi mereka yang menawarkan produk dengan harga relatif murah dan dapat dijumpai penjual yang menawarkan paket pembelian lebih murah jika membeli secara grosir atau berjumlah banyak.



2. Supplier Tangan Pertama yang Ada di Marketplace

Tidak sempat ke Pasar grosir? Untungnya zaman sekarang yang serba digital, Anda-pun bisa melakukan pencarian supplier tangan pertama secara online, dan salah satunya ialah melalui marketplace, pasti Anda juga akan lebih mudah untuk menemukan online shop.


Apalagi saat ini bukan hanya penjual yang menawarkan produk mereka secara online, bahkan supplier-supplier sudah mulai memasuki marketplace.


Anda dapat mencari satu persatu para penyedia produk di marketplace untuk dijadikan sebagai supplier, misalnya cara mencari supplier tangan pertama di sebuah platform online store terkemuka.


Selanjutnya, Anda dapat membandingkan dari segi harga dan deskripsi produk, kemungkinan Anda akan mendapatkan supplier tangan pertama dengan harga murah dan juga berkualitas.


Untuk mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis secara terintegrasi dan mencari supplier, Anda dapat menggunakan LINKZ sekarang, GRATIS!




3. Cara Mendapatkan Supplier Pertama dari Toko Online atau Situs Web (Website)

Kalau Anda tidak ingin repot-repot mencari supplier tangan pertama di pasar grosir ataupun di online marketplace, Anda juga dapat mencari supplier tangan pertama di situs web (website) resmi mereka.


Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi situs web (website) atau toko online resmi atau official jika Anda sudah mengetahui produk atau merek dari supplier tersebut.


Kalau Anda belum menentukannya, Anda bisa mencarinya terlebih dahulu seperti sosial media dengan memasukkan kata kunci saja.


Jika Anda belum dapat menentukan suppliernya, Anda bisa mencari terlebih dahulu seperti sosial media dengan memasukkan kata kunci (keyword) atau kata kunci saja. Sehingga Anda akan lebih mudah menentukkan supplier tangan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.



4. Libatkan Diri Anda dalam Forum dan Komunitas Penjual atau Pembeli

Cara lainnya yaitu Anda bisa mengikuti forum-forum atau komunitas online penjual atau pembeli. Disana Anda dapat menjalin komunikasi dengan para penjual dan pembeli yang mungkin tahu mengenai informasi terkait produk ataupun supplier yang sedang Anda cari.


Anda bisa memulainya dengan mengikuti komunitas yang berfokus di bidang bisnis sehingga lebih mudah mendapatkan informasi terkait produk atau supplier yang sedang Anda cari.



5. Datang Langsung ke Pabrik

Salah satu cara mencari supplier tangan pertama yang biasanya dilakukan ialah mendatangi pabrik secara langsung. Ketika Anda datang ke pabriknya langsung, Anda akan mengetahui dan melihat proses pembuatan produk hingga pengemasan produk.


Ketika Anda datang ke pabriknya langsung, Anda akan mengetahui dan melihat proses pembuatan produk hingga proses pengemasan produk yang Anda ingin jual.


Akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi atau datang ke pabrik, ada baiknya Anda membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik pabrik atau orang yang bertanggung jawab di pabrik tersebut.



6. Mengunjungi Bazar

Acara bazar biasanya akan banyak dihadiri oleh kalangan penjual dan menjadi tempat berkumpulnya produsen-produsen untuk memperlihatkan produk yang mereka jual.


Biasanya untuk mengikuti acara ini, pihak penyelenggara akan memilih dan menyeleksi dulu, siapa atau produsen mana saja yang akan mengikuti bazar tersebut.


Dengan mengunjungi bazar, produk telah dipilih oleh panitia penyelenggara yaitu berdasarkan produsen yang mempunyai kualitas produk yang bagus.


Terlebih lagi, Anda juga bisa saling percaya dengan para produsen sebab sudah melihat kualitas produk yang akan Anda pertimbangkan untuk dijual nantinya secara langsung.


Sehingga Anda dapat mengurangi terjadinya resiko kerugian serta membangun jaringan dan kerjasama dengan produsen.


Baca juga: Produk Lokal juga Punya Keunikan di Bazar!



7. Mencari Melalui Website Pembanding Harga

Cara terakhir untuk mencari supplier tangan pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membandingkan harga antara satu produsen dengan produsen lainnya.


Anda bisa mengunjungi situs web (website) pembanding harga online melalui mesin pencarian, untuk mencari harga produsen termurah yang Anda bandingkan.


Tinggal memasukkan informasi mengenai jenis produk dan nanti di situs web (website) tersebut akan menampilkan berbagai referensi toko dengan harga yang beragam.


Setelah ketemu dan memutuskan memilih produsen tersebut, langkah berikutnya adalah mengelola penjualan Anda agar lebih mudah.


Dengan aplikasi bisnis gratis LINKZ, Anda bisa mengurus semua keperluan yang menjadi solusi bisnis Anda dengan mudah dan terintegrasi, mulai dari manajemen stok barang dan gudang, laporan bisnis real-time, pelacakan utang dan piutang, serta arus kas tetap terjaga.


Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:


22 views0 comments