fbpx

Solusi untuk Tantangan UMKM di Era Digital

UMKM telah beradaptasi dengan situasi namun mereka perlu menerapkan transformasi digital.

Dunia terus memasuki era digital karena adanya generasi yang lebih muda dan lebih berteknologi. Demikian pula, digitalisasi secara bertahap mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai area, layanan, dan saluran mereka, menghasilkan peluang pertumbuhan baru.

Solusi untuk Tantangan UMKM di Era Digital

Keuntungan Transformasi Digital untuk UMKM

Secara statistik, pengguna internet pada 2022 di Indonesia mencapai 65%.

Terjadinya peningkatan pengguna internet untuk mencari produk atau jasa secara online membuka peluang untuk mengembangkan usaha. Berikut keuntungan transformasi digital untuk UMKM:

1. Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

Hanya melalui layar, orang dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ini membuktikan bahwa hampir semua kegiatan bisa dilakukan jarak jauh, tidak hanya berbelanja online tapi juga dalam mengontrol usaha Anda.

Anda bisa melihat kegiatan transaksi di mana dan kapan saja hanya dengan melihat layar, bahkan keamanan kegiatan usaha Anda akan lebih terjamin dibanding bila Anda masih mencatat secara manual.

Selain aman, Anda bisa menghemat biaya operasional karena kegiatan usaha Anda sudah cukup disimpan dalam satu platform.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

2. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Banyak orang menghabiskan waktunya berjam-jam bermain media sosial dan internet, sehingga akan ada lebih banyak orang yang dapat melihat produk Anda. Anda bisa memulai post produk Anda atau menyediakan katalog online di media sosial atau di aplikasi penjualan.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis yang menyediakan fitur Katalog Publik untuk menayangkan katalog produk Anda kepada siapapun. Anda cukup mengirimkan link kepada pelanggan Anda, dan mereka dapat langsung memesan secara online.

Baca juga 7 Tips Membangun Customer Loyalty

3. Mencegah penumpukan stok mati

Stok mati adalah stok yang sudah tidak dapat dijual. Dampak dari penumpukan stok mati adalah adanya kerugian uang, kehilangan ruang penyimpanan, dan bahkan bisa membuat arus kas negatif.

Baca juga Alasan Mengapa Produk Tidak Laku dan Cara Mengatasinya!

Penumpukan stok mati dapat diakibatkan oleh keputusan pembelian yang buruk. Misalnya, mengisi stok barang dalam jumlah banyak tanpa mengetahui minat pelanggan.

Hal tersebut dapat dihindari bila Anda mengetahui minat pelanggan dan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Media sosial akan sangat membantu Anda mengetahui trend yang populer. Dari sini, Anda bisa mencoba mengisi stok barang sesuai dengan trend tersebut.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis yang juga menyediakan fitur Produk Terlaris, yaitu daftar stok barang Anda yang paling sering terjual. Ini membuat Anda tidak perlu ragu untuk mengisi stok barang yang sudah pasti akan laku sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Tantangan UMKM di Era Digital

Dalam perjalanan menuju transformasi digital, ada sejumlah kendala dan tantangan yang kemungkinan besar akan dihadapi. Berikut adalah empat tantangan yang banyak ditemukan:

1. Persaingan yang ketat

Tantangan terbesar yang dihadapi UMKM adalah persaingan yang ketat dengan UMKM dan bisnis lain di dunia digital.

Setiap UMKM dan bisnis pasti berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya masing-masing, sehingga Anda harus belajar menjadi kreatif dan melakukan inovasi bila dibutuhkan.

2. Menggunakan teknologi yang tidak berfungsi

Tantangan lainnya yang mungkin dihadapi adalah berinvestasi dalam teknologi yang tidak berfungsi dengan baik untuk mereka. Anda harus memperhatikan teknologi seperti apa yang sesuai dengan usaha Anda.

3. Kurangnya komunikasi internal

Saat menerapkan transformasi digital, ada kalanya Anda menjadi terlalu nyaman berkomunikasi dengan karyawan hanya melalui layar. Padahal sangat penting bagi Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan karyawan.

Ada beberapa karyawan yang perlu berkomunikasi dengan pemimpinnya untuk menambah semangat kerjanya.

4. Tidak mengumpulkan dan memanfaatkan data pelanggan

Kemampuan sebuah usaha untuk tetap kompetitif membutuhkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan melihat beberapa langkah ke depan. Ada banyak cara untuk memanfaatkan data pelanggan yang dapat membuat UMKM menjadi lebih cerdas, efisien, dan produktif.

Kesimpulan

Kita harus mencoba untuk beradaptasi dengan perubahan supaya bisnis dan usaha juga bisa terus berkembang. Berikut ada solusi untuk tantangan UMKM di era digital:

1. Miliki ambisi yang kuat

Untuk bertahan dan mendapatkan keuntungan di era yang kompetitif, Anda harus mengambil risiko dan memiliki ambisi untuk digitalisasi yang tinggi.

2. Gunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan

Teknologi menawarkan peluang untuk meningkatkan efisiensi, namun Anda tidak dapat sembarangan memilih satu solusi dan berharap itu akan efektif. Sebaliknya, Anda harus menemukan teknologi yang mendukung misi, visi, dan tujuan usaha Anda.

3. Bangun hubungan dengan karyawan

Karyawan ingin percaya bahwa mereka ada bersama pemimpin yang selalu mendukung mereka untuk menjadi yang terbaik. Itulah sebabnya Anda harus fokus membangun budaya tempat kerja.

Faktanya, sebuah studi tahun 2016 dari Towers Watson menemukan bahwa hubungan pemimpin dengan karyawan berpengaruh pada apakah karyawan Anda akan tinggal bersama Anda untuk jangka panjang atau tidak.

4. Analisa data

UMKM harus menerapkan analitik data untuk memberikan wawasan tentang semua kegiatan usaha Anda. Penerapan ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, misalnya apa cara yang paling tepat untuk memasarkan produk Anda.

Ingatlah bahwa transformasi digital tidak terjadi sekaligus, tetapi selalu merupakan proses yang berkelanjutan, jadi tidak perlu terburu-buru.

Baca juga Persaingan Digitalisasi Usaha Semakin Ketat, Apa yang Harus Dilakukan?

Daftar LINKZ

Aplikasi LINKZ untuk Mengelola Bisnis

Supaya usaha dan bisnis tetap berjalan dengan lancar, kami memberikan solusi dalam satu aplikasi untuk Anda.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis yang menyediakan laporan kegiatan bisnis secara real-time dan memberikan analisis bisnis yang tepat melalui fitur-fitur berikut:

1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

2. Laporan Bisnis

Fitur laporan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

3. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

4. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – dan mulai tingkatkan performa penjualan bisnis Anda dengan LINKZ, mulai daftar di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *