Search
  • Linkz

Kunci Pengelolaan Piutang Dalam Bisnis yang Sering Terlupakan

Updated: Jul 9

Dalam menjalankan bisnis, memberikan kredit atau piutang merupakan hal yang cukup lumrah untuk dilakukan. Meskipun sebenarnya metode tunai lebih disarankan, tetapi piutang juga dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Salah satu alasan mengapa piutang diadakan karena daya beli pelanggan yang cukup terbatas. Dengan memberikan piutang, diharapkan konsumen tetap dapat melakukan pembelian dan bisnis dapat melakukan perputaran uang.


Namun, tentu saja ada tantangan dalam memberikan piutang bisnis. Terkadang piutang yang diberikan bisa macet dan bahkan tidak tertagih, dan hal ini dapat mengganggu keuangan bisnis Anda. Karena itu, Anda harus memiliki beberapa konsiderasi dan peraturan yang tepat agar dapat mengelola piutang dengan efektif.





Dalam mengelola piutang agar tidak macet dan selalu tertagih yaitu mengelola piutang dengan efektif dan teliti. Anda juga bisa menggunakan bantuan teknologi informasi, yang dapat membantu Anda mengingatkan dan menorganisir hutang piutang bisnis Anda. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah:


1. Buat ketentuan dan perjanjian yang jelas

Dalam internal bisnis Anda, coba buat perencanaan yang jelas dalam jumlah piutang yang akan diberikan, jangka waktu, dan juga cara penagihannya. Jika Anda menggunakan sistem manajemen keuangan seperti Linkz, Anda bisa melihat dengan rapi siapa yang diberikan piutang, jumlahnya dan tempo waktu, bahkan alamat dan kontak untuk menagih piutang tersebut;


2. Selektif dalam memberikan piutang

Jika Anda sudah melihat daftar pelanggan yang diberikan piutang, lihat juga histori pelanggan Anda dalam membayar piutang. Jika masih banyak piutang yang belum dibayar namun orderan tetap masuk dengan metode kredit yang sama, Anda harus berhati-hati dalam memutuskan untuk memberikan piutang lagi kepada pelanggan yang sama. Hal ini harus Anda perhatikan, seberapa loyalpun pelanggan tersebut, jika tidak bisa menepati perjanjian dan ketentuan yang sudah disepakati, bisnis Andalah yang akan kena imbasnya;


3. Buat jadwal reminder untuk setiap jatuh tempo piutang

Jika Anda telah memberikan kredit terhadap pelanggan, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan penagihan secara rutin. Anda dapat mengecek pelanggan mana yang belum melakukan pembayaran di aplikasi managemen keuangan seperti Linkz. Kemudian mengirimkan pesan melalui telepon, email, atau media lainnya untuk mengingatkan pelanggan untuk melakukan pembayaran. Cobalah hubungi pelanggan minimal 7 hari sebelum Tanggal jatuh tempo, dan lakukan setiap hari di 3 hari terakhir sebelum jatuh tempo. Dengan semakin seringnya Anda mengingatkan, pelanggan akan lebih cepat melakukan pembayaran utangnya.


4. Menghitung perputaran piutang

Hal ini harus Anda lakukan secara berkala untuk melihat efisiensi piutang dengan menghitung perputarannya. Perputaran piutang adalah periode waktu pembayaran piutang tersebut dibandingkan dengan batas pembayaran. Jika waktu pengumpulan piutang lebih lama daripada waktu pembayaran yang ditetapkan, maka bisnis Anda sebenarnya tidak terlalu efektif dan kurang efisien.


Untuk menghindari terjadinya hal buruk dalam mengelola piutang dagang atau piutang usaha, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi manajemen bisnis seperti Linkz untuk mengelolanya. Dengan aplikasi yang mempunyai fitur keuangan, Anda dapat dapat mengetahui data utang dan piutang jatuh tempo secara up to date. Linkz merupakan aplikasi bisnis berbasis cloud yang dapat membantu Anda mengelola utang piutang dengan mudah.


Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mendapatkannya disini.

4 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies