Search
  • Linkz

Indonesia Resesi : "Apa Kabar Bisnis Offline?"


Setelah kuartal III / 2020 , Indonesia sudah dipastikan akan mengalami resesi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui prediksinya dalam perekonimian Indonesia yang akan berada di kisaran -2,9% hingga -1%. Akibat pandemi covid-19 , perekonomian Indonesia anjlok sebanyak 5,32%. Resesi sendiri mempunyai pengertian sebagai suatu kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) sebuah negara terus menurun selama 2 bulan ataupun lebih dari 1 tahun.


Sebenarnya bukan hanya Indonesia yang mengalami resesi, namun ada juga Amerika Serikat, Jerman, dan lainnya. Namun, Indonesia dinilai belum siap dalam menghadapi resesi. Faktanya, banyak pebisnis dan UMKM di Indonesia yang masih tertinggal dan melakukan aktivitas jual-beli secara offline. Itulah penyebab menurunnya daya beli konsumen dan para penjual pun harus menurunkan harga produk agar laku terjual.


Bagi para pebisnis offline, Ini saatnya bagi Anda untuk beralih ke ranah digital . Anda dapat segera melakukan hal berikut:


Membuat Business Plan

Sebagai pebisnis offline maupun online, membuat business plan ataupun rencana bisnis kedepannya sangatlah penting. Hal ini membuat Anda dapat merencanakan keuangan, strategi, maupun model bisnis yang akan dijalankan. Dengan begitu, bisnis Anda mungkin akan berjalan stabil selama pandemi ini.



Segera beralih ke Digital

Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk terus meningkatkan penjualan dan mempertahanan bisnis semasa pandemi. Anda dapat menggunakan beragam aplikasi hingga metode iklan untuk menarik pelanggan secara online. Data menjukkan bahwa terdapat kenaikan e-commerce sejumlah 38,2% pada Juli 2020. Kebanyakan pebisnis online tersebut berbentuk CV maupun PT.


Jika pebisnis offline terlalu fokus pada kemungkinan buruknya, yaitu penurunan nilai jual dagang maka Anda akan susah untuk bangkit dari keterpurukan. Sebaliknya, jika Anda menganggap ini sebagai kesempatan emas untuk segera beralih ke digital, Anda dapat mempertahankan bisnis and selama maupun setelah pandemi.


Jadi kesimpulannya, bisnis online dapat meningkatkan kembali perekonomian Indonesia. Melalui bisnis online, Anda pun dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan berjualan dirumah aja dan menghemat biaya periklanan yang dilakukan toko offline.




Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies