Efisiensi Kerja Untuk Meningkatkan Pendapatan

Melakukan efisiensi kerja kerap sekali kita lakukan hanya sekedar untuk menyederhanakan proses dalam bisnis.

Bagi seorang pelaku usaha, efisiensi kerja mungkin prioritas kedua setelah angka penjualan.

Selain itu, fakta bahwa manajemen kerja yang efisien tidak jarang membuat pelaku usaha harus mencatat hasil dari pengeluaran tambahan karena harus menempatkan sumber daya manusia khusus untuk mengurusi hal ini.

Kenyataannya jika dilakukan dengan benar, efisiensi dalam kerja adalah proses bisnis yang sebenarnya dapat mendukung atau mendorong angka pemasukan.

Apakah yang dimaksud dengan Efisiensi Kerja?

Secara umum pengertian dari “efisiensi” adalah suatu ukuran keberhasilan sebuah kegiatan yang dinilai berdasarkan besarnya biaya atau sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sedangkan, “efisiensi kerja” merupakan sebuah upaya atau usaha yang dilakukan untuk pelaksanaan kerja dengan cara tertentu tanpa mengurangi tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Cara-cara tertentu ini biasanya lebih mudah untuk dikerjakan, biayanya lebih terjangkau, dan waktu pengerjaannya juga jauh lebih singkat, namun semua ini tidak mengurangi target atau tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Efisiensi kerja bukan saja menuntut untuk bagaimana cara kerja yang tepat saja, melainkan bagaimana untuk menjadikan dengan upaya yang kecil tetapi kita bisa memperoleh hasil yang semaksimal mungkin.

Dalam bekerja banyak cara yang dapat kita lakukan untuk terciptanya lingkungan kerja yang efisien mulai dari menyadari apa tugas atau job description masing-masing karyawan lalu menyederhanakan proses kerja itu sendiri agar karyawan dapat menyelesaikan dengan mudah dan efektif.

Bagaimanakah yang dimaksud dengan Lingkungan Kerja yang Efisien?

Lingkungan kerja yang efisien yaitu ketika pelaku usaha mampu menyederhanakan setiap pekerjaan yang akan dilakukan oleh karyawannya dengan memanfaatkan teknologi yang ada dan yang semakin maju untuk mendukung kemudahan dalam melakukan pekerjaan.

Dari pada mengeluarkan banyak waktu untuk mencari barang tertentu pada stok opname atau gudang yang berantakan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi inventaris untuk mengatur setiap barang yang keluar atau masuk, sehingga ketika butuh mencari barang tertentu, kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Dibandingkan dengan menyisihkan waktu sehari penuh, bahkan sampai harus lembur, untuk menyusun laporan keuangan bulanan agar dapat menentukan strategi bisnis di bulan berikutnya.

Anda cukup meng-klik satu atau dua kali untuk membuat laporan keuangan bulanan secara otomatis dengan aplikasi keuangan yang mencatat setiap pemasukan atau pengeluaran setiap waktu.

Bagaimana efisien kerja mampu meningkatkan penghasilan?

Dengan menggunakan sistem aplikasi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh proses bisnis dalam suatu usaha, efisiensi kerja tidak hanya mampu menyederhanakan proses kerja namun mampu memotong biaya pekerja harian yang mungkinbernilai kecil – namun sebenarnya merupakan pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan.

Contohnya, pelaku usaha yang bisa memotong pengeluaran karena harus membayar uang lembur karyawan keuangan Anda saat dia harus menghabiskan banyak waktu dalam mengerjakan laporan keuangan.

Dengan sistem kerja yang efisien, maka Anda dapat menghemat banyak waktu lembur dan biaya yang dikeluarkan sekali saja, yaitu saat melakukan efisiensi sistem dengan bantuan teknologi informasi.

Mengakhiri pemotongan biaya yang bisa dihindari juga dapat lambat laun berpengaruh terhadap pendapatan Anda, karena sebenarnya biaya tersebut dapat dialihkan untuk biaya promosi – seperti melakukan diskon/ promo yang dapat ditawarkan kepada pelanggan untuk menambah pendapatan.

Jadi kesimpulannya, dalam menjalankan bisnis apapun sistem kerja yang efisien akan dapat membantu Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Jika pekerja Anda produktif, Anda juga akan mengurangi biaya lainnya seperti uang lembur, atau bahkan menambah pekerja baru untuk menyelesaikan pekerjaan yang semakin menumpuk.

Karena itu, gunakanlah teknologi informasi yang ada saat ini seperti LINKZ yang dapat mempersingkat proses bisnis Anda.

Grace Marshall, ahli dunia kerja dan produktivitas, melihat bahwa setiap orang mestinya bisa bekerja lebih efisien. Perkembangan teknologi yang semestinya mendukung pekerjaan, justru menjadi gangguan terbesar. Dia lalu memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat perubahan (Kompas).

Maria Britta, Head of Business Field Marketing of Sampingan, mengungkapkan “Di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online (Info Komputer).

Dengan mengurangi proses kerja yang manual, produktivitas karyawan Anda meningkat, pengambilan keputusan juga bisa semakin cepat dan akurat – berefek pada peningkatan pendapatan dan bisnis Anda dapat semakin maju.

Coba LINKZ GRATIS dan lihat bagaimana LINKZ dapat mempersingkat proses bisnis Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version