fbpx

Waspada Informasi Bocor, Ini 3 Tips Untuk Melindungi Bisnis!

Di zaman yang begitu pesat ini, ada banyak para pebisnis yang mulai mengembangkan bisnisnya melalui internet. Kurangnya pengetahuan perihal ini dapat membuat para pengusaha tidak menyadari keamanan informasi bisnisnya apakah bocor atau tidak.

Baik kemanan siber dan keamanan informasi adalah aspek penting dari teknologi yang berkembang di abad ke-21. Oleh karena itu, setiap profesional yang ingin menjadi besar di dunia keamanan teknologi informasi harus memiliki pemahaman yang baik tentang kedua istilah ini (Christian Ronaldo Sopaheluwakan, LinkedIn, 2020).

Para pebisnis pun mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari berbisnis online melalui sosial media maupun aplikasi. Namun, tidak banyak juga para pebisnis yang mengalami sejumlah kerugian, salah satunya adalah karena informasi bisnis yang tersebar.

Waspada Informasi Bocor, Ini 3 Tips Untuk Melindungi Bisnis Anda!

Dari Info Komputer, ancaman terhadap keamanan terhadap data perusahaan terus meningkat, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini. Akibat pandemi, perusahaan dan organisasi dituntut untuk menerapkan sistem kerja jarak jauh atau work from home (WFH).

Hal ini memicu peningkatan pemakaian perangkat yang terhubung dengan berbagai jenis jaringan,dan hal ini membuka celah bagi masuknya ancaman serangan siber. Belum lagi jika kita mengingat faktor-faktor, seperti human error, berupa penggunaan kata sandi yang lemah, phishing, penerapan privilege access yang tidak kalah berbahayanya dalam menjaga keamanan data.

Ada banyak informasi yang harus dijaga seperti; penjualan, pembelian, modal, hutang, dan lain-lain. Maka dari itu penting sekali untuk melindungi bisnis Anda dari peretas online maupun karyawan Anda sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Bisnis Anda Perlu Beralih ke Cloud: Server Tradisional Tidak Lagi Menjanjikan

Simak 3 tips ini:

Amankan Jaringan Informasi

Tidak biasa dipungkiri semakin berkembangnya zaman, semakin banyak jga kejahatan di dunia maya. Mengamankan jaringan menjadi salah satu cara paling efektif untuk melindungi data bisnis Anda.

Biasa perusahaan memliki tim khusus untuk mengamankan sistem informasi, namun Anda juga dapat mengamankan data walaupun berbisnis sendiri. Caranya bisa dengan menambah kata sandi atau password ke sejumlah jaringan yang Anda punya.

Anda juga bisa berbisnis di aplikasi yang dilengkapi sistem verifikasi, seperti LINKZ.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Adakan Pelatihan

Orang-orang yang mengetahui informasi bisnis adalah pemilik bisnis dan para karyawannya. Akan sangat disayangkan jika karyawan Anda kurang terampil dalam mengelola bisnis online dan malah membocokan sejumlah informasi secara tidak sengaja.

Maka itu, pentingnya diadakan pelatihan untuk karyawan supaya mereka juga mengerti betapa pentingnya menjaga rahasia bisnis.

Jika Anda memiliki karyawan, sangat disarankan untuk mengajari mereka mengenai fitur-fitur dalam sosial media maupun aplikasi yang dipakai untuk berbisnis online.

Baca juga: Kiat Menjaga Keamanan Data dan Informasi Bisnis Anda

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

 

Back-up Informasi Data

Cara yang satu ini merupakan cara andalan para pembisnis untuk melindungi informasi bisnis.

Terkadang informasi yang kita dan kayawan miliki mempunyai hasil yang berbeda. Jika Anda tidak menyimpan update-an data sebelumnya, Anda akan kesusahan untuk membandingkan data mana yang sebenarnya.

Jadi, penting sekali untuk para pembisnis menyalin seluruh informasi ke dalam hard disk maupun penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive, dan lainnya untuk mengurangi potensi perbedaan data.

Hal ini juga dapat berguna ketika tiba-tiba komputer Anda rusak maupun mengalami pemadaman listrik dadakan yang membuat informasi Anda hilang maupun diretas.

Merangkum artikel Kontan, pemerintah sedang berupaya untuk menciptakan sistem keamanan yang lebih baik dengan teknologi yang ada.

Cara lebih efisien yang bisa anda lakukan adalah memilih aplikasi bisnis yang sudah dilengkapi dengan penyimpanan data secara cloud seperti LINKZ. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir karena data bisnis dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dan prevensi bencana yang mumpuni.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *