Search
  • Linkz

Waspada Informasi Bocor, Ini 3 Tips Untuk Melindungi Bisnis Anda!

Updated: Aug 9



Di zaman yang begitu pesat ini, ada banyak para pembisnis yang mulai mengembangkan bisnisnya melalui internet. Para pembisnis pun mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari berbisnis online melalui sosial media maupun aplikasi tertentu. Namun, tidak banyak juga para pembisnis yang mengalami sejumlah kerugian, salah satunya adalah karena informasi bisnis yang tersebar.


Ada banyak informasi yang harus dijaga seperti; penjualan, pembelian, modal, hutang, dan lain-lain. Maka dari itu penting sekali untuk melindungi bisnis anda dari peretas online maupun karyawan anda sendiri! Simak 3 tips ini:



Amankan Jaringan

Tidak biasa dipungkiri semakin berkembangnya zaman, semakin banyak jga kejahatan di dunia maya. Mengamankan jaringan menjadi salah satu cara paling efektif untuk melindungi data bisnis Anda. Biasa perusahaan memliki tim khusus untuk mengamankan sistem informasi, namun Anda juga dapat mengamankan data walaupun berbisnis sendiri. Caranya bisa dengan menambah kata sandi atau password ke sejumlah jaringan yang Anda punya. Anda juga bisa berbisnis di aplikasi yang dilengkapi sistem verifikasi, seperti Linkz.


Pelatihan

Orang-orang yang mengetahui informasi bisnis adalah pemilik bisnis dan para karyawannya. Akan sangat disayangkan jika karyawan Anda kurang terampil dalam mengelola bisnis online dan malah membocokan sejumlah informasi secara tidak sengaja. Makanya, pentingnya diadakan pelatihan untuk karyawan supaya mereka juga mengerti betapa pentingnya menjaga rahasia bisnis. Jika Anda memiliki karyawan, sangat disarankan untuk mengajari mereka mengenai fitur-fitur dalam sosial media maupun aplikasi yang dipakai untuk berbisnis online.



Back-up Data

Cara yang satu ini merupakan cara andalan para pembisnis untuk melindungi informasi bisnis. Terkadang informasi yang kita dan kayawan miliki mempunyai hasil yang berbeda. Jika Anda tidak menyimpan update-an data sebelumnya, Anda akan kesusahan untuk membandingkan data mana yang sebenarnya. Jadi, penting sekali untuk para pembisnis menyalin seluruh informasi ke dalam hard disk maupun penyimpanan online seperti Dropbox, Google Drive, dll. untuk mengurangi potensi perbedaan data. Hal ini juga dapat berguna ketika tiba-tiba komputer Anda rusak maupun mengalami pemadaman listrik dadakan yang membuat informasi Anda hilang maupun diretas. Cara lebih efisien yang bisa anda lakukan adalah memilih aplikasi bisnis yang sudah dilengkapi dengan penyimpanan data secara cloud seperti Linkz. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir karena data bisnis dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dan prevensi bencana yang mumpuni.

12 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies