Search
  • Linkz

Tingkatkan Penjualan Anda dalam Situasi Pandemik, Lakukan 3 Tips Ini!




Situasi pandemik yang disebabkan oleh virus COVID-19 saat ini menjadi penghambat bagi majunya suatu negara karena wabah dari virus berbahaya ini menyebabkan beberapa sektor hampir mengalami kelumpuhan yang ujung-ujungnya mempengaruhi perekonomian negara. Hal ini menyebabkan perlambatan aktivitas ekonomi secara global terutama dalam sektor perdagangan dan bisnis. Berdasarkan Lembaga Analisis Keuangan Moody’s, terdapat prediksi penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2020 ini, dari 4.9% menjadi 4.8%.

Terhambatnya laju pergerakan ekonomi didunia ini dapat disebabkan karena terhambatnya produktivitas suatu negara, terutama pada bagian logistik yang menyalurkan barang satu daerah ke daerah yang lainnya. Belum lagi wabah virus ini mengakibatkan banyak kasus PHK dan menurunnya kesehatan antar manusia dan itu menarik beberapa dana yang seharusnya digunakan dalam menunjang hal lain beralih untuk memfokuskan pada kesehatan masyarakat.

Selain itu, tantangan terbesar bisnis saat virus corona adalah masalah komunikasi. Sistem work from home (WFH) dan social distancing dianjurkan oleh pemerintah untuk menghambat penyebaran virus berbahaya ini. Masalahnya, tidak semua perusahaan dapat dengan jelas menerapkan sistem WFH bagi pegawainya. Itulah mengapa, para pemilik bisnis UKM merasa takut dan khawatir dengan kemajuan bisnis mereka.

Kami akan membahas beberapa tips meningkatkan penjualan bisnis walaupun adanya wabah virus COVID-19 dan tetap bisa melakukan WFH dan social distancing. Perlu diketahui bahwa strategi penjualan harus direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan bila perlu bisa direncanakan sebelum memulai usaha itu sendiri. Baik tidaknya strategi penjualan apakah efektif atau tidak untuk usaha Anda bisa dilihat pada tingkat penjualan.

Lalu, bagaimana menerapkan strategi penjualan yang efektif tersebut dalam situasi pandemik seperti ini? Mari kita lihat beberapa tips berikut:

1. Berikan pelayanan yang terbaik & jaga komunikasi pelanggan

Strategi penjualan Anda juga perlu menekankan pada pelayanan yang baik kepada pelanggan. Hal utama yang paling ditekankan di sini adalah seperti komunikasi yang baik. Dalam situasi dengan virus corona, menjaga komunikasi dengan pelanggan Anda akan membantu untuk meningkatkan penjualan.

Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan situasi mereka dengan mengirimkan pesan digital dengan konten informasi yang membangun. Dengan cara seperti ini pelanggan akan merasa dihargai dengan pelayanan terbaik. Mereka juga akan berusaha mempertahankan untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan.


Sebaiknya jangan lupa untuk mengucapkan 4 Magic Words dalam melayani pelanggan yaitu halo permisi, terima kasih, permintaan maaf, dan menawarkan bantuan agar konsumen merasa senang.

2. Perlihatkan Kualitas & Keamanan Produk Saat Melakukan Promosi

Secara umum, kualitas produk adalah sesuatu yang sangat perlu diperhatikan sebelum Anda memasarkannya kepada khalayak dan calon pelanggan. Terutama saat situasi pandemik, Anda perlu periksa dengan teliti mengenai kualitas produk jangan sampai ketika dipasarkan pelanggan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan keinginannya. Hal ini akan membuat memperburuk kekecewaan pelanggan. Tunjukkan proses yang Anda gunakan untuk memastikan semua produk Anda sudah melalui tahap QC yang menjamin keamanan produk. Anda bisa membuat konten video untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan bahwa bisnis Anda berusaha maksimal untuk meminimalisir resiko penularan COVID-19.

Baca Juga: Terancam Virus Corona, Lakukan Hal Ini Agar Bisnis Tetap Aman dan Terkendali!

3. Terapkan Digitalisasi dalam Setiap Proses Bisnis

Era teknologi digital seperti sekarang membuat para pengusaha untuk harus beradaptasi dengan teknologi baru yang bisa diterapkan juga dalam situasi darurat pandemik COVID-19. Begitu juga dalam melakukan strategi penjualan yang efektif, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis yang memampukan penjualan online agar Anda tidak perlu menghentikan penjualan. Terima dan pesan orderan supplier secara digital, atur pengiriman barang dengan tracking online, lihat sisa stok dan kelola hutang-piutang bisnis Anda agar keuangan bisnis selalu lancar.

Keberadaan aplikasi bisnis tersebut akan memudahkan bagi seorang pengusaha dalam melayani semua kebutuhan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Selain itu, keunggulan ketika Anda menggunakan aplikasi bisnis seperti Linkz sebagai wadah untuk menghubungkan Anda sebagai pengusaha bisnis UKM dengan konsumen tanpa perlu bertatap muka.

Dengan demikian, baik Anda sebagai pengusaha yang menawarkan produk dan konsumen akan dapat dapat berinteraksi dengan baik. Untuk itu, Linkz hadir bagi anda dalam situasi yang sulit saat ini dalam memberikan aplikasi yang sangat efektif yang membantu anda untuk tetap dapat berinteraksi dengan partner bisnis anda. Coba Linkz gratis selama 30 hari sekarang dan lihat perkembangan bisnis Anda!


#bisnisUKM #manajemeninventaris #sistemdistributor

11 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies