Search
  • Linkz

Strategi Retail Bertahan Selama & Sesudah PSBB



Dengan adanya kebijakan berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih diberlakukan pemerintah, membuat sistem distribusi barang menjadi terganggu. Tak hanya retailer kecil, perusahaan retail besar seperti departement store, supermarket, warehouse maupun hypermarket juga mengalami hal serupa. Selain itu, sektor UMKM pun menjadi salah satu unit bisnis yang paling merasakan dampak dari Covid-19. Sebanyak 60 juta UMKM di Indonesia kian terpuruk akibat penurunan omzet yang signifikan.


Oleh karena itu sebagai pelaku UKM, Anda harus mempersiapkan strategi ampuh untuk menghadapi tantangan yang nyata saat ini.


1. Tentukan Target Market Anda yang Baru

Dalam keadaan yang sementara ini, pebisnis ataupun pengusaha harus mempersempit jangkauan usaha, dan fokus terhadap daerah sekitar yang dapat dijangkau bahkan tidak ada pelarangan. Sebagai pelaku bisnis dalam mencari strategi bisnis yang harus diketahui yaitu apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana solusinya.


Sebagai contoh, Anda sebagai pedagang yang mempunyai toko fisik, Anda dapat memasarkan produk Anda dengan door to door di lokasi dekat toko fisik Anda, tentunya dengan menggunakan protokol keselamatan Covid-19. Atau Anda bisa mencari alternatif untuk menjual produk Anda di platform online untuk meningkatkan penjualan Anda.


Baca juga: Tingkatkan Penjualan Anda dalam Situasi Pandemik, Lakukan 3 Tips Ini!


2. Persempit Jangkauan Anda

PSBB yang berlaku saat ini bersifat lokal. Artinya arus barang keluar-masuk, interaksi dan juga mobilitas yang keluar-masuk sangat terbatas bahkan dilarang. Anda sebagai pelaku bisnis UKM harus menyempitkan jangkauan pasar bahkan supplier.


Dalam melakukan analisis “perpindahan” ini, data dan informasi menjadi dua hal yang perlu Anda gunakan sebagai pedoman. Misalnya bagaimana perilaku membeli di saat pandemi, apa saja yang diakses dan dicari oleh konsumen. Anda juga perlu menganalisis risiko apabila penyempitan jangkauan pasar dan pasokan. Persempitan jangkauan adalah strategi skenario parsial artinya strategi ini bukan merubah keseluruhan jangkauan pada waktu yang lama.


Lihat dan analisa kembali tren bisnis Anda melalui laporan penjualan, baik secara manual ataupun secara digital melalui aplikasi penjualan. Cek produk apakah yang masih terjual dan berjalan relatif baik, dan lihat apakah Anda bisa menemukan alternatif untuk menjual produk Anda untuk menghabiskan dead stock.


3. Lakukan Order Secara Digital

Di masa ini, konsumen enggan melakukan kontak fisik. Untuk itu, Anda boleh mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi order digital untuk memesan produk langsung kepada pihak distributor. Jadi, cara ini merupakan cara yang paling efisien saat adanya social distancing saat ini. Salah satu platform terbaik untuk melakukan digital order adalah Linkz. Karena berbasis aplikasi digital, tentunya Anda dapat melakukan pesanan dan mengisi produk yang mulai langka dalam waktu cepat.


Tak bisa dipungkiri bahwa gerai ritel telah menjadi garda terdepan yang menjembatani antara produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, cara ini akan membuat transaksi jual beli Anda terhadap distributor Anda akan menjadi lebih mudah, murah, aman dan efisien. Karena itu, bergabunglah dengan Linkz dan percepat keuntungan Anda dan distributor Anda.




16 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies