Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu rahasia meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan brand awareness.

Brand awareness adalah istilah yang menggambarkan seberapa baik orang menyadari merek atau produk dari suatu bisnis melalui gambar, logo, atau kualitas terkait.

Fungsi brand awareness adalah untuk membiasakan orang dengan satu produk dan membedakannya dari merek kompetitor. Brand awareness yang kuat berarti merek Anda menjadi perhatian utama saat orang memikirkan kategori produk atau layanan yang Anda jual.

Misalnya bila Anda melihat warna hijau, Anda dapat menyebutkan dua atau tiga merek yang terkait dengan warna hijau – atau bila Anda mendengar kata LINKZ, maka Anda akan membayangkan warna hijau.

Pentingnya Brand Awareness

Produk dan layanan dengan brand awareness yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Hal ini karena konsumen cenderung membeli suatu produk yang familiar dibandingkan yang belum mereka kenal. Profesor Harvard Business School, Gerald Zaltman, mengatakan bahwa 95% pengambilan keputusan pembelian terjadi di pikiran bawah sadar.

Manfaat brand awareness lainnya adalah untuk mendapatkan:

  1. Kepercayaan pelanggan

Ketika pelanggan mulai memercayai merek Anda, mereka telah membentuk ikatan dengan Anda dan cenderung menjadi pembeli berulang.

Baca juga 7 Tips Membangun Loyalitas Pelanggan

  1. Brand equity

Dikutip dari niagahoster, brand equity adalah sesuatu yang membuat merek Anda jauh lebih unggul daripada merek kompetitor. Brand equity dapat menyebabkan penggantian kata-kata umum dengan nama merek.

Contoh dari brand equity ini dapat ditemukan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda ingin melakukan pencarian di mesin pencari, Anda cenderung menyebut “Google” – padahal Google adalah salah satu mesin pencari dan masih banyak opsi lain (Bing, Yahoo, dsb). Atau Anda cenderung menyebut “Aqua” ketika ingin minum air mineral.

5 Cara Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kunci supaya orang mengenal produk Anda dan mulai membelinya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

  1. Bangun merek yang dapat dikenali

Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa merek Anda, dan ini termasuk

  • Nada suara: Nada suara seperti apa yang ingin Anda pakai? Bagaimana merek Anda ingin dikenal? Apakah formal atau santai?
  • Estetika merek: Bagaimana tampilan merek Anda? Apakah font dan warna yang digunakan sudah sesuai dan enak dilihat?
  • Nilai merek: Apa yang Anda perjuangkan sebagai merek Anda? Bila merek Anda mendukung kesehatan lingkungan, maka Anda dapat gunakan bahan-bahan ramah lingkungan di produk Anda.
  • Logo dan tagline: Kedua hal ini merupakan representasi merek Anda yang langsung dapat dikenali. Contoh, ketika Anda membaca “Just Do It” Anda langsung mengenali bahwa itu adalah tagline “Nike”.

Tentunya, tidak semua media sosial memiliki karakteristik yang sama, seperti Instagram yang terlihat lebih serius dibanding dengan TikTok yang lebih santai. Ketika Anda ingin membangun brand awareness di platform yang berbeda, Anda bisa menyesuaikan konten Anda sesuai dengan platform tersebut tanpa harus menghilangkan identitas merek Anda.

  1. Ceritakan kisah di balik merek

Biasanya, kisah sebuah merek menceritakan tentang bagaimana mereka melihat masalah dan menemukan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Setiap merek punya cerita, tinggal bagaimana Anda ingin menceritakan kisah tersebut.

  1. Ciptakan nilai yang selaras dengan merek

Ada banyak cara untuk mengenalkan merek Anda kepada publik, salah satunya adalah dengan memberikan pengetahuan (yang selaras dengan merek Anda) melalui blog, media sosial, atau platform lainnya.

Walaupun Anda tidak melakukan penjualan secara langsung, namun Anda tetap dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi audiens untuk mengenal merek Anda dan membangun brand awareness.

Jangan lupa untuk membuat konten yang mudah dibagikan ke orang lain.

  1. Berikan produk secara gratis

Sebagai konsumen, kita pasti skeptis tentang produk atau merek baru. Sehingga, menawarkan sesuatu secara gratis adalah cara yang baik untuk membuat mereka yang skeptis mencoba produk Anda. Bila responsnya baik, maka mereka juga akan memberi tahu ke teman-temannya tentang merek Anda.

Selain itu, Anda dapat mengadakan kontes sosial seperti Giveaway. Anda dapat berkolaborasi dengan pembuat konten lain untuk menyebarkan informasi tentang Giveaway merek Anda. Selanjutnya, orang harus berinteraksi dengan konten Giveaway Anda untuk dapat klaim produk Anda.

Baik itu produk atau layanan gratis, apa yang Anda tawarkan akan membantu menarik orang baru dan menyebarkan brand awareness.

  1. Jalankan iklan

Teknologi sangat relevan dalam dunia bisnis sehingga kehadiran yang kuat di media sosial dan berbagai platform sangatlah penting. Strategi pemasaran yang tepat dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Baca juga 5 Alasan Mengapa Produk Tidak Laku dan Cara Mengatasinya

Maka, Anda dapat melakukan teknik pemasaran seperti SEO, SEM, dan iklan berbayar lainnya supaya Anda dapat mengenalkan merek Anda kepada publik.

Bagaimana Mengukur Brand Awareness?

Ada sejumlah statistik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur brand awareness. Walaupun setiap platform memiliki alat analisisnya sendiri, pada intinya mereka menjelaskan beberapa hal, di antaranya:

  1. Reach

Reach menunjukkan jumlah orang yang melihat konten sosial Anda. Semakin banyak orang yang melihat konten Anda berarti semakin tepat dan relevan konten Anda di platform tersebut.

  1. Impression

Impression menunjukkan berapa kali orang melihat konten Anda. Jika jumlah Impression lebih tinggi daripada jumlah Reach, maka ada beberapa orang yang melihat konten Anda berkali-kali. Dari sini, kemungkinan besar mereka akan mengingat merek Anda.

  1. Growth rate

Tingkat pertumbuhan audiens dapat dihitung dengan melihat Reach dan Impression dari jangka waktu tertentu, atau dengan menggunakan platform yang dapat melihat secara otomatis (misalnya, Google Analytics).

  1. Direct traffic

Menggunakan platform seperti Google Analytics membuat Anda dapat melihat bagaimana orang menemukan merek Anda. Apakah dengan mengetikkan situs web Anda secara langsung atau media sosial, dan sebagainya.

Jika seseorang mengetahui URL Anda, mereka cukup jelas mengetahui merek Anda.

Kesimpulan

Membangun brand awareness penting untuk dilakukan supaya pelanggan lebih mengenal dan memercayai merek Anda. Jika Anda ingin brand Anda dipercayai dan digunakan oleh orang banyak, maka Anda harus meningkatkan brand awareness. 

Bila Anda memiliki bisnis atau usaha dan ingin mengenalkan kepada orang-orang, maka Anda dapat menggunakan Katalog Publik dari LINKZ.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis yang menyediakan laporan kegiatan keuangan bisnis secara real-time dan menghubungkan bisnis Anda dengan distributor, supplier, maupun bisnis lainnya melalui fitur-fitur berikut:

  1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

  1. Laporan Keuangan Bisnis

Fitur laporan keuangan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

  1. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

  1. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – tingkatkan bisnis Anda dengan LINKZ, daftar gratis di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version