Strategi Jepang Sukses di Industri Otomotif

Apa yang dikenal dengan Jepang? Dapat dipastikan teknologi merupakan salah satu jawaban yang tepat dalam menggambarkan Jepang.

Jepang dikenal sebagai pemimpin dunia dalam teknologi. Jika ada sesuatu yang baru muncul di bidang elektronik atau teknologi otomotif, maka itu pasti berasal dari Jepang.

Seperti Sony, Canon, Panasonic, Fujitsu, Sharp, Hitachi, NEC, Epson, dan Toshiba. Kemudian di bidang otomotif Honda, Mazda, Nissan, Toyota, Nintendo, Mitsubishi dan Subaru adalah perusahaan terbesar yang dikenal di dunia juga.

Industri Terbesar di Jepang

Industri manufaktur dapat dikatakan merupakan industri terbesar di Jepang.

Jepang telah berhasil menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi di berbagai bidang manufaktur yang meliputi semikonduktor, elektronik konsumen, serat optik, manufaktur mobil, optoelektronik, mesin fotokopi, faksimili, dan media optik.

Beberapa perusahaan kendaraan bermotor yang ada di Jepang antara lain Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mazda, Mitsubishi, Isuzu, dan Subaru. Ada juga perusahaan sepeda motor seperti Kawasaki, Yamaha, Suzuki, dan Honda.

Barang-barang manufaktur dari Jepang memiliki reputasi yang baik untuk kualitas, daya tahan, dan kecanggihan yang tinggi. Tidak mengherankan jika Jepang adalah produsen kendaraan terbesar ketiga, memproduksi 9.278.321 pada tahun 2015.

Selain itu, pabrikan Jepang memiliki hubungan global yang luas, terutama di Asia. Infrastruktur Jepang yang sangat baik dan hubungan perdagangan internasional di seluruh Asia dan sekitarnya, manufaktur di Jepang menjadi pilihan yang layak bagi sebagian orang.

Supaya tetap kompetitif, Jepang tidak bergantung pada biaya tenaga kerja yang rendah namun pada desain produk yang inovatif, standar kualitas tinggi dan tenaga kerja manufaktur kelas dunia.

Mengapa Jepang Bisa Sukses?

Reputasi Jepang dikenal sangat baik sebagai produsen mobil berkualitas.

Faktanya, sebagian besar mobil populer yang kita lihat di jalanan saat ini berasal dari pabrikan Jepang seperti Honda, Nissan, Mazda, Mitsubishi, dan Toyota.

Jadi bagaimana Jepang menjadi begitu mapan dalam industri otomotif dan apa yang mereka lakukan untuk tetap berada di puncak permainan sekarang?

1. Fokus pada ekspansi internasional

Salah satu alasan mengapa Jepang adalah salah satu dari tiga negara penghasil mobil teratas di dunia adalah karena mereka lebih fokus pada pasar internasional daripada pasar mereka sendiri.

Pasar global untuk mobil begitu kuat sehingga Jepang mengambil keputusan untuk memperluas industri otomotifnya dan mendapatkan pengakuan global.

Jangkauan global ini telah menjadi bagian penting dari industri otomotif Jepang selama bertahun-tahun dan keberhasilannya terbukti.

Pabrikan terkemuka Jepang, Toyota, telah melampaui tingkat produktivitas pabrikan mobil Amerika Serikat (AS) sejak 1960-an. Banyak penelitian menemukan bahwa Toyota memiliki tingkat efisiensi produksi tertinggi di industri mobil global.

2. Menerapkan sistem lean manufacturing

Tidak seperti Ford dan produksi massalnya di AS, Toyota, seperti banyak pabrikan mobil Jepang lainnya, memutuskan untuk menerapkan lean manufacturing, artinya mereka hanya membuat mobil berdasarkan permintaan pelanggan. Ini, pada gilirannya, mengurangi limbah dari produksi berlebih.

Sistem lean manufacturing diciptakan oleh pendiri Toyota Sakichi Toyoda dan telah membentuk cara semua produsen mobil di Jepang mengelola produksinya.

Proses tersebut sekarang digunakan di semua jenis industri serta menjadi proses manufaktur utama untuk industri otomotif di Jepang.

3. Produk berkualitas tinggi, andal, dan ramah lingkungan

Alasan mobil Jepang begitu populer adalah fokusnya pada kualitas dan keamanan yang tinggi, dan juga efisiensi bahan bakarnya.

Mobil Jepang ini lebih ramah lingkungan, yang merupakan nilai jual yang memungkinkan pabrikan mobil Jepang untuk tetap menjadi yang teratas. Ada juga peningkatan produksi mobil hybrid di Jepang yang menggunakan bahan bakar bensin dan listrik.

4. Mengikuti perkembangan industri otomotif

Adanya tekanan pada industri otomotif untuk beralih dari mobil gas dan diesel tradisional ke mobil listrik atau hibrida sepenuhnya, pabrikan Jepang perlu mengikuti perkembangan dunia untuk mempertahankan posisi mereka sebagai salah satu dari tiga produsen mobil teratas di dunia.

Terserah produsen mobil untuk beradaptasi. Salah satu cara yang dilakukan Jepang adalah dengan berfokus pada mobil hemat bahan bakar. Fokus ini membuat mereka tetap segar, relevan, terus berkembang, dan menjadi alasan besar mengapa mobil mereka begitu populer.

Dengan meningkatnya globalisasi industri otomotif, Jepang menjadi yang teratas dalam hal perdagangan suku cadang secara internasional dan domestik.

Tekanan tambahan pada pemasok domestik untuk menyediakan produk berkualitas lebih tinggi karena persaingan internasional hanya memotivasi pertumbuhan industri otomotif Jepang.

Apa yang Bisa Ditiru dari Jepang?

Dari empat poin di atas, kita dapat menyimpulkan beberapa hal:

1. Jepang sangat mengutamakan kualitas produk

Mereka menciptakan produk dengan kualitas terbaik supaya bisa bersaing dan diakui secara global.

Kalau Anda ingin memberikan katalog produk Anda untuk orang di luar kota atau negeri, Anda dapat memanfaatkan fitur Katalog Publik dari LINKZ.

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Anda dapat mengirimkan katalog ini ke siapapun dan mereka dapat langsung membeli dari Anda.

2. Jepang tidak melakukan produksi massal

Mereka melihat permintaan pasar dan membuat produk berdasarkan kebutuhan dan minat pasar. Selain mengurangi kerugian, ini juga mengurangi limbah produksi.

Baca juga Hilangkan Dead Stock yang Susah Terjual Perlu Anda Ketahui!

3. Jepang mengikuti perkembangan dunia

Misalnya, sekarang mobil listrik atau hibrida banyak diminati di pasar.

Baca juga Alasan TikTok Punya Peluang Besar Untuk Bisnis Anda!

Mungkin Jepang bukan yang nomor 1 secara global, tapi kita pasti sering melihat bahkan menggunakan produk-produk berkualitas yang berasal dari Jepang. 

Aplikasi LINKZ untuk Mengelola Bisnis

Supaya bisnis tetap berjalan dengan lancar, kami memberikan solusi dalam satu aplikasi untuk bisnis Anda.

LINKZ adalah aplikasi B2B yang menyediakan laporan bisnis secara real-time dan memberikan analisis bisnis yang tepat melalui fitur-fitur berikut:

1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

2. Laporan Bisnis

Fitur laporan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

3. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

4. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – dan mulai tingkatkan performa penjualan bisnis Anda dengan LINKZ, mulai daftar di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version