Search
  • Linkz

PSBB Jilid 2 bagi Pebisnis : Ancaman atau Kesempatan?




Jakarta dan sekitarnya telah menjalani PSBB (pembatasan sosial berskala besar) Jilid 2 selama kurang lebih 2 minggu. Tampaknya, hal ini kembali membawa kabar kurang baik bagi para pelaku usaha. Bagi sebagian besar pebisnis, PSBB ini merupakan ancaman karena menghambat peforma jual-beli dan menurunnya harga produk di pasaran. Tapi, jika dibahas dalam skala ekonomi, apakah PSBB ini termasuk Ancaman atau justru Kesempatan bagi pebisnis?


Bagi para pegawai maupun pekerja instansi swasta, PSBB jilid 2 ini mungkin bisa menjadi ancaman. Bagaimana tidak, PSBB jilid 1 saja sudah membuat sejumlah karyawan di-PHK secara masal karena pemasukkan yang didapatkan oleh perusahaan tidak sebanding dengan pengeluaran. Di sisi lain, UKM juga mengalami penurunan omzet yang lumayan significant. Dengan adanya kebijakan PSBB, para pebisnis UKM harus kembali memutar otak untuk mempertahankan bisnisnya dan terlepas dari ancaman bangkrut.




Namun dalam pandangan yang lain, banyak juga pebisnis yang menganggap ini sebagai suatu kesempatan. Berikut peluang yang tersedia bagi pebisnis yang menganggap PSBB ini bukan sebagai ancaman namun kesemptan:


Manfaatkan Media Online

Para pebisnis harus memanfaatkan media online di era serba teknologi seperti ini. Selain menjalakan protokol kesehatan yang disarankan oleh WHO : menjaga jarak dan tidak berkerumun, bisnis online ternyata dapat meningkatkan penjualan Anda. Selama PSBB, pebisnis dapat terus melakukan aktivitas jual-beli dengan dirumah saja. Sektor yang akan berkembang selama pandemi ini adalah: bidang kesehatan, bahan pangan, dan jasa. Ada banyak tips bisnis dan aplikasi online yang dapat dicoba pebisnis yang ingin beralih penjualan secara online.


Membuat pemasaran yang Unik

Indonesia sudah dinyatakan akan resesi karena harga jual produk pun menurun selama pandemi covid-19. Namun jadikanlah ini sebagai kesempatan untuk Anda membuat promosi yang unik secara online. Selain menghemat biaya iklan, Anda pun dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Pemasaran yang unik dapat dimaksud berupa promo maupun produk yang menarik agar pelanggan online tertarik untuk membeli.


Jika Anda berada di industri yang terdampak selama PSBB, mungkin ini saatnya Anda untuk mengubah cara pandang terhadap bisnis offline. Dalam kondisi yang serba terbatas, pebisnis harus bisa beradaptasi dengan situasi dan kebijakan yang baru. Dengan ketersediaannya teknologi dan media online, pebisnis dapat menjadikan ini peluang untuk memperbaiki manajemen penjualan, meningkatkan peforma penjualan, hingga menjangkau lebih banyak pelanggan.


Jadi dapat simpulkan bahwa PSBB ini bukanlah suatu ancaman yang patut ditakuti oleh para pebisnis, melainkan kesempatan untuk beradaptasi dan mengembangkan bisnis secara online. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda adalah Linkz, aplikasi ini dapat membantu UKM hingga distributor untuk terus mngembangkan bisnis kapanpun dan dimanapun.



Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies