Persaingan UMKM Ketat, Bagaimana Supaya Bisa Bertahan?

Penjualan UMKM yang meningkat adalah impian setiap pelaku usaha supaya mereka bisa tetap bertahan. Namun semakin banyak UMKM yang bermunculan saat ini membuat beberapa pelaku usaha kesulitan untuk bersaing. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika merasa terjebak di persaingan? Mari simak artikel ini selengkapnya.

Cara Meningkatkan Penjualan UMKM Supaya Bisa Bersaing

Semakin banyak saingan bisnis, Anda semakin dituntut untuk lebih giat dalam mempromosikan bisnis Anda. Namun, giat saja tidak cukup. Ada dua faktor yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Faktor pertama adalah produk, faktor kedua adalah pasar. Sebuah produk harus diminati dan dibutuhkan, maka penjualan Anda pasti meningkat. Berikut adalah cara meningkatkan penjualan UMKM:

Baca juga Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Lakukan Riset Pasar

Riset sangat penting untuk dilakukan supaya Anda mengetahui minat dan kebutuhan konsumen. Dari sana, Anda dapat membuat produk yang menjawab keinginan dan kebutuhan konsumen. Karena apabila produk bagus tapi tidak menjawab keinginan maupun kebutuhan, konsumen tidak akan membeli produk Anda.

Baca juga Gunakan Piramida Maslow untuk Meraup Keuntungan Besar

Tingkatkan kualitas produk

Sudah menjadi rahasia umum kalau konsumen menyukai kualitas produk yang baik. Semakin baik kualitas suatu produk, semakin meningkat minat konsumen yang ingin membeli produk tersebut. Kita dapat membuktikan hal ini dari produk e-commerce, misalnya. Pembeli tidak akan membeli produk dengan review atau rating yang buruk.

Kualitas produk juga dapat membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. Bila Anda memiliki kualitas produk yang baik dan unik, produk Anda dapat menjadi spotlight di antara produk-produk yang lain. Hal ini dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk dari Anda, bukan dari kompetitor.

Percantik kemasan produk

Hal yang dilihat pertama kali oleh konsumen adalah tampilan luar dari suatu produk. Terkesan sepele, tapi kemasan produk yang bagus dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk Anda. 

Bukan hanya itu, konsumen bisa kembali membeli produk Anda sebagai hadiah untuk teman-temannya. Hal ini dikenal sebagai word of mouth, yaitu proses pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Dengan memanfaatkan word of mouth, produk Anda dapat dikenal oleh lebih banyak orang.

Promosikan di media sosial

Bila sudah memiliki kualitas produk yang baik dan kemasan produk yang cantik, saatnya mempromosikan produk Anda di media sosial. Bangun kehadiran online di media sosial supaya konsumen dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda, apalagi zaman sekarang teknologi sangat relevan dengan kehidupan banyak orang. 

Baca juga Alasan TikTok Punya Peluang Besar untuk Bisnis

Buat konten dalam bentuk video

Reels Instagram dan FYP Tiktok merupakan alasan orang betah lama-lama di media sosial. Banyak orang menikmati konten dalam bentuk video karena visual maupun informasi yang disampaikan di dalam konten baik, informatif, atau menghibur. Selain itu, dengan visualisasi video, pesan dapat tersampaikan lebih jelas dan mengena di hati.

Salah satu tren pemasaran digital di tahun 2023 saat ini adalah membuat podcast tentang bisnis Anda dan memposting beberapa bagian ke Reels Instagram atau TikTok. Anda bisa mengikuti tren tersebut atau kalau mau membuat konten yang menarik, baca juga 6 Tips Masuk FYP TikTok.

Kerjasama dengan influencer

Influencer dapat membawa peningkatan yang signifikan untuk bisnis Anda. Dengan melakukan promosi dari pihak ketiga, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Tidak harus influencer dengan pengikut jutaan orang, Anda dapat mencari influencer mikro atau influencer makro. Influencer mikro merupakan influencer dengan jumlah pengikut puluhan ribu atau di bawahnya; sedangkan influencer makro merupakan influencer dengan jumlah pengikut ratusan ribu. 

Pastikan ketika bekerjasama dengan influencer, patuhilah peraturan kerjasama yang ada.

Digitalisasi Bisnis

Digitalisasi adalah transformasi model bisnis ke arah penggunaan proses digital daripada proses konvensional. Hal ini memang tidak secara langsung akan meningkatkan penjualan, tapi hal ini akan sangat membantu dalam melihat keadaan bisnis Anda di mana dan kapan saja. Dengan ini, Anda akan dimudahkan untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

LINKZ sebagai aplikasi yang mendukung digitalisasi bisnis akan menjadi pilihan terbaik Anda untuk menjalankan bisnis mulai dari mengatur penjualan, stok barang, laporan keuangan, hingga memberikan analisis yang tepat untuk bisnis Anda.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara yang dapat diterapkan jika ingin meningkatkan penjualan, mulai dari memerhatikan kualitas produk hingga bagaimana mempromosikan produk Anda. Semua hal ini mudah untuk dilakukan namun semua tetap butuh proses. Anda harus miliki ambisi, terus bereksperimen, dan tetap disiplin dalam menjalankan bisnis Anda.

Mari mulai bisnis sukses Anda di tahun 2023 bersama Linkz Asia. Jangan lupa bagikan artikel ini ke rekan Anda dan mulai saling membangun. Selamat berbisnis!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version