fbpx

Perbedaan Katalog Publik & Katalog Pribadi, Pilih yang Mana?

Bagi bisnis online, memiliki katalog produk adalah hal yang sangat penting. Melalui katalog produk, pelanggan dapat melihat berbagai informasi mengenai produk mulai dari harga, ukuran, warna, hingga lain-lainnya.

Katalog produk secara ini pun dinilai efektif dan efisien bagi penjual maupun pembeli dalam aktivitas jual-beli.

Kini, katalog produk secara online lebih diminati oleh pelanggan karena lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami.

Perbedaan Katalog Publik & Katalog Privat, Pilih yang Mana?

LINKZ sebagai B2B e-commerce enabler juga mempunyai fitur katalog produk, yaitu katalog publik dan katalog pribadi yang mempunyai fungsinya masing-masing bagi pebisnis.

E-commerce enabler berarti sebuah sistem yang bisa memecahkan masalah operasional dalam bisnis digital, jadi tentu saja katalog produk adalah hal yang sangat penting.

Sebagai aplikasi yang bergerak dibidang B2B e-commerce, informasi pengguna dan kepuasan pelanggan merupakan hal paling penting bagi kami.

Maka dari itu, sebelum menghadirkan katalog publik, LINKZ terlebih dahulu mempunyai fitur katalog pribadi.

Ini dia perbedaan antara katalog publik dan katalog pribadi di LINKZ:

Katalog Pribadi (Private Catalog)

Katalog yang hanya bisa diakses oleh pelanggan yang diberikan izin oleh Anda. Fitur katalog ini memungkinkan Anda untuk memberikan harga yang berbeda-beda untuk masing-masing pelanggan.

1. Berguna untuk B2B dengan berbagai kategori produk

Katalog Privat

Berbeda dengan B2C yang menargetkan langsung kepada pelanggan, disini LINKZ memberi perhatian lebih pada pengguna yang memiliki bisnis untuk memudahkan proses jual-beli dengan pelangaan.

Dalam katalog produk ini, LINKZ memberikan rincian khusus pada pengguna seperti satuan ukuran yang beragam mulai dari: pack, box, carton, master, dus, set, setiap, buah, pcs, meter^2, meter^3, mobil, lembar, unit, kg, roll, pail, liter, tin. Ini memudahkan para distributor, supplier, hingga toko yang mempunyai beragam produk dan bermacam satuan unit.

Selain itu, pengguna juga dibantu dengan satuan unit alternatif, seperti contohnya 1 pack yang berisikan 2 dus, 1 box yang berisikan 10 pcs, dan lain-lain.

Pengguna bisa saja mengganti satuan unit sesuai dengan informasi produk sehingga pelanggan yang membeli mendapatkan lebih banyak pilihan dan mengerti informasi produk hingga detail.

2. Menjaga pelanggan setia dengan pelayanan spesial

Melalui katalog pribadi, hanya pelanggan Anda yang dapat melihat katalog produk Anda.

Di katalog pribadi, pelanggan yang akan membeli produk Anda harus memiliki akun LINKZ terlebih dahulu dan terhubung dengan katalog harga Anda. Ini dilakukan demi menjaga privasi katalog produk Anda sehingga dapat mencegah kompetitor untuk melihat katalog harga Anda.

Biasanya, pembeli yang memliki akses katalog produk adalah pelanggan tetap Anda, jadi tentu saja ini akan menjaga kualitas proses jual-beli Anda.

Selain itu, Anda dapat memberi diskon kepada pelanggan tertentu saja. Begitu spesialnya katalog pribadi di LINKZ, Anda juga dapat memperlakukan pelanggan setia Anda dengan demikian.

Contohnya, Anda dapat memberi diskon 5% pada pelanggan A, tapi hanya pelanggan A yang dapat menerima diskon pada katalog produk tersebut. Sedangkan pada pelanggan B, Anda dapat memberikan diskon 10%, tapi tidak akan diketahui oleh pelanggan yang lainnya.

3. Untuk bisnis dengan harga yang berubah karena fluktuasi pasar

Fluktuasi adalah fenomena perubahan yang berupa naik turunnya variabel nilai tertentu yang disebabkan oleh perubahan di dalam mekanisme pasar. Ini adalah hal yang wajar terjadi dan Anda tidak dapat menghindar dari fluktuasi pasar.

Maka dari itu, katalog produk ini akan membantu untuk memperbarui harga produk Anda, sehingga pembeli tidak perlu menanyakan harga terbaru kepada sales Anda, tapi bisa langsung melihat dari katalog produk.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

 

Katalog Publik (Public Catalog)

Katalog ini memungkinkan Anda untuk membuat price list harga yang biasa Anda berikan ke semua pelanggan umum. Dilengkapi dengan link toko, tautan bisa dibagikan bagi pelanggan yang ingin bertanya tentang produk Anda secara umum.

1. Bisa bagikan katalog produk dimanapun

Katalog Publik

Dengan fitur terbaru LINKZ, yaitu katalog publik, para pengguna dimudahkan untuk menjangkau pelanggan melalui katalog produk.

Caranya, cukup share link katalog produk ke pelanggan > pelanggan click link tersebut > pelanggan bisa langsung checkout!

Selain memanjakan pelanggan setia, tentu pebisnis ingin memperluas jangkauan bisnisnya. Dengan fitur katalog produk ini, pengguna dapat bagikan link ke pelanggan dan pelanggan bisa langsung memesan produk yang diinginkan, namun tetap harus daftar di LINKZ terlebih dahulu.

2. Terintergrasi otomatis dengan stok gudang dan keuangan

Tenang saja, pelanggan yang memesan melalui katalog publik pun dapat terintergrasi secara otomatis dalam manajemen penjualan Anda.

Pesanan dapat dilihat di menu ‘Approver‘ dan jika pemesanan telah berhasil dibuat, hasil penjualan akan otomatis terekam pada ‘Dashboard‘.

Jadi, Anda tidak perlu memasukkan hasil penjualan secara manual lagi. Stok yang terdapat pada gudang Anda juga akan otomatis berkurang, sehingga tidak terdapat perbedaan stok pada pelanggan yang memesan melalui katalog privat maupun katalog publik.

3. Tersedia Guest Mode (Mode Tamu)

Seperti yang dijelaskan pada nomor satu, pelanggan Anda hanya perlu melewati proses ‘Click & Checkout. Hal ini dikarenakan pada guest mode yang dirancang untuk memudahkan proses pemesanan bagi pelanggan Anda yang belum memiliki akun LINKZ.

Pelanggan dapat melihat harga produk dan masukkan ke keranjang. Namun untuk menyelesaikan pesanan, pesanan harus daftar di LINKZ terlebih dahulu untuk menghindari akun robot (akun palsu) supaya aktivitas jual-beli Anda berkualitas.

Jadi kesimpulannya, Anda bisa menggunakan katalog produk LINKZ untuk:

  1. Mengelola pesanan B2B dengan katalog pribadi.
  2. Memanjakan pelanggan B2C dengan katalog publik.
  3. Mempertahankan pelanggan setia dengan kemampuan untuk menyimpan histori penjualan
  4. Kelola keuangan bisnis dengan pengelolaan pesanan terintegrasi ke rekening piutang

Meskipun agak berbeda dalam proses pemesanan produk, Anda tidak perlu khawatir dalam mencatat penjualan dan stok gudang yang tersedia. Kedua fitur ini sudah terintergrasi secara otomatis kedalam laporan penjualan Anda.

Masih melakukan penjualan dan pencatatan secara manual? Anda harus mencoba fitur katalog publik dan katalog pribadi dari LINKZ! Selain dapat meningkatkan pesanan pelanggan Anda, juga dapat menjangkau pelanggan baru.

Anda dapat daftar LINKZ di sini.

Anda dapat mengunduh LINKZ di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *