Perbedaan E-commerce Marketplace dengan E-commerce Solution

Saat ini, hampir setiap perusahaan di Indonesia menjual beberapa jenis produk secara online, terutama dengan E-commerce.

Dari produk fisik, atau barang digital seperti perangkat lunak atau layanan, setiap bisnis membutuhkan solusi bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial dan mengeksplorasi kemungkinan baru.

Namun, banyak pengusaha sering menghadapi kesulitan dalam memutuskan solusi mana yang paling cocok untuk bisnis mereka.

Banyak pebisnis yang beralih ke marketplace yang sudah ada di pasaran, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya – tanpa tahu bahwa ada alternatif lainnya yang mungkin lebih cocok untuk jenis bisnis mereka.

Pengertian E-commerce Marketplace

E-commerce marketplace (atau pasar online) adalah jenis platform di mana produk atau layanan disediakan oleh banyak pihak ketiga. Marketplace adalah salah satu opsi dari lingkup penjualan bisnis dan dapat menjadi cara untuk merampingkan proses produksi.

Di marketplace, transaksi konsumen diproses oleh operator pasar dan kemudian dikirimkan dan dipenuhi oleh pengecer atau grosir yang berpartisipasi. Jenis platform ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan menjual lebih dari satu item dengan biaya “pasca-penjualan”.

Semakin tinggi order value dan juga banyaknya transaksi, semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan di platform marketplace tersebut. Untuk itu, terkadang penjual harus meningkatkan harga penjualan agar service fee ditanggung semua maupun sebagian oleh pembeli.

Baca Juga: Distributor, Yakin Terjun ke Marketplace? Jangan Sampai Kegagalan Ini Terjadi!

Pengertian E-commerce Solution

E-commerce solution adalah produk dan layanan yang membantu pebisnis menjalankan bisnis secara elektronik. Kisaran solusi e-commerce yang tersedia sangat luas, termasuk yang memungkinkan bisnis tradisional untuk merancang, membuat, dan memiliki toko virtual secara online.

Beberapa solusi fokus pada masalah tertentu. Misalnya, bisnis yang menjual barangnya melalui situs World Wide Web mungkin membeli solusi manajemen bandwidth dari perusahaan seperti Packeteer Inc. dalam upaya mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk transaksi perdagangan daripada fungsiaplikasi lain.

Demikian pula, pebisnis grosir dan retail yang ingin meningkatkan proses orderan online yang terintegrasi dengan stok untuk pelanggannya dapat beralih ke vendor khusus seperti LINKZ untuk solusi inventory dan orderan.

Di marketplace, loyalitas pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan.

Pelanggan yang membeli dari marketplace biasanya merupakan end customer. Pelanggan yang hanya membeli sesekali memang dibutuhkan agar bisnis Anda tetap berjalan. Namun, 80% dari transaksi Anda harusnya datang dari pelanggan tetap agar bisnis lebih berkelanjutan.

Untuk itu, dibutuhkan solusi untuk menjaga pelanggan dan supplier Anda dalam satu ekosistem yang sama.

Pelaku distribusi grosir & retail membutuhkan solusi yang lebih cocok daripada marketplace.

Keunggulan E-commerce Solution untuk Bisnis

Dengan katalog ekslusif yang bisa Anda sesuaikan untuk pelanggan terbaik Anda – menjadi kunci loyalitas pelanggan dan menjaga kemudahan Anda mengakses semua hal yang terjadi di dalam bisnis Anda dalam satu tempat yang sama.

1. Kontrol Bisnis yang Lebih Baik

  1. Akses: Anda bisa mengontrol pelanggan mana yang dapat melihat/ mengakses katalog Anda. Tersedia Katalog Publik & Katalog Privat yang bisa Anda gunakan keduanya.
  2. Katalog publik: Katalog yang bisa Anda share ke semua pelanggan hanya dengan menyalin tautan
  3. Katalog privat: Katalog yang bisa Anda share dengan cara menambahkan email pelanggan – yang hanya bisa diakses oleh pelanggan pilihan Anda. Katalog ini biasanya digunakan jika Anda memberikan harga khusus untuk pelanggan tertentu.
  4. Harga: Jika bisnis Anda cukup sensitif dengan harga dengan persaingan, fitur katalog bisa disesuaikan dengan harga / diskon berbeda, persyaratan kredit, dll untuk masing-masing pelanggan yang berbeda.
  5. Tersedia kostumisasi sesuai produk: Anda juga bisa menggunakan satuan ukuran yang berbeda untuk produk yang sama (misalnya Anda dapat menjual gula per paket, kilogram, kotak) – semua tersedia dalam fitur katalog digital.

Baca selengkapnya di sini.

2. Keunggulan dibandingkan Marketplace

Jika Anda mengarahkan pelanggan ke marketplace, pelanggan dapat dengan mudah menemukan semua saingan bisnis Anda. Apakah Anda benar-benar ingin pelanggan Anda menemukan penjual dengan produk serupa?

Katalog LINKZ menempatkan pemesanan langsung di tangan pelanggan (kapanpun, dimanapun). Dengan fitur katalog yang publik dan privat, Anda bisa memastikan toko Anda buka 24/7 dan dengan harga yang sesuai dengan pembeli Anda.

Pelanggan Anda tidak perlu membuang waktu menunggu staf penjualan Anda menelepon kantor untuk memeriksa stok, memeriksa harga, dsb. sehingga kepuasan pelanggan akan tetap terjaga.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Kesimpulan

Kesimpulannya, jika bisnis Anda sedang berkembang ataupun sudah di tahap stabil, dimana Anda sudah memiliki pelanggan tetap, supplier-supplier yang sudah Anda percayai, mungkin Anda membutuhkan solusi yang lebih cocok daripada marketplace.

Marketplace memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan penjualan, jika produk Anda unik dan persaingan harga tidak menjadi masalah untuk Anda.

Beralih ke e-commerce solution seperti LINKZ yang mudah untuk disesuaikan dengan bisnis Anda merupakan pilihan tepat agar Anda tidak kalah bersaing & menjaga loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version