fbpx

Manfaat Business Matching untuk Meningkatkan Penjualan

Apabila Anda setuju bahwa koneksi dalam bisnis itu penting, maka Anda perlu mengenal istilah business matching.

Business matching adalah kegiatan pertemuan antara pelaku bisnis dengan calon mitra distribusi, calon mitra supplier, calon mitra pendanaan, dan juga calon mitra investor.

Biasanya business matching ditemukan di berbagai acara yang memberikan kesempatan bagi Anda, pebisnis, untuk bertatap muka dan mendiskusikan bisnis secara langsung.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan koneksi antara Anda dengan pebisnis lainnya. Kegiatan ini sangat memungkinkan Anda melangkah lebih dekat meraih keuntungan.

Baca juga Bingung Mau Membangun Bisnis Apa? Baca 4 Hal Berikut

Daftar LINKZ

Koneksi merupakan salah satu modal penting ketika berbisnis.

Menambah koneksi berarti menambah wawasan dan peluang baru. Anda dapat saling mempelajari tren baru hingga saling bertukar pikiran – yang hasilnya dapat dijadikan referensi dan diimplementasikan ketika Anda mengembangkan bisnis.

Manfaat Business Matching untuk Meningkatkan Penjualan

Manfaat Business Matching

Pastinya Anda ingin membawa bisnis Anda ke arah yang lebih baik, dan sekarang, Anda bisa menggunakan metode business matching.

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dari kegiatan business matching?

1. Memperluas koneksi

Kegiatan ini menyatukan pebisnis di satu tempat dan menyediakan ruang bagi mereka untuk mempresentasikan produk/jasa mereka dengan calon partner.

Adanya hal tersebut dapat membuka opsi untuk menambah pengalaman hingga menjalin kerja sama antar pebisnis.

2. Hemat biaya dan waktu

Anda dapat belajar langsung dari pakar-pakar bisnis, menemui beberapa pebisnis lainnya; intinya membuka banyak wawasan baru untuk Anda sebagai pebisnis di satu ruang. Sangat efisien bukan?

3. Membuka peluang baru

Banyaknya wawasan akan membuka peluang baru.

Setiap orang memiliki wawasan yang berbeda-beda, dan Anda dapat menyerap semua itu di kegiatan ini. Seperti yang disebut sebelumnya, hasil ini dapat diimplementasikan ketika Anda mengembangkan bisnis.

Baca juga Potensi Industri MRO Membuka Peluang Bagi Bisnis Anda!

Pentingnya Membangun Koneksi dalam Bisnis

Manusia tidak dapat hidup sendiri, begitu juga dengan bisnis.

Bisnis membutuhkan banyak waktu dan Anda butuh dukungan melalui jaringan koneksi Anda. Dengan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki dorongan dan ambisi yang sama, Anda lebih mungkin untuk bergerak maju.

Lantas, apa yang bisa didapatkan dari jaringan koneksi Anda?

1. Pengetahuan

Melalui koneksi, Anda dapat berbagi ide dan pengetahuan.

Entah apakah itu meminta umpan balik atau mendiskusikan sudut pandang Anda, itu akan membantu Anda memperluas pengetahuan Anda dan memungkinkan Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif lain.

Kemungkinan juga bahwa Anda kesempatan untuk belajar dan menghindari beberapa kesalahan di masa lalu yang mereka alami.

2. Peluang

Tidak ada yang tahu kapan atau bagaimana peluang akan terwujud. Baik itu rujukan, penawaran kemitraan, atau permintaan untuk layanan atau produk Anda, penting untuk siap menangkap peluang ketika peluang itu datang.

3. Koneksi

Selain mendapatkan eksposur, Anda juga dapat benar-benar membangun koneksi. Misalnya jika seseorang yang mereka kenal memiliki kebutuhan yang sesuai dengan bisnis Anda, jika Anda telah membuat kesan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan rujukan.

Dan bukan hanya jalan satu arah. Jika seseorang di jaringan Anda cocok dengan bisnis Anda, jangan ragu untuk membagikan detailnya. Itu akan memperkuat hubungan Anda.

4. Kepercayaan diri

Faktanya, menjalin koneksi secara teratur dan mendorong diri Anda untuk berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Pertumbuhan bisnis Anda bergantung pada berbicara dengan orang dan membuat koneksi sehingga ini adalah atribut penting sebagai pemilik bisnis.

5. Reputasi

Orang akan mulai mengenali Anda ketika Anda teratur menghadiri acara bisnis dan sosial.

Ini dapat membantu Anda membangun reputasi Anda sebagai orang yang berpengetahuan, andal, dan suportif dengan menawarkan informasi atau tip yang berguna kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Ada kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak prospek dan rujukan karena Anda akan menjadi orang yang muncul di kepala mereka ketika mereka membutuhkan apa yang Anda tawarkan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Ketika Business Matching?

Ketika kesempatan muncul, jangan takut untuk mengejarnya,” Eddie Kennison.

Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk meraup keuntungan. Supaya Anda tidak gugup atau panik ketika berdiskusi dengan pebisnis lainnya, siapkan hal-hal berikut ini:

1. Tentukan tujuan

Ingat bahwa business matching tidak selalu berakhir dengan kontrak kerja atau kawin paksa.

Yang ingin Anda dapatkan dari kegiatan ini adalah membuat koneksi dan memulai hubungan; menciptakan chemistry pada level individu; dan menciptakan kesan yang baik.

2. Lakukan riset

Siapa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini?

Perhatikan perusahaan yang konsisten membeli dan membutuhkan produk/jasa yang Anda jual. Apa kriteria menjadi partner mereka?

Tujuannya supaya Anda mendapatkan strategi tentang meeting yang akan Anda adakan, tidak semata-mata hanya untuk bertemu.

3. Audit tampilan online

Kalau Anda penasaran dengan sebuah bisnis apa yang akan Anda lakukan?

Tentu, mencari bisnis tersebut di browser atau media sosial.

Proses audit online ini untuk memastikan semua yang muncul terkini, akurat, dan memposisikan merek Anda sebaik mungkin.

Optimalkan situs dan media sosial Anda supaya bisnis Anda dipandang relevan dan baik.

4. Siapkan materi

Penting untuk menyiapkan materi supaya Anda dapat mempresentasikan diri Anda lebih baik.

Materi dapat dipresentasikan dalam bentuk PowerPoint apabila Anda mengikuti kegiatan ini secara virtual.

5. Follow up!

Sebelum selesai, coba tanyakan bagaimana dia lebih suka untuk tetap berhubungan.

Jika mereka tampak terbuka untuk ditelepon, jadwalkan saat itu juga. Selanjutnya, buat rencana tindakan strategis untuk hari-hari dan minggu-minggu setelah acara tersebut untuk lebih memupuk hubungan.

Jangan khawatir apabila Anda terkesan tidak mendapatkan hasil yang saat itu juga. Semua butuh proses, semua persiapan dan kegigihan Anda akan membuahkan hasil!

Kesimpulan

Inti dari business matching adalah membangun hubungan dengan sesama pebisnis. Kegiatan ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda untuk memanfaatkan peluang mengembangkan bisnis.

Tentang LINKZ

LINKZ juga menawarkan Anda sebuah aplikasi yang dapat mengelola bisnis lebih efisien.

LINKZ dapat menjalankan bisnis, menyimpan, dan memberikan analisis bisnis yang tepat hingga menjalin koneksi dengan supplier/customer melalui fitur-fitur berikut:

  1. Katalog Publik (Katalog Digital)
    Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

    Hanya dengan mengirimkan tautan, pelanggan Anda dapat melihat katalog produk Anda secara lengkap beserta dengan harganya.

  2. Penjualan dan Pembelian
    Tahukah Anda bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli kertas maupun buku untuk mencatat transaksi? Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk pencatatan secara paperless.
  3. Laporan Keuangan
    Mengetahui detail jumlah transaksi tentunya sangat penting bagi sebuah bisnis. Pada fitur ini Anda dapat melihat laporan transaksi secara lengkap dan faktur yang dapat disaring berdasarkan tanggal.

    Rangkuman laporan keuangan yang disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

  4. Notifikasi Auto-Update
    Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi Linkz bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Tingkatkan performa penjualan bisnis Anda dengan LINKZ, mulai daftar di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *