fbpx

Pahami Manajemen Penjualan: Pengertian, Proses, dan Sumber Daya

Fleksibel dan mau berimprovisasi untuk mendapatkan “Deal!” dari prospek adalah kunci sukses penjualan.

Proses penjualan adalah serangkaian aktivitas yang direncanakan pada setiap tahap saluran penjualan Anda digunakan sebagai peta untuk memajukan penjualan. Proses penjualan dimulai dengan menghubungi prospek dan berakhir dengan memenangkan kesepakatan (Zoho).

Pahami Manajemen Penjualan Pengertian, Proses, & Sumber Daya
 

Pengertian Manajemen Penjualan

Manajemen penjualan adalah koordinasi orang dan sumber daya untuk secara efektif menghasilkan tujuan yang diinginkan. Sasaran jangka panjang ini bisa sangat luas, namun pada umumnya mereka meningkatkan volume penjualan, kontribusi terhadap laba, dan pertumbuhan berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan ini, manajer penjualan memiliki tanggungjawab yang luas termasuk, tetapi tidak terbatas pada: perkiraan permintaan/penjualan, penetapan kuota/sasaran, penganggaran, organisasi, rekrutmen, pelatihan, kompensasi, dan evaluasi kinerja penjualan.

Dengan kata lain manajemen penjualan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan pengendalian terhadap aktivitas menjual sebuah perusahaan melalui tenaga kerja penjualan.

Proses Manajemen Penjualan

test alt text
 

Biasanya, proses penjualan terdiri dari 5-7 langkah: Prospeksi, Persiapan, Pendekatan, Penjualan, Penanganan Keberatan, Penutupan, dan Purnajual.

Namun, umumnya 5 tahapan ini merupakan inti dari proses penjualan:

1. Mempersiapkan Pengetahuan akan Manajemen Penjualan

Pertama, persiapkan tenaga penjual untuk mengetahui dan memahami semua hal tentang produk yang akan ditawarkan, seperti profil produk, pasar produk, teknik penjualan, dan persaingan.

2. Menentukan Pembeli Potensial

Kedua, ketahui calon pembeli potensial. Salah satu caranya, tenaga penjualan bisa memeriksa daftar pelanggan terdahulu dan masa kini. Lalu menyusun daftar calon pelanggan potensial berdasarkan produk yang akan ditawarkan.

3. Lakukan Pendekatan Pendahuluan

Pada tahap ketiga, tenaga penjualan harus mengetahui beberapa hal detail terkait calon pembeli potensial. Hal detail itu antara lain produk yang dipakai calon konsumen dan respons mereka terhadap suatu produk.

Informasi semacam itu diperlukan tenaga penjualan sehingga mereka dapat menyesuaikan teknik penjualan yang tepat kepada calon konsumen tersebut.

4. Melaksanakan Penjualan

Keempat, lakukan presentasi yang menarik perhatian calon pembeli. Selain itu tenaga penjualan  berusaha sungguh-sungguh menjelaskan pentingnya produk yang ditawarkan sebagai pemenuhan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

5. Memberikan Pelayanan Purnajual

Tahapan terakhir, Anda harus memberikan pelayanan purnajual yang maksimal. Aktivitas penjualan tidak berakhir saat calon konsumen membeli produk yang Anda jajakan. Agar konsumen itu menjadi pelanggan tetap, layanan purnajual bisa Anda lakukan seperti pengantaran barang gratis atau garansi mesin untuk lima tahun.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Sumber Daya (Tools) untuk Mendukung Penjualan

Untuk memberikan pandangan yang jelas tentang proses manajemen penjualan Anda, Anda memerlukan saluran penjualan yang dikelola dengan baik.

Anda harus menemukan cara untuk melihat peluang yang tersedia bagi tim penjualan, menunjukkan secara akurat pendapatan yang akan dihasilkan tim dalam beberapa bulan ke depan.

Melibatkan teknologi dalam strategi penjualan Anda akan memastikan Anda memaksimalkan keuntungan dan memastikan bahwa tidak ada kesepakatan yang gagal.

Sementara beberapa orang pada awalnya memilih untuk spreadsheet Excel dan catatan tempel, dokumentasi apa pun adalah awal yang baik, CRM, atau manajemen hubungan pelanggan, tools seperti ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambaran umum tentang aset Anda saat ini dan menentukan faktor penentu utama keberhasilan masa depan perusahaan Anda. Contoh CRM adalah Salesforce, Hubspot, dan sebagainya.

Dan alat yang tidak kalah pentingnya bagi proses penjualan adalah aplikasi solusi penjualan B2B dengan fitur manajemen penjualan, pembelian, pelacakan inventaris, dan bahkan keuangan, contohnya seperti LINKZ. Aplikasi ini akan memampukan tim penjualan Anda untuk berkolaborasi dengan bagian gudang dan keuangan secara instan.

Memampukan penjualan Anda meningkat dengan memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara singkat, hanya beberapa klik dan kirim invoice digital melalui media komunikasi seperti WhatsApp dan email.

Segera hubungi kami dan kami dengan senang hati akan membantu Anda menyelamatkan bisnis Anda dari bahaya virus corona. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *