Search
  • Linkz

Pahami Manajemen Penjualan: Pengertian, Proses, & Sumber Daya

Updated: Jul 13


Fleksibel dan mau berimprovisasi untuk mendapatkan "Deal!" dari prospek - kunci sukses penjualan.

Pengertian Manajemen Penjualan

Manajemen penjualan adalah koordinasi orang dan sumber daya untuk secara efektif menghasilkan tujuan yang diinginkan. Sasaran jangka panjang ini bisa sangat luas, namun pada umumnya mereka meningkatkan volume penjualan, kontribusi terhadap laba, dan pertumbuhan berkelanjutan.


Untuk mencapai tujuan ini, manajer penjualan memiliki tanggung jawab yang luas termasuk, tetapi tidak terbatas pada: perkiraan permintaan / penjualan, penetapan kuota / sasaran, penganggaran, organisasi, rekrutmen, pelatihan, kompensasi, dan evaluasi kinerja penjualan.


Dengan kata lain manajemen penjualan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan pengendalian terhadap aktivitas menjual sebuah perusahaan melalui tenaga kerja penjualan.




Proses Manajemen Penjualan

Sumber: superoffice.com

Biasanya, proses penjualan terdiri dari 5-7 langkah: Prospeksi, Persiapan, Pendekatan, Penjualan, Penanganan keberatan, Penutupan, dan Purnajual. Namun, umumnya 5 tahapan ini merupakan inti dari proses penjualan:


1. Mempersiapkan Pengetahuan

Pertama, persiapkan tenaga penjual untuk mengetahui dan memahami semua hal tentang produk yang akan ditawarkan, seperti profil produk, pasar produk, teknik penjualan, dan persaingan.


2. Menentukan pembeli potensial

Kedua, ketahui calon pembeli potensial. Salah satu caranya, tenaga penjualan bisa memeriksa daftar pelanggan terdahulu dan masa kini. Lalu menyusun daftar calon pelanggan potensial berdasarkan produk yang akan ditawarkan.


3. Lakukan Pendekatan Pendahuluan

Pada tahap ketiga, tenaga penjualan harus mengetahui beberapa hal detail terkait calon pembeli potensial. Hal detail itu antara lain produk yang dipakai calon konsumen dan respons mereka terhadap suatu produk. Informasi semacam itu diperlukan tenaga penjualan sehingga mereka dapat menyesuaikan teknik penjualan yang tepat kepada calon konsumen tersebut.


4. Melaksanakan penjualan

Keempat, lakukan presentasi yang menarik perhatian calon pembeli. Selain itu tenaga penjualan  berusaha sungguh-sungguh menjelaskan pentingnya produk yang ditawarkan sebagai pemenuhan keinginan dan kebutuhan calon konsumen.


5. Memberikan Pelayanan Purnajual

Tahapan terakhir, Anda harus memberikan pelayanan purnajual yang maksimal. Aktivitas penjualan tidak berakhir saat calon konsumen membeli produk yang Anda jajakan. Agar konsumen itu menjadi pelanggan tetap, layanan purnajual bisa Anda lakukan seperti pengantaran barang gratis atau garansi mesin untuk lima tahun.



Sumber Daya (Tools) untuk Mendukung Penjualan

Untuk memberikan pandangan yang jelas tentang proses manajemen penjualan Anda, Anda memerlukan saluran penjualan yang dikelola dengan baik. Anda harus menemukan cara untuk melihat peluang yang tersedia bagi tim penjualan, menunjukkan secara akurat pendapatan yang akan dihasilkan tim dalam beberapa bulan ke depan.


Memasukkan teknologi dalam strategi penjualan Anda akan memastikan Anda memaksimalkan keuntungan dan memastikan bahwa tidak ada kesepakatan yang gagal.


Sementara beberapa orang pada awalnya memilih untuk spreadsheet excel dan catatan tempel, dokumentasi apa pun adalah awal yang baik, CRM, atau manajemen hubungan pelanggan, tools seperti ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambaran umum tentang aset Anda saat ini dan menentukan faktor penentu utama keberhasilan masa depan perusahaan Anda. Contoh produk CRM yang cukup terkenal meliputi Salesforce, Hubspot, dan sebagainya.


Dan alat yang tidak kalah pentingnya bagi proses penjualan adalah aplikasi B2B e-commerce solution dengan fitur manajemen penjualan, pembelian, pelacakan inventaris, dan bahkan keuangan, contohnya seperti Linkz. Aplikasi semacam ini akan memampukan tim penjualan Anda untuk berkolaborasi dengan bagian gudang dan keuangan secara instan. Memampukan penjualan Anda meningkat dengan memudahkan komunikasi dengan pelanggan secara singkat - hanya beberapa klik dan kirim invoice digital melalui media komunikasi seperti Whatsapp dan email.





22 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies