fbpx

Kolaborasi: Kunci untuk Menang Hadapi Resesi 2023

Di tengah ketidakstabilan perekonomian dunia, kolaborasi menjadi kunci untuk menang hadapi resesi di 2023.

Kolaborasi: Kunci untuk Menang Hadapi Resesi 2023

Kolaborasi adalah proses kerja sama antara dua atau lebih orang untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Dengan berkolaborasi, sebuah bisnis dapat memanfaatkan koneksi internal dan eksternal untuk menghasilkan ide, menemukan solusi, dan mencapai tujuan bersama untuk bisnis.

Kolaborasi yang efektif dapat menjadi alat yang ampuh dalam mengembangkan bisnis Anda dan menghasilkan ide-ide baru yang menarik. Melalui komunikasi dan kerja sama yang terbuka, jujur, dan produktif, kolaborasi akan menguntungkan kedua belah pihak.

Baca juga Manfaat Business Matching untuk Meningkatkan Penjualan

Tipe-Tipe Kolaborasi

Anda dapat menemukan peluang untuk berkolaborasi dengan orang-orang dalam organisasi Anda atau di luarnya, termasuk interaksi langsung dan virtual.

Mempelajari berbagai jenis kolaborasi yang tersedia dapat membantu Anda mengidentifikasi cara terbaik untuk bertemu dan bekerja dengan orang lain. Berikut adalah dua tipe kolaborasi:

1. Kolaborasi internal

Pada dasarnya kolaborasi internal adalah kata lain untuk kerja sama tim. Banyak bisnis sudah melihat manfaat kolaborasi di dalam perusahaan mereka, termasuk penghematan waktu dan peningkatan produktivitas. Bahkan dengan kemajuan teknologi kita bisa melakukan kolaborasi jarak jauh, contohnya dengan memanfaatkan teknologi seperti:

  • Pesan instan – komunikasi online cepat untuk bisnis sehari-hari
  • Konferensi video – kontak tatap muka tanpa perlu melakukan perjalanan ke kantor
  • Ruang kerja online – berkomunikasi, berkolaborasi, dan berbagi ide dalam satu ruang online
  • Berbagi cloud – alat cloud menawarkan fungsionalitas untuk berkolaborasi pada file, tugas, proyek, dan kalender secara real-time dalam satu ruang online bersama yang dapat diakses

Baca juga 5 Alasan Bisnis Anda Perlu Beralih ke Sistem Cloud

2. Kolaborasi eksternal

Kolaborasi bisnis eksternal mengambil berbagai bentuk. Memutuskan jenis kolaborasi yang tepat untuk bisnis Anda tergantung pada apa yang ingin Anda dapatkan darinya dan berapa lama Anda ingin bertahan.

  • Aliansi
    Aliansi biasanya melibatkan dua atau tiga perusahaan untuk bekerja bersama dengan menggabungkan pengetahuan dan sumber daya untuk memenuhi tujuan bersama. Ini bagus untuk bisnis dengan celah dalam pengetahuan atau sumber daya mereka yang dapat diisi oleh perusahaan lain.
  • Ko-opetisi
    Ko-opetisi adalah kolaborasi dengan pesaing. Contohnya adalah Pfizer dan BioNTech yang pada Maret 2020 melakukan perjanjian untuk bersama-sama mengembangkan vaksin COVID-19. Perjanjian ini memungkinkan kedua perusahaan farmasi untuk menggabungkan kemampuan pengembangan dan manufaktur. Akibatnya, mereka bisa mendapatkan vaksin ke pasar pada akhir tahun 2020 dan telah menghasilkan ratusan juta dosis pada tahun 2021.
  • Masyarakat
    Kolaborasi masyarakat melibatkan bisnis yang bekerja dengan individu atau komunitas lain. Sebuah komunitas dapat berarti komunitas lokal bisnis Anda dan komunitas pelanggan Anda – sehingga kolaborasi komunitas dapat berkisar dari bergabung dengan kemitraan bisnis lokal hingga berkolaborasi dengan influencer media sosial yang menyukai produk Anda.
  • Jaringan
    Kolaborasi jaringan adalah ketika sekelompok bisnis dengan tujuan dan nilai yang sama bekerja sama sebagai jaringan. Bisnis-bisnis ini memiliki minat bersama yang berarti bahwa mereka dapat berkolaborasi dalam proyek yang saling menguntungkan dan mendapatkan akses ke sumber daya dan basis pelanggan masing -masing.
  • Ekosistem
    Ekosistem terdiri dari kolaborasi jangka panjang, saling bergantung antara sekelompok bisnis. Koneksi tidak seaman dalam jaringan, portofolio, atau aliansi, tetapi bisnis dalam ekosistem bekerja sama dengan berbagi keterampilan, teknologi, dan inovasi.

Keuntungan dari Kolaborasi

Banyak bisnis bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, menginspirasi ide-ide baru, dan memupuk inovasi. Jadi, saat memikirkan tentang kolaborasi bisnis, Anda boleh mencari peluang untuk bekerja dengan perusahaan, klien, dan individu di luar karyawan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa keuntungan dari kolaborasi:

1. Tersedianya sumber daya

Ketika bisnis berkolaborasi secara internal atau eksternal, sumber daya yang mungkin tidak diketahui atau diakses oleh individu akan tersedia.

2. Menghemat waktu

Kerja kolaboratif pada akhirnya menghemat waktu dan merampingkan alur kerja tim Anda.

3. Peluang belajar

Bekerja lebih dekat dengan bisnis lain dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama proses dan menerapkan pengetahuan tersebut di masa mendatang.

4. Inovasi

Dr Jabe Wilson, direktur konsultan untuk Elsevier, berkata, “Perspektif baru yang dapat dibawa oleh organisasi luar sangat berharga untuk inovasi”. Perspektif baru menawarkan peluang bagi bisnis untuk menghasilkan ide-ide baru dan kreatif serta membuat pemangku kepentingan senang!

Kolaborasi Dapat Menumbuhkan Bisnis Anda

Sains telah menunjukkan bahwa kolaborasi dalam bisnis dapat membantu menginspirasi dan mengajari Anda saat mengembangkan bisnis. Berikut adalah lima alasan Anda harus peduli tentang kolaborasi dalam bisnis kecil Anda:

1. Membuka perspektif baru

Rutinitas bisnis Anda sehari-hari dapat membuat Anda lupa bahwa mungkin ada cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu, teknik yang berbeda untuk dicoba, dan alat baru yang dapat menghemat waktu dan uang Anda.

Melalui kolaborasi, Anda bisa mendapatkan perspektif baru yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda lebih efektif.

2. Menambah koneksi

Menjadi sukses dalam bisnis mengharuskan Anda secara konsisten membuat koneksi dan membentuk aliansi. Bayangkan bagaimana bisnis Anda akan berkurang jika Anda terus berjejaring dan menjual ke grup yang sama berulang kali.

Meskipun setiap kontak yang Anda lakukan mungkin tidak menghasilkan kolaborasi, setiap kali Anda menjangkau seseorang untuk menjelajahi kemungkinan, Anda memperluas jaringan Anda.

3. Peluang untuk belajar

Salah satu manfaat kolaborasi terbesar adalah peluang untuk belajar. Setiap interaksi yang Anda miliki dengan seseorang dapat mengajari Anda sesuatu yang berharga.

4. Menghemat uang

Jika Anda berkolaborasi dengan bisnis lain dan bagian dari persyaratan melibatkan berbagi pengembangan dan biaya pemasaran, Anda dapat menggandakan anggaran Anda sambil mengurangi biaya.

Misalnya, Anda dapat berbagi ruang booth pameran dengan mitra Anda dan kemudian memasarkan partisipasi mereka. Ini dapat menarik lebih banyak pengunjung booth untuk datang kepada Anda dan mitra Anda.

5. Membantu memecahkan masalah

Jika satu orang tidak dapat mencapai sesuatu sendiri, dua atau tiga atau lebih orang mungkin bisa menyelesaikannya.

Ketika kita bingung, sebagian besar dari kita segera pergi ke mitra, mentor, atau sumber daya tepercaya lainnya yang bertindak sebagai papan suara dan membantu kita mengatasi masalah tersebut. Semakin sulit masalahnya, semakin banyak kita bisa mendapatkan manfaat dari mendapatkan masukan dari seseorang di luar situasi.

Aplikasi LINKZ untuk Menghubungkan Bisnis

Supaya usaha bisnis tetap berjalan dengan lancar, kami memberikan solusi dalam satu aplikasi untuk Anda.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis B2B yang menyediakan laporan kegiatan bisnis secara real-time dan menghubungkan bisnis Anda dengan distributor, supplier, maupun bisnis lainnya melalui fitur-fitur berikut:

1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

2. Laporan Bisnis

Fitur laporan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

3. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

4. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – dan mulai saling membangun dengan LINKZ, daftar gratis di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *