Pemasaran vs Penjualan: Kenali Perbedaannya

Apa perbedaan antara pemasaran dan penjualan?

Pemasaran mengacu pada kegiatan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan kepada publik, sedangkan penjualan mengacu pada kegiatan transaksi di mana barang atau jasa ditukar dengan uang.

Walaupun pemasaran dan penjualan adalah dua hal yang berbeda, namun keduanya merupakan proses yang saling terkait. Tidak ada penjualan tanpa pemasaran dan tidak ada pemasaran tanpa penjualan.

Baca juga Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Supaya lebih jelas, mari simak penjelasan selengkapnya berikut.        

Konsep Pemasaran

Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengenalkan suatu produk atau layanan ke konsumen. Kegiatan ini dapat berupa mempromosikan bisnis melalui berbagai macam media dan konten baik secara tradisional maupun digital.

Tujuan dari pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan dan mendorong pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelanggan baru yang tertarik dan bertahan dengan produk atau layanan bisnis Anda.

Jenis Pemasaran: Tradisional dan Digital

Banyak jalan menuju Roma, begitu juga banyak tindakan untuk menarik calon pelanggan. Menurut Investopedia, strategi pemasaran dibagi menjadi dua jenis. Berikut adalah dua jenis pemasaran:

Pemasaran tradisional

Dulu sebelum internet berkembang pesat, beberapa strategi pemasaran ini digunakan perusahaan untuk menarik calon pelanggannya. Berikut adalah contoh strategi pemasaran tradisional:

  • Memajang iklan di papan reklame, angkutan umum, atau stiker di kendaraan
  • Menyebarkan brosur, membuat iklan di surat kabar atau majalah
  • Membagikan kupon, voucher gratis, atau pamflet secara langsung ke pelanggan
  • Menyampaikan informasi kepada konsumen melalui media seperti TV atau radio
  • Mengumpulkan calon pelanggan di satu lokasi tertentu untuk mendemonstrasikan produk atau layanan

Pemasaran digital

Seiring muncul dan berkembangnya internet, perusahaan beralih dari pemasaran tradisional ke digital. Pemasaran digital meliputi penggunaan situs web, handphone, media sosial, dan saluran lainnya.

Baca juga Maksimalkan Teknologi dalam Berbisnis Supaya Tetap Untung

Berikut adalah beberapa contoh strategi pemasaran digital:

  • Memanfaatkan Search Engine untuk meningkatkan lalu lintas pencarian situs mereka. Strategi penggunaan Search Engine ini dibagi menjadi dua, Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO).
  • Melakukan email marketing untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Perusahaan dapat mendistribusikan pesan email yang berisi informasi tentang kupon, peluang diskon, promo, atau edukasi menarik.
  • Membuat konten dengan tujuan untuk menarik konsumen. Pembuatan konten yang biasanya berisi informasi tentang suatu produk atau informasi lain yang dapat membuat konsumen tertarik. Konten dapat berupa e-book, video, infografis, atau konten yang dapat diunduh lainnya.
  • Membangun kehadiran online di media sosial sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan perusahaan
  • Bekerja sama dengan seorang afiliasi atau influencer (pihak ketiga) untuk menjangkau lebih banyak konsumen

Konsep Penjualan

Penjualan adalah proses transaksi di mana uang ditukar dengan suatu produk atau layanan.

Istilah menjual juga menggambarkan proses membujuk atau mencoba membujuk konsumen untuk membeli sesuatu. Sehingga untuk menjadi penjual yang sukses, seseorang harus mengembangkan keterampilan persuasi dan komunikasi yang baik.

Empat Jenis Penjualan

Penjual harus meyakinkan pembeli bahwa produk atau layanan yang ditawarkan berguna untuk kebutuhan dan layak dibeli. Dari sini, Anda dapat mengetahui ada empat jenis penjualan:

1. Transaksional

Jenis penjualan transaksional merupakan jenis penjualan yang paling umum dan biasanya merupakan strategi jangka pendek. Penjual hanya fokus untuk menjual sebanyak mungkin.

2. Solutif

Penjual, dalam hal ini, lebih fokus pada kebutuhan konsumen. Saat kebutuhan konsumen teridentifikasi, penjual menjelaskan bagaimana produk mereka dapat memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah konsumen.

3. Konsultatif

Biasanya, penjual konsultatif sangat terampil. Penjual ini juga sering disebut penasihat karena merupakan pakar di bidang produk atau layanannya.

4. Provokatif

Pertama, penjual menunjukkan potensi masalah yang tidak disadari oleh konsumen. Setelah mempelajarinya, konsumen menyadari bahwa masalahnya perlu diatasi. Kemudian, penjual menjelaskan mengapa dan bagaimana produk mereka dapat memberikan solusi yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

Pemasaran dan penjualan memiliki arti yang berbeda, namun keduanya merupakan proses yang saling terkait. Jadi kalau Anda punya bisnis, jangan lupa untuk memperhatikan kedua proses tersebut.

Kalau Anda ingin memasarkan dan menjual barang Anda secara digital, Anda dapat memanfaatkan Katalog Publik LINKZ. Layaknya katalog pada umumnya, Katalog Publik LINKZ berfungsi untuk memuat daftar produk. Anda dapat memiliki katalog digital untuk bisnis dan menyebarkannya ke pelanggan. Lalu, pelanggan dapat membeli langsung dari Anda.

Baca selengkapnya Memperkenalkan Fitur Baru Katalog Publik, Kini Transaksi Cukup Share-Click-Checkout

LINKZ: Solusi untuk B2B

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis yang menyediakan laporan kegiatan keuangan bisnis secara real-time dan menghubungkan bisnis Anda dengan distributor, supplier, maupun bisnis lainnya melalui fitur-fitur berikut:

Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

Laporan Keuangan Bisnis

Fitur laporan keuangan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – tingkatkan bisnis Anda dengan LINKZ, daftar gratis di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version