• Linkz

Kenali Istilah SaaS (Software as a Service) + Kelebihan dan Kekurangannya



Di era serba teknologi ini, mengelola bisnis menggunakan sistem cloud akan sangat membantu Anda. Ada 3 teknologi cloud yang sering dikenal pebisnis, yaitu SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan), PaaS (Platform sebagai Layanan), IaaS (Infrastuktur sebagai Layanan).


Namun, sistem cloud yang banyak dipakai saat ini adalah SaaS (Software as a Service). SaaS adalah perangkat lunak sebagai layanan yang memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedangkan layanan sistem cloud berarti komputansi awan atau server untuk kebutuhan penyimpanan database.


Mengapa Saas?

SaaS adalah model layanan perangkat lunak yang bersifat online. SaaS juga memanfaatkan internet untuk menjalankan aplikasi oleh vendor pihak ketiga, maka biasanya SaaS juga di sebut sebagai aplikasi cloud.


Mungkin Anda belum terlalu mengenal SaaS, namun perangkat berbasis cloud yang sering Anda temui sehari-hari adalah Microsoft Office, Google Docs, Dropbox dan sejenisnya. SaaS adalah perangkat lunak online yang berarti Anda tidak perlu mengunduh software untuk memperbarui data di dalamnya.


Berikut adalah karakteristik SaaS yang mudah untuk dipahami :

1. Dapat diakses melalui internet

2. Dikelola oleh pusat atau di host secara jauh

3. Pengguna layanan tidak bertanggung jawab atas pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak

Miliki E-commerce Pribadi Linkz App

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai SaaS, lebih baik Anda memahami kelebihan dan kekurangan layanan cloud ini.


KELEBIHAN


1. Mudah dalam mengakses

Alasan utama adalah pengaplikasian SaaS adalah karena kemudahan dalam mengakses layanannya. Ini dikarenakan Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak, data dapat diakses kapan saja dimana saja, data akan tersimpan dalam cloud sistem (tidak akan hilang), dan data dapat diperbaharui secara real time (otomatis). Jadi Anda tidak menghabiskan banyak waktu dalam mengolah data jika melalui layanan sistem cloud.


2. Mengurangi Biaya Operasional

Tentu saja karena Anda hanya memerlukan internet dan ponsel maupun komputer, layanan sistem cloud ini dapat membantu Anda dalam mengurangi biaya operasional. Selain itu, Anda juga dapat menghentikan penggunana layanan sistem cloud sewaktu-waktu jika Anda tidak cocok dengan sistemnya. Berbeda dengan jika Anda merakit layanan sistem sendiri untuk bisnis Anda, biasanya harga yang dikeluarkan akan lebih mahal dan juga akan sangat disayangkan jika dihentikan tiba-tiba.



3. Menghemat waktu dan tempat

Seperti yang dijelaskan di atas, layanan sistem cloud ini dapat digunakan kapan dan dimana saja. Anda bisa mengakses layanan cloud selama 24 jam setiap harinya. Layanan cloud yang memang untuk penyimpanan database ini pun dapat diakses disegala media seperti; smartphone, komputer, dan laptop yang terkoneksi internet.



KEKURANGAN


1. Kurangnya kustomisasi

Karena layanan cloud ini dapat diakses oleh siapa pun, maka fitur-fitur yang ditawarkan mungkin hanya secara general. Anda tidak dapat men-design fitur maupun mengkustom perangkat layanan cloud untuk sesuai dengan bisnis Anda. Namun sebaliknya, Anda dapat memilih layanan cloud yang mungkin dibutuhkan oleh bisnis Anda, seperti aplikasi Linkz.


2. Tidak bisa secara Offline

Kelebihan layanan cloud adalah dapat diakses secara online, namun kelemahannya adalah tidak bisa diakses secara offline. Data-data yang Anda kelola tidak dapat disimpan jika tidak terhubung dengan internet.


Jika dilihat dari kelebihan SaaS yang berbasis layanan cloud, perangkat lunak ini dapat membantu Anda dalam efisiensi bisnis. Seperti Linkz, yang sudah dilengkapi dengan layanan cloud Amazon Web Services (AWS), dapat diakses kapan saja dan dimana saja, serta memiliki tingkat keamanan tinggi dan fitur-fitur yang dapat menyokong kebutuhan bisnis Anda. Fitur yang dimaksud seperti : dashboard penjualan yang terintergerasi langsung dengan keuangan dan gudang, hingga katalog produk yang dapat membantu Anda dalam melakukan penjualan online. Kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan perangkat SaaS dalam mengelola bisnis Anda.





13 views0 comments