Search
  • Linkz

Kiat Menjaga Keamanan Data & Informasi Bisnis Anda



Sebuah bisnis yang menyediakan layanan jasa atau barang kepada pelanggan pastinya juga akan berhadapan dengan berbagai jenis data. Maka dari itu, keamanan data perusahaan merupakan suatu hal yang sangat vital bagi masa depan perusahaan tersebut.


Data dalam bisnis dapat mencakup berbagai hal seperti informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan, informasi tentang pembeli barang atau jasa, ataupun rencana bisnis dan rencana keuangan. Tentunya data yang tersimpan sangat mungkin berisikan informasi sensitif terkait lini bisnis maupun pelanggan/klien yang ditangani, yang jikalau sampai bocor kepada khalayak luar dapat membahayakan operasional dan juga dapat memengaruhi reputasi bisnis Anda sendiri.


Perlu diketahui bahwa menjaga keamanan data untuk melindungi bisnis Anda bukan hanya soal menggunakan teknologi terkini. Mempekerjakan orang yang tepat hingga memiliki kebijakan keamanan yang baik adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar data Anda tersimpan dengan aman. Untuk itu sangatlah penting bagi perusahaan Anda untuk menelaah, menyaring, dan menata ulang strategi dan kebijakan keamanan data persahaan Anda sedini mungkin.


Baca Juga: 5 Alasan Bisnis Anda Perlu Beralih ke Cloud: Server Tradisional Tidak Lagi Menjanjikan


Berikut beberapa kiat dari Linkz dalam menjaga keamanan data maupun informasi perusahaan Anda:


1. Langkah terpenting dalam sistem keamanan data dimulai dari pemimpin bisnis

Dimana pimpinan perusahaan harus memiliki security awareness, yang menyimbolkan keamanan sistem perusahaan menjadi suatu prioritas. Jadi sebelum menjalankan sistem keamanan data perusahaan yang benar-benar efektif, security awareness ini harus dimiliki oleh seorang pimpinan perusahaan.

2. Mengkaji dan memperbaiki sistem keamanan database Anda.

Banyak database rentan terhadap akses yang tidak terkontrol dengan baik. Kondisi ini dapat membuka akses bagi pengguna yang tidak berwenang yang dapat mengubah data dengan mudah. Gunakan aplikasi ataupun system yang memiliki fitur pengaturan hak akses berdasarkan kewenangan yang memberikan batasan otorisasi kepada pengguna tertentu. Dengan fitur yang memampukan Anda memilih akses yang bisa digunakan oleh karyawan Anda sesuai dengan fungsinya, Anda akan menikmati rasa tenang terhadap kecenderungan terjadinya kecurangan dan kehilangan.



3. Melakukan update mulai hardware hingga software yang digunakan

Versi terbaru baik hardware atau software yang menjaga kemanan data perusahaan diperlukan untuk mencegah atau melawan virus hingga cara terbaru yang dimiliki penjahat siber untuk meretas data. Selain daripada update hardware dan software, metode yang cukup ampuh untuk dilakukan dalam keamanan data yaitu dengan melakukan enkripsi data yang merupakan metode antisipatif jika data Anda telah diretas maka peretas tidak akan bisa membaca informasi dalam data tersebut.


Namun, seiring berkembangnya teknologi, Anda disarankan untuk memilih software yang tersambung di cloud. Hal ini dikarenakan aplikasi atau sistem berbasis cloud akan menghemat tempat, meminimalisir resiko kerusakan dan otomatis memperbahrui sistem sehingga data Anda tetap terjaga keamanannya. Untuk itu, Anda bisa memilih aplikasi bisnis yang berbasis software, yang bisa selalu diakses di gadget manapun agar bisnis tetap berjalan tanpa hambatan.




7 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies