Fungsi dan Manfaat Laporan Bisnis

Laporan bisnis merupakan dokumen resmi yang berisi informasi faktual, data statistik, temuan penelitian, atau segala bentuk informasi lain yang relevan dengan jalannya perusahaan.

Objektivitas adalah elemen utama saat menulis laporan bisnis. Apa pun yang Anda katakan harus didukung oleh data dan fakta, bukan opini dan perspektif. Misalnya, alih-alih mengatakan ‘penjualan pada kuartal terakhir sangat rendah’, Anda menunjukkannya melalui data.

Laporan bisnis menyajikan banyak data dari berbagai lini perusahaan, hal ini membuat laporan bisnis juga digunakan sebagai alat komunikasi internal. Oleh karena itu, ada tipe-tipe laporan bisnis:

1. Laporan informasi

Ketika bos Anda meminta data yang murni objektif, yaitu fakta biasa tanpa penalaran atau hasil potensial, Anda dapat menggunakan laporan ini. Misalnya, laporan tenaga kerja yang menyatakan jumlah karyawan di perusahaan, tugas, departemen pekerjaan, dan tanggung jawab mereka.

2. Laporan analisis

Laporan analisis digunakan ketika ada beberapa data penting perusahaan yang harus dianalisis untuk membuat keputusan yang tepat.

Misalnya, menganalisis penurunan penjualan pada tahun keuangan terakhir. Laporan ini terdiri dari angka penjualan, perbandingan angka tersebut dengan tahun-tahun sebelumnya, dan menemukan alasan penurunan tersebut. Laporan tersebut juga akan menunjukkan kemungkinan langkah-langkah yang dapat diambil perusahaan untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga 5 Aplikasi Stok Barang di Android

3. Laporan penelitian

Anda menggunakan laporan penelitian ketika sesuatu yang besar akan datang! Ini bisa berupa merger potensial, atau lini produk baru, atau pergeseran cara kerja saat ini.

Misalnya, jika perusahaan ingin memperkenalkan produk baru, laporan penelitian akan terdiri dari elemen-elemen seperti audiens target, strategi komunikasi pemasaran, kampanye iklan, dll.

4. Laporan penjelasan

Bila Anda memiliki proyek individual dan ingin menjelaskannya ke seluruh tim, Anda dapat menggunakan laporan ini.

Misalkan Anda melakukan penelitian. Laporan penjelasan akan menampilkan fakta, daftar temuan, dan menentukan kesimpulan dari penelitian.

5. Laporan perkembangan

Ini adalah laporan kecil yang digunakan untuk memberi tahu pembaruan dan perkembangan di perusahaan.

Misalnya, “Bagaimana penjualan untuk kuartal ini?” dan “Berapa persentase perubahan konversi sejak minggu atau bulan terakhir?”

Fungsi dari Laporan Bisnis

Fungsi laporan bisnis adalah untuk membantu mengumpulkan dan menganalisis data historis dan terkini dari operasi perusahaan, produksi, dan lainnya. Melalui berbagai jenis laporan bisnis, perusahaan dapat membuat keputusan penting untuk memastikan pertumbuhan dan efisiensi operasional.

Manfaat dari Laporan Bisnis

Bagi sebuah perusahaan, laporan bisnis merupakan aset yang sangat berharga karena mencakup data-data dengan karakteristik yang detail, disusun sistematis dan berisikan banyak data dari pihak eksternal maupun internal. Dengan itu, laporan bisnis memiliki peran dalam pengambilan keputusan mengenai apakah bisnis berada dalam posisi yang menguntungkan atau sebaliknya.

Ini dia 4 manfaat dari laporan bisnis:

1. Laporan bisnis membantu Anda menghindari kerugian

Keputusan yang diambil pada saat ini mungkin akan memiliki dampak jangka panjang bagi perusahaan. Oleh karena itu, dalam mengambil keputusan perlu adanya beberapa pertimbangan agar keputusan tersebut memberikan dampak baik bagi perusahaan.

Laporan bisnis dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan, karena dengan adanya laporan bisnis, Anda akan lebih memahami kondisi perusahaan dengan lebih baik dan terorganisir.

Baca juga Gunakan Piramida Maslow untuk Meraup Keuntungan Besar

Kegiatan perusahaan yang tergambar secara detail pada laporan bisnis, akan memberikan gambaran kepada perusahaan jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai, sehingga bisa lebih cepat diatasi dan membuat perusahaan Anda terhindar dari kerugian.

2. Melalui laporan bisnis, Anda dapat melihat kekuatan dan kelemahan bisnis

Melalui laporan bisnis, Anda dapat mengetahui deskripsi faktual mengenai keadaan bisnis. Dari sini, kekuatan dan kelemahan bisnis akan terlihat, dan Anda tinggal memilih langkah selanjutnya untuk memperbaiki dan menguatkan bisnis Anda.

3. Laporan bisnis dapat dijadikan untuk manajemen krisis

Jika terjadi krisis, kekacauan, dan kepanikan, setiap orang mungkin memiliki pendapat tentang masalah tersebut. Dalam situasi seperti itu, laporan bisnis dibuat untuk membuat semua orang melihat masalah yang sama dan kemudian menganalisisnya secara faktual.

Laporan manajemen krisis terdiri dari penyebab masalah, langkah-langkah yang diambil sebagai solusi, dan kebijakan yang menyarankan perlindungan masa depan dari krisis tersebut.

4. Laporan bisnis dapat dijadikan sebagai dasar penetapan target

Target merupakan hal yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu dan ukuran tertentu, serta dengan cara tertentu. Penetapan target harus realistis berdasarkan sumber daya yang ada dalam perusahaan. Dengan adanya laporan bisnis yang dibuat dari waktu ke waktu, Anda dapat melihat perbandingan kinerja perusahaan Anda.

Aplikasi LINKZ: Solusi B2B All-in-One

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis B2B yang menyediakan laporan kegiatan keuangan bisnis secara real-time dan menghubungkan bisnis Anda dengan distributor, supplier, maupun bisnis lainnya melalui fitur-fitur berikut:

1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

2. Laporan Keuangan Bisnis

Fitur laporan keuangan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

3. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

4. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – tingkatkan bisnis Anda dengan LINKZ, daftar gratis di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version