• Linkz

Persaingan Usaha Semakin Ketat, Apa yang Harus Dilakukan?

Updated: 6 days ago


Sekarang, persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat. Selain perekonomian, persaingan dalam teknologi juga sangat berpengaruh terhadap aktivitas manusia termasuk pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM Indonesia yang cukup kesusahan akibat pandemi Covid-19. Maka itu, pelaku UMKM melakukan berbagai cara untuk bertahan sekaligus bersaing dalam dunia bisnis termasuk beralih ke teknologi atau digitalisasi.



Dampak digitalisasi bagi pelaku UMKM dapat dikatakan cukup signifikan, meskipun indeks kesiapan digitalnya masih di tahap menengah dan/atau pada tahap penyesuaian. Selain karena dapat memasarkan online maupun offline, fasilitas seperti akses internet dan perangkat elektronik digunakan dengan maksimal.


Tidak hanya sisi ketahanan bisnis dari pelaku UMKM, namun digitalisasi juga dipertimbangkan atas pengamatan masyarakat Indonesia yang menjadikan internet sebagai bagian hidup. Hal ini dapat membuka peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualannya dan bertahan pada bisnisnya.


Pandemi Covid-19 telah mendorong para pelaku UMKM untuk digitalisasi. Penggunaan digital ini tidak dijalankan hanya pada saat pandemi dan selesai setelah pandemi berakhir, namun penggunaan digital ini dapat dilakukan bahkan saat pandemi berakhir dengan tujuan untuk lebih memaksimalkan kinerja bisnis. Selain perubahan gaya hidup, keuntungan digitalisasi lainnya adalah biaya yang lebih efisien dan pemasaran semakin luas. Digitalisasi akan membuat proses bisnis menjadi lebih cepat dan mudah.


Jika Anda bingung ingin memulai peralihan digitalisasi darimana, Anda dapat menggunakan LINKZ. Aplikasi LINKZ dapat membantu para pelaku usaha terutama UMKM untuk dapat bersaing dan meningkatkan penjualan. Layanan utama dari LINKZ adalah pencatatan transaksi jual-beli tercatat dan terupdate secara otomatis, mempunyai katalog online, memiliki sistem gateway payment yang aman, dan masih banyak layanan-layanan yang akan memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis apapun.


Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:


Konsultasikan bisnis Anda kepada kami! Klik disini untuk terhubung dengan kami yang siap membantu Anda setiap saat.

5 views0 comments