fbpx

Bingung Mau Membangun Bisnis Apa? Baca 4 Hal Berikut

Bisnis adalah salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia, tak jarang banyak yang fokus pada bidang ini. Belajar membangun bisnis termasuk penting karena Anda dapat mempelajari bagaimana cara merencanakan program, mengelola keuangan, dan sebagainya.

Anda ingin memulai sebuah usaha tapi bingung mau bisnis apa dan harus mulai darimana? Tenang, LINKZ akan membantu Anda dengan meringkas bacaan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis.

Memulai bisnis adalah hal yang tidak mudah, tapi tidak ada waktu yang tepat untuk memulai bisnis selain sekarang juga. Berikut adalah 4 hal untuk belajar ilmu bisnis dasar yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menjalankan bisnis secepatnya.

Bingung Mau Membangun Bisnis Apa Baca 4 Hal Berikut

1. Membangun Bisnis dengan Minat Anda

Apakah Anda minat pada bidang makanan dan minuman, fashion, atau bahan bangunan?

Menjalankan kegiatan apapun yang sesuai dengan minat Anda akan membuat Anda terus bersemangat dan tidak mudah menyerah. Anda dapat menghadapi tantangan dengan lebih baik, tenang, dan fokus.

Tentukan produk apa yang ingin Anda jual? Apakah itu produk fisik atau jasa? Setelah itu, Anda dapat mengetahui media yang tepat untuk mempromosikannya.

Aktivitas bisnis meliputi kegiatan jual beli produk atau barang dalam berbagai bidang industri.

Dalam bisnis online, terdapat dua jenis barang yang diperdagangkan. Pertama adalah commoditized product, yaitu produk populer dan paling banyak dibeli konsumen.

Mengingat pentingnya barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Kedua adalah niche product, produk yang tersegmen pada konsumen tertentu seperti pecinta hobi. Namun jangan salah, justru produk inilah yang mulai banyak dilirik pebisnis online.

Contohnya jual beli kamera atau perlengkapan fotografi untuk para fotografer. Ini merupakan kesempatan bagi bisnis online yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda tertarik di dunia anak, mungkin Anda bisa memulai bisnis baju anak.

Dengan menjalankan bisnis sesuai passion, Anda akan lebih memahami produk Anda dan juga konsumen. Sehingga, ketika mereka bertanya, Anda bisa menjawab dan memberikan solusi yang tentunya memuaskan bagi mereka.

Selain memberikan kualitas produk yang baik, Anda juga harus memiliki servis pelanggan yang baik.

Riset-riset juga perlu dilakukan agar bisnis Anda dipersiapkan dengan jelas dan matang. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mencari ide bisnis melalui internet. 

Memahami permintaan pasar atas kategori produk atau jasa tertentu memang penting, namun sangat penting juga untuk mengetahui bagaimana trennya di masa depan.

Riset pasar dilakukan untuk mengetahui kondisi pasar dan keadaan ekonomi yang ada, supaya dapat mengetahui posisi bisnis dan menyesuaikannya dengan keinginan pasar.

Riset pasar berkaitan dengan mencari tahu perilaku manusia dan keadaan ekonomi untuk mengembangkan bisnis Anda. Sangat penting untuk melakukan riset pasar karena dapat mengurangi risiko bisnis.

Kumpulan informasi demografis yang relevan dengan bisnis Anda untuk mengerti peluang apa yang bisa diambil dan batasan seperti apa yang menghalangi untuk mendapatkan calon pelanggan Anda.

Metode survey, kuisioner, dan focus group discussion (FGD) dapat digunakan untuk melakukan riset langsung.

Baca juga: Untuk Menghadapi Ujian Bisnis Sepi, Simak Solusi Bisnis Ini

Ada dua cara untuk melakukan riset pasar, yaitu riset internal dan riset eksternal.

a. Riset Internal

Riset internal adalah riset pada informasi yang sumbernya ada di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Sumber informasi riset internal dapat berupa informasi akuntansi atau keuangan, laporan sales atau penjualan, dan data statistik terkait biaya dan periklanan. Untuk mendapatkan informasi dengan riset internal, biayanya cenderung rendah.

b. Riset Eksternal

Riset eksternal adalah riset pada informasi yang bersumber dari luar perusahaan atau organisasi. Riset eksternal sangat penting untuk mendapatkan informasi yang detil dan menyeluruh. Ada dua cara untuk mendapatkan data eksternal:

  1. Data Primer, informasi yang diperoleh dengan riset secara langsung.Cara ini memakan banyak waktu dan biaya, namun hasilnya akan lebih akurat dan dapat dipercaya karena relevansi dari apa yang dibutuhkan. Anda bisa bertanya hal seputar bagaimana Anda dapat memajukan bisnis.
  2. Data Sekunder, informasi diperoleh dari data yang sudah pernah di riset orang.Jika Anda menggunakan data sekunder mungkin tidak akan terlalu relevan dengan apa yang bisnis Anda butuhkan. Namun, cara ini sangat menyingkat waktu dan biaya yang cenderung rendah.

2. Membangun Bisnis dengan Teknologi

Dunia digital membuat kita tidak dibatasi oleh waktu dan ruang secara geografis. Hal ini membuat terbukanya peluang berkali-kali lipat.

Untuk membantu proses berjalannya bisnis online agar lancar, tentunya Anda membutuhkan bantuan teknologi seperti aplikasi. Dalam menjalankan bisnis, aplikasi stok adalah aplikasi yang populer dan sangat berguna.

Dilansir dari Okezone, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terutama dalam hal pemasaran digital agar bisnis tetap dapat berjalan.

Teknologi internet membuat segalanya terasa lebih praktis dan mudah. Oleh karena itu, bisnis online bisa menjadi pilihan banyak masyarakat (detik.com).

LINKZ merekomendasikan 5 aplikasi stok barang di Android, baca di sini.

Selain itu, penyediaan data dan laporan menjadi lebih rapi dan otomatis, dan tentunya menghasilkan data yang akurat. Hal ini bisa didapat dari LINKZ. Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Di zaman teknologi seperti saat ini menggunakan strategi pemasaran digital sangat memengaruhi bisnis untuk lebih banyak dikenal orang lain. Perkembangan pesat dunia internet termasuk sosial media di dalamnya membuka banyak peluang untuk berbisnis.

Cara memulai bisnis online bisa dipelajari oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan bisnis online adalah tak terikat ruang maupun waktu, sehingga bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

LINKZ memberikan tips dan cara meningkatkan penjualan bisnis dengan teknologi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin bersaing di dunia bisnis online!

3. Temukan Permintaan dan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk apa yang sedang diminati pasar? Jumlah permintaan yang tinggi akan menjadi peluang bagi bisnis online rumahan Anda. Media sosial adalah pilihan yang tepat untuk mengetahui tren dan minat pasar apa yang sedang tinggi.

Jika Anda bisa memecahkan masalah yang dialami masyarakat, produk Anda akan dicari-cari bahkan sampai Anda kehabisan stok barang!

Menurut penelitian CBS Insight, 42 persen perusahaan rintisan bangkrut karena gagal mengidentifikasi kebutuhan pasar.

Mengapa demikian? Karena produk yang ditawarkan tidak diminati atau tidak dapat menyelesaikan masalah.

Masalah bukan selalu dalam hal yang negatif seperti barang rusak lalu membeli kembali.

Baca juga: Memaksimalkan Bisnis Indonesia Dengan Modal Minim Tahun 2022

Memilih warna dan motif pakaian juga dapat menjadi masalah, misalnya seorang wanita menyukai warna merah dan ingin membeli baju warna merah agar senada dengan warna lipsticknya yang berwarna merah.

Hal-hal yang tak terpikirkan oleh Anda dapat menjadi masalah. Jika ada pelanggan yang bertanya “Warna ini tidak ada ya? Motif itu tidak ada ya?”, itu dapat menjadi inspirasi buat Anda untuk berinovasi dan membuat produk yang dapat mencapai keinginan masyarakat.

Anda juga perlu untuk melakukan riset. Klik disini untuk membaca mengenai riset.

Melakukan riset tentang bisnis Anda, riset keadaan pasar, dan riset kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan bagaimana persona mereka.

4. Bergabung dengan komunitas dan forum

Masyarakat biasanya punya komunitas dan forum yang sesuai dengan kategori produk yang Anda tawarkan.

Contohnya forum ibu rumah tangga yang suka memasak di Facebook, dimana para ibu akan saling berbagi resep masakkan masing-masing agar tidak bosan dengan masakkan sendiri.

Dengan ini, Anda dapat mengetahui apa yang sedang populer di kalangan target Anda sehingga ini dapat menjadi peluang bagi bisnis Anda untuk mendominasi pasar.

Lalu, Anda dapat menyebarkan informasi produk untuk memecahkan masalah yang dihadapi komunitas atau forum tersebut.

Anda juga dapat melakukan survei untuk menumbuhkan bisnis online rumahan Anda agar terus dapat berinovasi untuk memenuhi permintaan pasar dan membantu menyelesaikan masalah.

Anda juga dapat membangun hubungan dengan pelanggan yang dapat menjadi pelanggan tetap (loyal dan berlangganan).

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Itu adalah 4 hal untuk belajar ilmu bisnis dasar. Anda perlu mengetahui dasar-dasar bisnis agar usaha Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga sukses.

Silahkan coba terapkan, semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Rahasia Sukses Jalani Bisnis Online Rumahan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *