fbpx

Awali tahun 2021 dengan Strategi Bisnis Berikut Ini!

Apakah Anda menyadari bahwa penting untuk menentukan strategi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, apalagi dalam menjalankan bisnis. Sudahkah Anda merencanakan dan menyusun strategi bisnis?

Strategi bisnis dibutuhkan untuk menentukan target market, menarik pelanggan, hingga mencapai goals. Strategi bisnis inipun dapat membangun keunggulan di tengah persaingan bisnis untuk memenuhi target dan mencapai tujuan bisnis hingga mengukur suatu keberhasilan bisnis.

Awali tahun 2021 dengan Strategi Bisnis Berikut Ini!

Bagi Anda yang telah memulai bisnis namun belum menentukan strategi, Anda berada di artikel yang tepat. Ini adalah hal yang biasa, namun dapat menentukan mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Bagi Anda, yang belum memulai bisnis sama sekali dan bingung untuk menentukan strategi bisnis, Anda juga berada di artikel yang tepat. Anda dapat mencoba strategi bisnis berikut ini:

1. Strategi Manajemen Bisnis

Ide dan kreativitas adalah langkah awal untuk memulai bisnis. Namun, untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang Anda harus mempunyai strategi manajemen bisnis yang baik.

Strategi manajemen bisnis ini dapat mencakup manajemen keuangan, manajemen jumlah karyawan dan divisinya, manajemen kelola produk hingga bekerja sama dengan pebisnis lainnya maupun organisasi tertentu. Anda dapat mengatur strategi manajemen bisnis sesuai dengan kecocokan bisnis model Anda.

Dengan LINKZ, Anda dapat melakukan manajemen bisnis dalam satu aplikasi. Ketahui fitur-fitur pada aplikasi bisnis LINKZ lebih lanjut:

2. Strategi Bisnis dalam Harga dan Kualitas Produk

Harga dan kualitas produk termasuk hal yang sulit dipisahkan. Ada kualitas, ada harga. Ini adalah tugas Anda untuk mengidentifikasi kualitas produk beserta harga yang pastinya cocok dengan target market Anda. Ada 2 opsi yang biasanya dilakukan pebisnis:

a. Harga terjangkau untuk konsumen menengah ke bawah

Anda dapat menambah jumlah pelanggan dengan strategi satu ini. Namun perlu diingat, keuntungan yang Anda akan dapatkan juga cenderung sedikit.

Biasanya strategi harga ini dilakukan oleh bisnis grosiran, agen, maupun distributor. Strategi harga ini juga kerap dilakukan oleh pebisnis yang berjualan di e-commerce supaya dapat bersaing dengan kompetitior.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

b. Harga yang lebih tinggi untuk konsumen mengengah ke atas

Strategi harga ini biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis invidu maupun oleh pebisnis yang memang menargetkan konsumen menengah ke atas.

Contoh brand yang menargetkan konsumen menengah ke atas adalah Gucci (fashion) dan Apple (gadget). Kedua brand ini juga kerap meningkatkan kualitas produk dari masa ke masa hingga konsumen dapat selalu membeli produk mereka sesuai dengan jaman.

3. Strategi Bisnis Marketing

Setelah semua proses di atas, hal selanjutnya yang patut di perhatikan adalah strategi marketing. Di era yang serba teknologi seperti saat ini, menjual produk dengan harga terjangkau saja sudah tidak cukup.

Jika Anda melakukan branding dalam dunia digital, konsumen Anda mungkin akan merasa lebih tertarik untuk membeli produk tersebut. Selain itu, strategi marketing ini juga dapat dijadikan sarana menyampaikan produk dengan lebih kreatif dan bernilai bagi brand produk.

Ketiga strategi ini merupakan hal dasar yang dapat anda terapkan. Kabar baiknya lagi, semua strategi ini dapat dimaksimalkan dengan bantuan aplikasi LINKZ yang dapat digunakan dari kalangan UMKM hingga distributor.

Suara.com, SindoNews, dan Detik.com mempunyai berbagai artikel strategi bisnis yang bisa Anda baca. Ini menandakan bahwa strategi bisnis sangatlah penting untuk memulai dan membangun sebuah usaha.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *