5 Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Kelola Bisnis, Gratis!

Pada era 4.0 saat ini, ada banyak aplikasi bisnis yang dirancang untuk memudahkan Anda mengelola bisnis secara efektif dan efisien.

Mulai dari aplikasi untuk berkomunikasi hingga kegiatan operasional, kegiatan bisnis dapat berjalan otomatis dan diakses secara online. Hal ini karena aplikasi bisnis dapat dibuka melalui telepon genggam yang kita bawa ke mana saja.

Dengan memanfaatkan aplikasi bisnis, Anda bisa menghemat pengeluaran dan biaya operasional, serta menjalankan bisnis dengan praktis!

Baca juga Maksimalkan Teknologi dalam Berbisnis Supaya Tetap Untung

Aplikasi Bisnis Terbaik untuk Kelola Bisnis Online

Mau tahu aplikasi gratis untuk kelola bisnis online? Berikut adalah lima aplikasi terbaik untuk kelola bisnis jadi lebih mudah:

1. WhatsApp Business

Semua pasti punya aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Karena banyak orang menggunakan WhatsApp, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membagikan informasi terkait bisnis Anda.

WhatsApp Business direkomendasikan untuk pebisnis karena ia memiliki fitur yang lebih lengkap dari WhatsApp biasa.

Contohnya, WhatsApp Business memiliki fitur Katalog yang berfungsi untuk menampilkan produk atau jasa bisnis Anda. Pelanggan cukup melihat profile Anda dan menemukan produk yang mereka inginkan. Tidak perlu membuka tautan untuk pindah tempat.

Selain fitur Katalog dan masih banyak fitur lainnya, WhatsApp juga terintegrasi dengan Facebook dan Instagram. Hal ini bisa memudahkan Anda ketika membuat iklan WhatsApp supaya muncul di Facebook atau Instagram, di mana mereka akan langsung diarahkan ke profile WhatsApp bisnis Anda.

2. Canva

Ketika menjalankan bisnis, Anda pasti ingin membuat desain untuk logo, poster, konten, maupun produksi lainnya.

Canva dapat menjadi aplikasi alternatif untuk membuat desain ini, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan Photoshop atau Adobe Illustrator.

Canva adalah aplikasi yang dilengkapi dengan fitur desain, edit foto dan video. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain yang menarik dan berkualitas dengan mudah.

3. Aplikasi Bisnis Linkz

Kalau Anda punya bisnis dan suka melakukan pencatatan jual beli namun masih secara konvensional, Anda bisa mulai beralih ke digital.

Linkz merupakan aplikasi untuk atur penjualan pembelian, stok barang, hingga laporan keuangan.

Anda dapat melihat kegiatan transaksi jual beli dan laporan laba rugi hingga ketersediaan stok barang bisnis Anda secara real time.

Semua pencatatan jual beli yang Anda input di aplikasi akan secara otomatis dapat diunduh dalam bentuk laporan Excel maupun PDF. Anda tidak perlu mencetak bukti pembayaran maupun mencatat pembukuan di buku karena semuanya sudah terekam dengan aman secara digital.

Baca juga Fungsi dan Manfaat Laporan Bisnis

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi Linkz lebih lanjut:

4. Trello

Trello adalah sebuah aplikasi manajemen tugas supaya lebih teratur dan rapi.

Seperti sticky notes, Trello berfungsi untuk mencatat apa saja pekerjaan yang sedang dilakukan, siapa yang melakukannya, hingga sudah sampai mana proses pengerjaan suatu pekerjaan.

Biasanya, Trello digunakan oleh manajer supaya dapat memantau progres dari banyak pekerjaan. Dengan Trello. semua progres pekerjaan ditampilkan dengan ringkas.

5. Google Drive

Google Drive merupakan tempat online untuk menyimpan file dan berkas-berkas melalui internet.

Anda juga dapat membuat dokumen, powerpoint, dan spreadsheet melalui Google Drive. Sangat mudah, kan?

Tidak hanya menyimpan, Anda juga dapat membagikan file dan berkas ini bisnis dengan tim atau hanya ke orang tertentu saja, jadi keamanan Google Drive sudah pasti terjaga.

Melalui aplikasi ini, tim dapat mengakses file secara real time sehingga update data dapat dilakukan dengan mudah.

Itulah lima rekomendasi aplikasi gratis yang bisa Anda coba langsung dengan mengunduhnya di handphone Anda. Mulai kelola bisnis lebih praktis, pakai aplikasi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version