fbpx

7 Tips Ampuh Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu tantangan bagi para pengusaha adalah meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pelanggan merupakan peran penting dalam sebuah bisnis. Tanpa pelanggan, bisnis akan mengalami perkembangan yang lambat. Oleh karena itu, meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal yang harus diprioritaskan karena hal tersebut dapat membawa bisnis ke arah yang lebih baik.

7 Tips Membangun Loyalitas Pelanggan

Definisi Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan menunjukkan adanya hubungan positif antara customer dengan sebuah bisnis. Secara umum, loyalitas pelanggan adalah bentuk kesetiaan pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan suatu bisnis karena ada kepuasaan terhadap produk atau layanan tersebut.

Pelanggan yang puas akan memberi keuntungan, meningkatkan hasil penjualan, dan memungkinkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Mereka berpotensi untuk menggunakan satu merek produk atau layanan dalam jangka panjang.

“Loyalitas pelanggan menunjukkan adanya perbedaan antara penjualan satu kali dengan pelanggan yang berpotensi kembali kepada Anda,” kata Tyler Read, CEO PT Pioneer. “Jika Anda melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk membangun loyalitas pelanggan, pelanggan tersebut akan tetap berinvestasi dalam bisnis Anda. Ketika bisnis Anda sedang berjuang, pelanggan setia lah yang akan membantu Anda tetap bertahan.”

Baca juga Untuk Menghadapi Ujian Bisnis Sepi, Simak Solusi Bisnis Ini

Bagaimana Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan dibangun dari upaya perusahaan memberikan produk atau layanan dengan kualitas yang terbaik. Ada beberapa cara untuk membentuk loyalitas pelanggan. Berikut adalah 7 cara ampuh meningkatkan loyalitas pelanggan:

1. Bangun hubungan hangat dengan pelanggan

Untuk membangun loyalitas pelanggan, Anda perlu mengenal pelanggan Anda. Perlakukan pelanggan dengan baik, misalnya Anda dapat menanyakan nama pelanggan Anda; dengarkan cerita dan kebutuhan mereka.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah Anda dapat mengirimi mereka pesan ulang tahun yang dipersonalisasi dengan penawaran khusus. Jelaskan juga informasi tentang bisnis Anda dengan jelas supaya pelanggan dapat mempercayai perusahaan Anda. Hal ini dapat membuat mereka lebih nyaman berbisnis dengan Anda.

2. Berikan reward menarik

Pemberian reward atau hadiah merupakan salah satu cara untuk mengenali pelanggan dan menjaga mereka agar tetap terhubung dengan bisnis Anda.

Pelanggan akan diberikan manfaat atau imbalan dengan memenuhi kriteria tertentu, misalnya pelanggan harus membelanjakan sejumlah Rp X per bulan. Tentu saja manfaat bagi pelanggan biasanya lebih besar daripada ketentuan ini. Pertimbangkan Starbucks, misalnya. Anda diberikan poin setiap kali Anda memesan minuman. Ketika Anda mendapatkan sejumlah bintang, Anda mendapatkan pembelian gratis.

3. Siapkan program referral

Seperti program loyalitas, program referral memberi penghargaan kepada pelanggan atas keterlibatan mereka dengan bisnis. Dalam hal ini, pelanggan menerima manfaat tertentu jika mereka merujuk perusahaan Anda ke teman atau orang yang dicintai.

Selain untuk menarik pelanggan baru, program ini juga dapat menarik pelanggan lama karena ada insentif yang diberikan.

4. Tingkatkan kualitas bisnis Anda

“Apa yang bisnis Anda lakukan dengan baik?”, “Apa penawaran unik Anda?”

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas akan membantu Anda membingkai merek Anda, yang merupakan bagian penting untuk menarik pelanggan setia. Supaya tetap terhubung dengan pelanggan, Anda harus setia dan fokus pada upaya Anda memberikan produk dan layanan yang terbaik. Cari tahu apakah bisnis Anda dapat diandalkan oleh pelanggan Anda.

5. Aktif di media sosial

Cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda adalah dengan aktif di media sosial.

Media sosial dapat menjadi wadah untuk menyebarkan informasi bisnis Anda dan berinteraksi dengan pelanggan. Adanya interaksi yang aktif akan menciptakan komunitas online yang kuat yang mendorong pelanggan untuk kembali lagi.

Faktanya sekarang, apabila Anda tidak hadir di media sosial, konsumen akan merasa perusahaan Anda tidak relevan.

6. Minta feedback dari pelanggan

Feedback adalah respon yang disampaikan oleh pelanggan setelah mereka menggunakan produk atau layanan bisnis Anda. Adanya feedback dapat membantu Anda mengenali hal positif dan negatif dari bisnis Anda. Anda bisa menggunakan feedback untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

“Dengarkan feedback pelanggan, gunakan feedback itu untuk meningkatkan bisnis Anda, dan kemudian beri tahu pelanggan Anda bahwa Anda mendengar mereka dan langsung menerapkan solusi untuk memberi mereka pengalaman yang lebih baik,” kata Nerissa Zhang, CEO The Bright App.

7. Simpan data pelanggan

Bisnis yang menyimpan data pelanggan memudahkan pelanggan untuk berbelanja dengan mereka di masa mendatang.

Anda dapat mengizinkan anggota untuk membuat akun di aplikasi seluler atau situs web Anda yang menyimpan informasi pengiriman dan pembayaran mereka dengan aman untuk pembelian cepat. Dengan begitu, mereka memiliki solusi satu sentuhan untuk memesan daripada harus menambahkan kembali nomor kartu kredit mereka setiap kali ingin melakukan transaksi.

Baca juga 5 Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda dengan Teknologi

Contoh Program untuk Meningkatkan Loyalitas

Program loyalitas yang dirancang dengan baik dan dijalankan dengan baik dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menarik pelanggan baru, mengurangi omset, dan mendorong keuntungan.

Berikut beberapa contoh program loyalitas pelanggan:

1. Menawarkan membership card

Membership card atau kartu keanggotaan menunjukkan bahwa Anda memiliki identitas sebagai anggota dari suatu bisnis, bukan hanya pelanggan.

Di balik itu, kartu keanggotaan juga hadir dengan beragam manfaat. Biasanya, kartu keanggotaan menawarkan berbagai macam hadiah apabila pelanggan bertransaksi menggunakan kartu keanggotaan.

2. Menghadiahkan poin

Biasanya, poin adalah bonus yang pelanggan dapatkan setelah mereka bertransaksi. Poin ini bisa mereka kumpulkan untuk nantinya mereka tukar dengan hadiah khusus.

3. Memberikan penawaran khusus

Berikan penawaran yang menguntungkan bagi pelanggan.

Misalnya, selain poin, Anda bisa memberikan penawaran seperti produk gratis, liburan gratis, saat ada produk atau layanan yang baru diluncurkan. Atau Anda juga bisa menerapkan program bundling. Misalnya, jika pelanggan melakukan transaksi sebesar Rp X, maka mereka akan mendapatkan potongan harga apabila menginap di Hotel X.

4. Memberikan kupon

Hadiah merupakan salah satu bentuk bahwa Anda menghargai kesetiaan pelanggan Anda.

Salah satu bentuk hadiah yang sering ditemui adalah kupon. Kupon hadiah yang diberikan dapat berupa kupon potongan harga atau kupon berbelanja di tempat lain. Nominal kupon bisa bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga 5 Strategi Bisnis yang Perlu Dilakukan Agar Penjualan Meningkat

Kesimpulan

Mempertahankan pelanggan memang bukan suatu hal yang mudah. Selain menjalin hubungan yang baik, Anda juga perlu terus mengembangkan kualitas produk atau layanan bisnis Anda agar pelanggan tetap senang dan puas, dan memilih Anda sebagai sumber untuk jangka panjang.

Tips dan strategi yang sudah disebut di atas bisa dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bisnis Anda, jangan lupa dicoba!

Daftar LINKZ

LINKZ: Solusi Memudahkan Bisnis

Supaya usaha bisnis tetap berjalan dengan lancar, kami memberikan solusi dalam satu aplikasi untuk Anda.

LINKZ adalah aplikasi pencatatan bisnis B2B yang menyediakan laporan kegiatan bisnis secara real-time dan menghubungkan bisnis Anda dengan distributor, supplier, maupun bisnis lainnya melalui fitur-fitur berikut:

1. Katalog Publik (Katalog Digital)

Katalog Publik merupakan fitur yang menayangkan katalog produk bisnis Anda kepada publik. Selain kepada publik, Anda juga dapat memberikan harga spesial kepada pelanggan spesial Anda.

2. Laporan Bisnis

Fitur laporan bisnis LINKZ disajikan dalam bentuk grafik dan dengan data yang lengkap, sehingga akan memudahkan Anda untuk menganalisis keuangan bisnis Anda.

Laporan bisnis dapat diunduh dalam bentuk Excel, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menginput data di Excel.

Baca juga Ingin Mengurangi Biaya Operasional? Digitalisasi Bisnis Solusinya

3. Manajemen Stok Barang

Mengetahui jumlah stok barang sangat penting bagi distributor untuk menghindari kesalahan pengiriman ke pelanggan atau ketersediaan barang di gudang.

Melalui aplikasi LINKZ, Anda akan diberitahu apabila ada stok barang yang habis.

4. Notifikasi Auto-Update

Jangan cemas, notifikasi pada aplikasi LINKZ bertujuan untuk mengingatkan Anda apabila ada informasi penting terkait pesanan dan pembayaran.

Baca juga Alasan Menggunakan Aplikasi LINKZ untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis Anda di mana dan kapan saja – dan mulai saling membangun dengan LINKZ, daftar gratis di sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *