Search
  • Linkz

3 Strategi Penjualan untuk Pertahankan Bisnis & Pelanggan




Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha banyak hal yang harus dipikirkan dan juga dipertimbangkan. Tujuan memulai sebuah usaha pastinya untuk mendapatkan keuntungan selain memberikan solusi kepada pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Dalam memastikan penjualan bisnis Anda untuk terus meningkat bukanlah hal yang mudah, banyak perusahaan telah menggunakan berbagai cara dan metode untuk menghasilkan penjualan. Mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis.


Namun, sering kali perusahaan atau pengusaha mengalami kegagalan dalam meningkatkan penjualan usaha mereka. Hal ini disebabkan karena adanya hambatan-hambatan, baik itu yang bersifat internal dan eksternal. Guna mencegah kerugian dan penjualan yang kurang efektif, di sini dibutuhkan sebuah strategi penjualan. Strategi penjualan ini pada dasarnya adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Lalu, apa saja hambatan dari strategi penjualan dan bagaimana pula penerapan strategi penjualan yang efektif? Anda bisa simak ulasannya berikut ini.


Apalagi ditengah pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik, ini bukan saat yang tepat untuk melakukan “trial and error” mengenai strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda. Apapun bisnis Anda, menaruh tujuan meningkatkan penjualan produk menjadi prioritas adalah hal yang wajib dilakukan dengan menerapkan strategi penjualan yang pada dasarnya adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.


Ingin tahu apa saja tips bisnis dalam meningkatkan penjualan ini? Yuk, simak artikel berikut ini:


1. Perluas Target Bisnis Anda

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda adalah dengan memperlebar target bisnis. Sekitar 50% atau 143 juta dari 262 juta penduduk di Indonesia memiliki koneksi internet yang memungkinkan bagi mereka mendapatkan informasi lebih banyak di situs web, blog, ataupun sosial media.


Jumlah 50% tersebut menunjukkan besarnya jumlah transaksi online yang dilakukan oleh penduduk di Indonesia. Tentu sangat berpotensial sekian persen menjadi konsumen jika Anda mampu menargetkan kepada pasar yang tepat. Jangan takut dengan penambahan biaya ketika akan memperlebar bisnis di area baru. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari target pasar, harga sampai bagaimana persaingan di daerah tersebut. Jika Anda melakukan riset dengan tepat, kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan keuntungan akan semakin tinggi.


2. Memperkuat Brand Bisnis Anda

Menurut survei yang dilakukan oleh Neilsen ketahui bahwa 60% konsumen dengan koneksi internet lebih suka membeli produk baru dari brand yang telah mereka kenal.


Fakta di atas membuat branding menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan. Tanpa brand yang kuat, maka umumnya persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga. Jika sudah terjadi seperti itu, tentulah Anda tidak dapat berharap banyak untuk peningkatan omset. Jika Anda membangun brand dengan baik, maka dengan mudah dapat keluar dari persaingan harga itu. Harga pun dapat ditetapkan lebih tinggi. Tips yang akan menambah peluang Anda mempertahankan pelanggan Anda dari maraknya persaingan adalah dengan berinvestasi pada aplikasi non-marketplace (karena banyak persaingan) yang bisa memudahkan pelanggan Anda memesan langsung ke bisnis Anda, contohnya seperti Linkz.


3. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) untuk Bisnis

Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan SEO. Traffic adalah istilah yang digunakan untuk kunjungan web. Pemisalan sederhananya adalah jika saat ini jumlah kunjungan web Anda 10.000/bulan dan mampu menghasilkan penjualan 100 produk. Maka secara sederhananya, jika kita mampu meningkatkan trafficnya menjadi 20.000 kunjungan perbulan maka tentu penjualan Anda juga akan meningkat menjadi dua kali lipat. Dengan metode ini akan membuat bisnis Anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman hasil pencarian Google. Satu hal yang penting untuk diketahui bahwa, 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari. Dan hal itu berarti potensi SEO sangat besar bagi peningkatan omset bisnis Anda.


Nah, berikut merupakan tips yang dapat Anda terapkan agar dan jangan lupa untuk tetap melakukan peninjauan kembali apakah strategi bisnis yang telah Anda lakukan ini berhasil atau tidak. Semoga berhasil!



16 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies