fbpx

3 Strategi Penjualan untuk Pertahankan Bisnis dan Pelanggan

Ketika Anda ingin memulai sebuah usaha banyak hal yang harus dipikirkan dan juga dipertimbangkan. Tujuan memulai sebuah usaha pastinya untuk mendapatkan keuntungan selain memberikan solusi kepada pelanggan dengan produk yang ditawarkan.

Dalam memastikan penjualan bisnis Anda untuk terus meningkat bukanlah hal yang mudah, banyak perusahaan telah menggunakan berbagai cara dan metode untuk menghasilkan penjualan. Mulai dari membangun hubungan yang baik dengan pelanggan hingga berbagai teknik penjualan untuk mengembangkan bisnis.

Dalam membangun bisnis, banyak sekali kesulitan yang dihadapi bagi seorang pemula. Namun, tantangan sebenarnya bagi pengusaha adalah bagaimana bisnis mampu mempertahankan eksistensinya agar tidak redup, terutama di tengah gempuran tren dan bisnis baru yang bermunculan (Republika, 2021).

Baca tips 6 langkah dasar untuk memulai dan mempertahankan bisnis sukses agar Anda dapat mengetahui apakah bisnis yang Anda jalankan sudah dalam jalur yang benar.

Dikutip dari Yoursay.suara, jika produk kamu memiliki kualitas yang baik, namun kamu tidak menggunakan strategi dengan tepat maka kamu tetap tidak akan bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, cukup sulit untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis. Bahkan, risiko kalah saing pun sangat tinggi dan mungkin saja terjadi. Sehingga, mempelajari ilmu pemasaran sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis.

3 Strategi Penjualan untuk Pertahankan Bisnis dan Pelanggan

 

Namun, sering kali perusahaan atau pengusaha mengalami kegagalan dalam meningkatkan penjualan usaha mereka. Hal ini disebabkan karena adanya hambatan-hambatan, baik itu yang bersifat internal dan eksternal.

Guna mencegah kerugian dan penjualan yang kurang efektif, di sini dibutuhkan sebuah strategi penjualan. Strategi penjualan ini pada dasarnya adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Lalu, apa saja hambatan dari strategi penjualan dan bagaimana pula penerapan strategi penjualan yang efektif? Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Ditengah pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik, ini bukan saat yang tepat untuk melakukan “trial and error” mengenai strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan Anda.

Apapun bisnis Anda, menaruh tujuan meningkatkan penjualan produk menjadi prioritas adalah hal yang wajib dilakukan dengan menerapkan strategi penjualan yang pada dasarnya adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh pengusaha dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Ingin tahu apa saja tips bisnis dalam meningkatkan penjualan ini? Simak tips berikut:

Tips Meningkatkan Penjualan

1. Perluas Target Bisnis Anda

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mendapat keuntungan yang signifikan dari bisnis Anda adalah dengan memperlebar target bisnis.

Sekitar 50% atau 143 juta dari 262 juta penduduk di Indonesia memiliki koneksi internet yang memungkinkan bagi mereka mendapatkan informasi lebih banyak di situs web, blog, ataupun sosial media. Jumlah 50% tersebut menunjukkan besarnya jumlah transaksi online yang dilakukan oleh penduduk di Indonesia.

Tentu sangat berpotensial sekian persen menjadi konsumen jika Anda mampu menargetkan kepada pasar yang tepat. Jangan takut dengan penambahan biaya ketika akan memperlebar bisnis di area baru.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari target pasar, harga sampai bagaimana persaingan di daerah tersebut. Jika Anda melakukan riset dengan tepat, kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan keuntungan akan semakin tinggi.

2. Memperkuat Brand Bisnis Anda

Menurut survei yang dilakukan oleh Neilsen ketahui bahwa 60% konsumen dengan koneksi internet lebih suka membeli produk baru dari merek yang sudah mereka kenal.

Fakta di atas membuat branding menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan. Tanpa brand atau merek yang kuat, maka umumnya persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga.

Jika sudah terjadi seperti itu, tentulah Anda tidak dapat berharap banyak untuk peningkatan omset. Jika Anda membangun merek dengan baik, maka dengan mudah dapat keluar dari persaingan harga itu. Harga pun dapat ditetapkan lebih tinggi.

Ketahui bagaimana cara membangun merek bisnis yang baik disini.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

Selain memperkuat merek, inovasi produk juga merupakan salah satu hal penting. Dilansir dari Liputan6, Anda dapat lebih memuaskan para pelanggan dengan berinovasi. Jika tidak berinovasi, tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan-pelanggan Anda akan pergi dan tentu Anda akan merasa kehilangan.

Dikutip dari Suara.com, “Salah satu kunci keberhasilan adalah kemampuan melakukan inovasi pada sistem supply chain untuk memaksimalkan jangkauan serta go to market secara efektif dan efisien,” ujar Ronald dalam konferensi pers, Kamis (11/11/2021).

Tips yang akan menambah peluang Anda mempertahankan pelanggan Anda dari maraknya persaingan adalah dengan berinvestasi pada aplikasi non-marketplace, karena banyak persaingan dan pengambilan persenan keuntungan yang Anda hasilkan.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa memudahkan pelanggan Anda memesan langsung ke bisnis Anda, seperti LINKZ.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

3. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan SEO. Traffic adalah istilah yang digunakan untuk kunjungan web. Pemisalan sederhananya adalah jika saat ini jumlah kunjungan web Anda 10.000 per bulan dan mampu menghasilkan penjualan 100 produk.

Maka secara sederhananya, jika kita mampu meningkatkan kunjungan menjadi 20.000 per bulan yang membuat hasil penjualan Anda juga akan meningkat dua kali lipat.

Dengan metode ini akan membuat bisnis Anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman hasil pencarian Google. Satu hal yang penting untuk diketahui bahwa, 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari. Dan hal itu berarti potensi SEO sangat besar bagi peningkatan omset bisnis Anda.

Nah, tadi merupakan tips yang dapat Anda terapkan agar dan jangan lupa untuk tetap melakukan peninjauan kembali apakah strategi bisnis yang telah Anda lakukan ini berhasil atau tidak. Semoga berhasil!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *