Search
  • Linkz

3 Hal Ini Bisa Selamatkan Pembisnis dari Dampak Corona

Dengan maraknya pandemik virus corona yang melanda bisnis saat ini, para pelaku usaha mulai melirik solusi-solusi digital yang memungkinkan otomasi bisnis. Transformasi digital memungkinkan usaha untuk tetap berjalan – meskipun operasi tidak berjalan seperti biasa.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan perintah untuk melakukan soft lockdown, bisnis disarankan untuk memberlakukan work from home (WFH) agar menghindari terjadinya potensi penularan. Tetapi, karena masih banyak bisnis yang belum bisa melakukan WFH karena model bisnisnya ataupun karena tidak tersedianya infrastruktur yang memungkinkan untuk kerja dari rumah.

Sektor UMKM mulai terlihat imbasnya dan berusaha keras untuk tetap menjalankan bisnis sebisa mungkin meskipun resiko virus corona menghantui. Kabar baiknya (dan buruknya), Anda harus segera menerapkan transformasi digital agar bisnis Anda bisa berkelanjutan dalam situasi yang kritis ini. Apa yang harus Anda lakukan?




1. Terapkan WFH atau sistem shift

Banyak bisnis yang mulai menerapkan sistem WFH dan bahkan menghentikan operasinya sejak pengumuman pemerintah untuk melakukan social distancing. Tetapi, banyak sektor yang sangat bergantung kepada interaksi antarmuka seperti manufaktur, bank, ataupun pariwisata. Karena itu, Anda bisa menerapkan sistem shift kerja dan membagi divisi menjadi dua tim yang berbeda agar bisa saling meng-cover jika ada masalah.

Disarankan untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan Anda terlebih dahulu untuk masa kritis ini. Anda bisa menggunakan berbagai macam teknologi yang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan karyawan Anda seperti Zoom, Google Hangout, Skype agar kebijakan WFH Anda optimal;

2. Buat protokol agar meminimalisir potensi penyebaran

Jika tidak memungkinkan untuk mewajibkan semua karyawan untuk melakukan WFH, Anda harus mengatur tempat kerja agar kebersihan dan social distancing tetap terjaga. Anda juga harus bisa menyiapkan alat kesehatan non-invasif seperti masker wajah dan pembersih tangan berbasis alkohol. Atur juga tempat duduk atau beraktifitas agar berjarak setidaknya 1 meter dari masing-masing personel. Anda juga harus memastikan untuk mensterilkan tempat kerja agar mencegah kontaminasi virus;

3. Lakukan transformasi digital

Terakhir dan yang terpenting, Anda harus menerapkan transformasi digital untuk memastikan keberlangsungan bisnis Anda dalam setiap situasi yang tidak terduga. Empat komponen penting untuk mengusung bisnis yang semakin maju meliputi: infrastruktur, layanan, jaringan, dan keamanan. Bisnis harus mulai menggunakan aplikasi berbasis cloud untuk meningkatkan efisiensi ketika interaksi manusia harus dikurangi – dalam menghadapi situasi seperti virus corona ataupun banjir. Semakin cepat Anda menerapkan transformasi digital, semakin cepat pula Anda untuk menciptakan pertumbuhan pesat dan memiliki keunggulan kompetitif.

Pastikan bisnis Anda tetap lancar dengan menggunakan 3 tips diatas agar bisnis Anda tetap selamat dari virus corona dengan meminimalisir risiko. Langkah yang harus Anda perhatikan adalah terapkan sistem kerja WFH/ shift, buat protokol untuk lingkungan kerja, dan lakukan transformasi digital. Linkz dapat memungkinkan Anda untuk mengontrol bisnis Anda dimanapun dan kapanpun - tanpa batasan tempat. Operasional bisnis Anda tidak harus berhenti, dan Linkz dapat memampukan Anda untuk menerima orderan secara online, memesan secara online, dan bahkan hanya dengan klik tombol share Anda bisa mengirimkan invoice digital atau surat jalan dari Whatsapp.


Segera hubungi kami dan kami akan membantu Anda menyelamatkan bisnis Anda dari bahaya virus corona.

4 views

Manage and grow your business from your mobile device, with control and ease

1280px-Get_it_on_Google_play.svg.png
ig.png
Our Offices
Singapore

1 Raffles Place, Tower One,

#44-01A One Raffles Place,

Singapore 048616

Contact Customer Support


(+62) 819-9989-9180

Indonesia

Gedung Ariobimo Sentral lantai 8,

Jl. H. R. Rasuna Said Blok X-2 Kav. 5,

Kelurahan Kuningan Timur,

Kecamatan Setiabudi,

Jakarta Selatan 12950

© Linkz Asia Holdings Pte Ltd. All Right Reserved | Use of Cookies